Contoh Soal Menelaah Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Soal Menelaah Teks Tanggapan DeskriptifTahukah kamu bahwa sebuah bahasa dapat menggambarkan sebuah objek secara detil? Cara kerja yang sama dengan apa yang dilakukan oleh pelukis. Pelukis akan menggambarkan sebuah objek dengan bantuan kanvas dan cat lukis, sedangkan seorang penulis akan menggambarkannya dengan bantuan kata-kata. Perhatikan contoh berikut ini.
      Aku berdiri di depan sebuah bangunan yang tampak cukup besar. Bangunan itu bercat putih dengan daun pintu berwarna coklat tua. Sisi kanan bangunan terdapat sebuah kolam ikan yang tampak hidup dengan banyak ikan di dalamnya. Sementara itu, sisi sebelah kiri bangunan terdapat kursi taman yang tampak sangat nyaman untuk diduduki.
       Nah, dengan demikian, berdasarkan contoh dapat disimpulkan bahwa teks deskripsi adalah sebuah teks yang berisi penggambaran detil sebuah objek. Teks tanggapan deskripsi biasanya akan sangat berkaitan dengan pilihan kata yang bisa mewakili mata sebagai indra penglihat.
      Topik kita kali ini adalah menelaah teks tanggapan deskripsi. Setelah kita tahu makna dari teks tanggapan deskripsi tersebut, sekarang saatnya kita harus mengetahui bagaimana cara menelaah teks tersebut. Seperti kita tahu, menelaah adalah mempelajari dengan sangat mendalam sebuah teks.
      Menelaah teks tanggapan deskripsi dapat dilakukan dengan cara me-review ulang pengetahuan kita tentang struktur dan fitur kebahasaan teks tersebut. Marilah kita bersama-sama menelaah teks tanggapan deskripsi.
      Hal pertama yang harus dilakukan dalam menelaah teks tanggapan deskripsi adalah mengetahui dan memahami struktur teks tersebut. Sementara itu, hal kedua adalah mengetahui dan memahami fitur kebahasaan yang terdapat dalam teks tanggapan deskripsi.
1. Struktur Teks
Teks deskripsi memiliki struktur: Identifikasi ^ klasifikasi ^ deskripsi bagian. Bagian struktur identifikasi teks tanggapan deskriptif ini berisi penjabaran atas ciri, benda, atau tanda objek tanggapan yang dibahas di dalam teks. Bagian klasifikasi struktur teks tanggapan deskriptif berisi pengelompokan menurut jenis dan kelompok objek yang ditanggapi. Deskripsi bagian teks ini berisi gambaran-gambaran bagian yang terdapat di dalam objek tanggapan. Agar kamu memahami penjelasan tersebut perhatikan dan pahamilah ilustrasi berikut ini!

2. Fitur Kebahasaan
Fitur kebahasaan yang terdapat dalam teks tanggapan deskripsi adalah konjungsi, kelompok kata, kebakuan kata, dan tanda baca.
Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dan kata, frasa dan frasa, atau kalimat dan kalimat. Konjungsi yang menjadi ciri teks deskripsi terbagi menjadi dua, yaitu konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif. 
Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang berfungsi membentuk kalimat majemuk setara. Kata dan dan tetapi termasuk ke dalam konjungsi koordinatif. Sementara itu, konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang berfungsi membentuk kalimat majemuk bertingkat. Kata sehingga termasuk ke dalam jenis konjungsi subordinatif.
Kelompok Kata
Kelompok kata dapat diklasifikasikan sebagai frasa dan klausa. Frasa adalah kelompok kata yang tidak berpotensi menjadi kalimat. Istilah frasa merujuk pada kelompok kata yang nonpredikatif. Sebaliknya, klausa adalah kelompok kata yang berpotensi menjadi sebuah kalimat karena sudah memenuhi dua unsur inti kalimat: subjek dan predikat. Istilah klausa merujuk pada kelompok kata yang predikatif.
Kebakuan Kata
Kebakuan kata merujuk pada kebenaran penulisan kata sesuai dengan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut contoh dari kebakuan kata dalam bahasa Indonesia.

Tanda Baca
Tanda baca yang menjadi ciri teks tanggapan deskripsi adalah petik ganda (“…”), titik (.), tanda hubung (-), dan tanda titik dua (:). 
Petik ganda dipakai, satu di antaranya, untuk mengapit kata yang bermakna konotasi. Misalnya, Pak Jono memakai celana “pensil” seperti anak muda zaman sekarang. 
Tanda titik dipakai, satu di antaranya, untuk mengakhiri kalimat yang berupa pernyataan. Misalnya, saya akan pergi ke Bogor besok.
Tanda hubung digunakan, satu di antaranya, untuk menggabungkan antara angka dan huruf. Misalnya, Ani lahir tahun 1990-an.
Tanda titik dua, satu di antaranya, dipakai untuk melengkapi kalimat yang sudah lengkap. Misalnya, nenek membawa oleh-oleh: tas dan sepatu.
      Nah, setelah kita me-review ulang pengetahuan kita tentang struktur dan fitur kebahasaan teks deskripsi, marilah kita menelaah teks deskripsi berikut ini!

Rumah adalah sebuah bangunan yang diciptakan untuk tempat tinggal. Selain itu, rumah juga diciptakan untuk melindungi manusia dari teriknya matahari atau dingginnya air hujan. Rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat.
      Telaah yang dapat kita lakukan berdasarkan penggalan teks tanggapan deskripsi tersebut adalah bahwa teks tersebut termasuk ke dalam bagian identifikasi karena berisi definisi umum tentang rumah yang ditandai dengan kopula adalah. Penggunaan tanda baca dalam teks tersebut sudah benar. Konjungsi yang digunakan untuk mendeskripsikan rumah adalah kataselain itu,. Kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan konsep rumah sudah jelas. 


Contoh Soal Menelaah Teks Tanggapan Deskriptif

Kalimat di bawah ini yang tidak tepat dijadikan sebagai bagian dari identifikasi adalah ….
Kalimat yang tidak tepat dijadikan isi dari deskripsi bagian adalah ….
Kalimat berikut yang tidak menggunakan konjungsi koordinatif adalah ….
Mawar banyak sekali manfaatnya. Mawar dimanfaatkan sebagai bunga potong. Selain itu, mawar juga dimanfaatkan sebagai obat antara lain: antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C.
Telaah yang tepat sesuai dengan penggalan teks di atas adalah ….
Kalimat yang terdapat penulisan kata yang tidak tepat adalah ….
Kalimat yang mengandung kesalahan penerapan tanda baca adalah ….
Tari topeng adalah tarian yang ada di wilayah kesultanan Cirebon. Kesenian ini merupakan tarian asli yang berasal dari daerah tersebut, termasuk juga daerah Indramayu dan Majalengka. Tarian ini menggunakan penari sebagai dalangnya. Penari tersebut memanggungkan karakter-karakter sesuai topeng yang dipakainya. Tari topeng sangat unik.
Telaah yang tepat mengenai kelompok kata berdasarkan penggalan teks di atas adalah ….
Ada beberapa jenis spesies hiu. Spesies pertama yang dapat ditemukan adalah hiu pigmi atau Euprotomicrus bispinatus. Hiu ini berasal dari laut dalam yang hanya berukuran sekitar 22 cm. Spesies kedua adalah hiu paus atau Rhincodon typus. Hiu ini dapat tumbuh sampai 12 meter sehingga disebut sebagai hewan terbesar.
Konjungsi subordinatif yang terdapat dalam penggalan teks deskripsi di atas adalah ….
Kalimat utama yang cocok dikembangkan untuk deskripsi bagian adalah ….
Teratai tumbuh di permukaan air. Bunga dan daun muncul di permukaannya. Tangkai teratai ada di tengah daun. Daun teratai berbentuk “bundar” atau “oval”. Selain itu, permukaannya tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang terdapat di atasnya tidak membentuk butiran.
Telaah yang tepat berdasarkan penggalan teks di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel