Contoh Soal Meringkas Teks Ulasan

Contoh Soal Meringkas Teks UlasanDalam pembelajaran kali ini, materi yang akan kita bahasa adalah meringkas teks ulasan atau review text. Kamu masih ingat apa itu teks ulasan, bukan? Teks ulasan atau review text adalah teks yang berisi analisis mutu sebuah karya sastra. Teks ulasan memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

      Kamu juga masih ingat arti dari meringkas, bukan? Meringkas adalah pemendekan sebuah bacaan dengan cara mempertahankan pokok-pokok penting isi bacaan tersebut. Pemendekkan bacaan tersebut masih tetap mempertahankan kesesuaian urutan berdasarkan struktur teks ulasan.
      Namun, ada sedikit yang berbeda dalam meringkas teks ulasan kali ini. Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah ringkasan dengan bahasa kita sendiri. Dengan demikian, ada dua hal pokok yang harus dilakukan dalam materi ini. Pertama, kita melakukan peringkasan. Kedua, kita menyajikan ringkasan tersebut dengan bahasa sendiri.
Perhatikan!

Perhatikan contoh berikut

Novel Emak Ingin Naik Haji adalah novel bestseller Asma Nadia. Novel ini bercerita tentang seorang emak yang sangat ingin naik haji. Emak digambarkan sebagai perempuan tua pembuat kue yang hidup dalam kekurangan, tetapi bercita-cita untuk naik haji. 
      Dalam novel ini, cerita disajikan dengan sangat realistis. Kehidupan pembuat kue yang hidup di rumah yang sangat sederhana memiliki tetangga yang sangat kaya. Niat tulus seorang hamba yang ingin beribadah ke tanah suci versus seorang hamba yang hanya ingin berlibur ke tanah suci.
      Kemenarikan novel ini terletak pada kritik sosial yang sangat menyentil sebagian kalangan. Digambarkan bahwa bagaimana kepalsuan seseorang dibalut dengan religiusitas yang dapat dibeli dengan uang: naik haji berkali-kali supaya dipuji, naik haji hanya untuk mendongkrak popularitas. Akan tetapi, gambaran kontras disajikan dengan seorang tua yang berniat ibadah, naik haji, tetapi sangat susah untuk menggapainya. Hingga akhirnya, dengan izin Allah swt, emak dapat menunaikan ibadah haji.
      Kekurangan novel ini terletak pada judul yang kurang mumpuni untuk menarik para pembaca, khususnya pembaca dari kalangan generasi muda. Emak Ingin Naik Haji seolah hanya klausa yang dikhususkan untuk pembaca dewasa menuju tua.
      Dengan mengesampingkan kekurangan pada judulnya, novel ini tetap wajib dibaca semua kalangan. Banyak pesan moral yang dapat diteladani dari novel ini. Ibadah harus dilandasi niat yang jujur untuk hanya mencari ridho Allah swt. Selain itu, novel ini juga mengajarkan bahwa niat yang baik tidak akan benar apabila diraih dengan proses yang tidak jujur. Tidak benar jika niat hati ingin membuat emak naik haji dengan cara mencuri.

Ringkasan

Ringkasan dengan bahasa sendiri:
Emak yang ingin naik haji digambarkan dengan sangat realistis dalam novel Emak Ingin Naik Haji. Selain itu, kritik sosialnya pun dapat menyentil beberapa kalangan walaupun judulnya berkesan untuk kalangan dewasa. Akan tetapi, novel ini harus dibaca.

Contoh Soal Meringkas Teks Ulasan

Sinonim dari kata bercerita adalah ....
Novel ini bercerita tentang seorang anak kecil yang ditinggal orang tuanya sehingga menjadi seorang yatim piatu.
Kalimat yang bukan sinonim kalimat berikut adalah ….
TRASH adalah kisah tentang perjalanan anak-anak pemulung di wilayah yang disebut sebagai Behala atau dikenal pula sebagai Kota Sampah. Tokoh utama kisah ini adalah Raphael Fernández (14 tahun), Gardo (14 tahun), dan Jun-Jun alias Tikus (10 tahun). Cerita dimulai dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh Raphael dan Gardo, yaitu mengais-ngais tumpukan sampah. Mereka mencari sesuatu yang cukup berharga untuk ditukar dengan uang. Kemudian, uang itu mereka gunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka.
Pernyataa yang merupakan ringkasan penggalan teks ulasan berikut adalah ….
Ringkasan yang menunjukkan bagian evaluasi adalah ….
Novel Anak Sejuta Bintang sangat memberikan inspirasi bagi pembaca. Penggambaran keluarga yang harmonis, sosok ayah yang selalu mengajarkan nilai-nilai kehidupan dengan pesan-pesan yang disampaikan pada anaknya, sosok ibu yang selalu memberikan kedamaian dengan berbagai bentuk pengertiannya, serta sosok anak yang selalu bersemangat mengerjakan sesuatu dengan penuh keyakinan membuat novel ini sangat menarik.
Novel ini memberikan gambaran betapa besar pengaruh keluarga dalam perkembangan anak. Pola asuh orang tua dengan mengedepankan nilai religiusitas, nilai moral, dan nilai social sangat membantu dalam tumbuh kembang anak. Penanaman nilai-nilai kehidupan pada anak melalui pendekatan musyawarah yang tidak terkesan menggurui sehingga membuat anak dapat menerimanya dengan baik sangat jelas digambarkan dalam novel ini. Kisah ini patut menjadi contoh bagi para orang tua untuk mendidik anak-anaknya.
Ringkasan yang sesuai dengan penggalan teks ulasan tersebut adalah ….
Burlian bersekolah di sebuah sekolah tua dan bangunannya sudah rapuh. Di sana ada Pak Bin yang telah mengabdi sebagai guru selama 25 tahun. Pak Bin mengajar anak-anak dengan tulus dan iklas walaupun selama ini tidak pernah diterima menjadi PNS karena terkendala uang. Jika mau jadi PNS, Pak Bin harus menyogok lima juta. Akan tetapi, beliau tidak mau melakukannya.
      Selain bersekolah, Burlian mengaji di tempat Nek Kiba. Bila telah khatam, Mamak berjanji akan membelikannya sepeda. Akan tetapi, sampai hari H tiba, sepeda baru belum dibeli. Burlian membenci Mamak. Burlian menyangka Mamak tidak menepati janji. Padahal, uang Mamak dipakai Ayuk Eli mendaftar sekolah di kota dan dipakai untuk membantu pengobatan anaknya Wak Lihan yang sedang sakit keras. Namun, Burlian belum mengerti.
Bapak dengan sabar menasihati Burlian. Bapak menceritakan masa kecil Burlian. Mamak telah berkorban besar untuknya. Mamak melindungi Burlian dari ribuan lebah. Mamak memeluk Burlian erat-erat sehingga tak seekor lebah pun menyerangnya. Mamaklah yang disengat ribuan lebah sampai sakit berbulan-bulan.
http://tulismenulis.com/resensi-novel-burlian-serial-anak-anak-mamak-karya-tere-liye
Ringkasan yang sesuai berdasarkan penggalan teks ulasan berikut adalah ….
Mendengar semua cerita itu, Burlian sadar betapa besarnya cinta Mamak. Bahkan, apa saja akan dilakukan Mamak demi Burlian, Amelia, Kak Pukat, dan Ayuk Eli. Namun, itu masih  sebagian kecil dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayang Mamak kepada mereka. Burlian menyesal dan merasa malu telah berlaku seperti itu kepada Mamak.
Ringkasan yang menggambarkan situasi dalam penggalan teks ulasan berikut adalah ….
Kampung sedang gempar karena akan diadakan pemilihan kepala kampung. Mang Dullah sudah habis masa jabatannya. Kandidat yang mencalonkan diri hanya Haji Sohar, tetapi kebanyakan warga tidak menyukainya. Bersamaan dengan hari pemilihan, SD tempat Burlian sekolah ambruk, bangunan itu roboh parah. Juni dan Juli, teman Burlian yang kembar, yang saat itu ada di dalam kelas tertimpa runtuhan dan meninggal di tempat. Burlian selamat dari kejadian itu meski harus dirawat inap.
Kejadian runtuhnya sekolah itu ramai diberitakan di stasiun televisi nasional. Sampai-sampai Pak Menteri mendatangi Burlian sebagai korban selamat. Pak Menteri bertanya apa saja yang diinginkan Burlian. Pak Menteri akan menurutinya. Permintaan Burlian adalah sekolah dibangun lagi dan Pak Bin diangkat menjadi PNS.
Keinginan Burlian dapat terealisasi dengan dilaksanakannya Program ABRI Masuk Desa. Para ABRI membantu membangun sekolah, masjid kampung, dan belasan kamar mandi umum. Di samping itu, Pak Bin sekarang sudah menjadi PNS. Hal itu semakin menambah semangat Pak Bin mengajar. Kabar baik lainnya adalah Nakamura, insinyur dari jepang yang sedang membangun jalan lintas Sumatra, menawarkan Burlian sekolah SMP, SMA, dan kuliah di Jakarta. Impian Burlian terwujud. Betapa bahagia Bapak dan Mamak.
Ringkasan yang berisi bagian rangkuman berdasarkan penggalan teks ulasan berikut adalah ….
Kalimat berikut yang cocok untuk dijadikan ringkasan bagian tafsiran adalah ….
Ayah masih menggunakan Belitung sebagai latar cerita utama. Ayah bercerita tentang empat sahabat bernama Sabari, Ukun, Tamat, dan Toharun. Keempatnya bersekolah di sekolah yang sama. Andrea membangun kisah dengan menceritakan keseharian keempat sahabat itu dan latar belakang keluarganya masing-masing.
      Mirip dengan tokoh-tokoh di Laskar Pelangi, masing-masing dari keempat sahabat tadi punya karakter yang unik. Tak jarang mereka juga begitu polos dan naif, tetapi kadang bisa cerdas juga. Bagian ketika Andrea menceritakan masa sekolah anak-anak ini hingga lulus mendapat porsi terbanyak dalam buku.
Kalimat kompleks yang merupakan ringkasan penggalan teks berikut adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel