Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks film , drama

Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks film , dramaMengabstraksi memiliki makna melakukan simpulan atau rangkuman atas teks yang dibahas. Setiap rangkuman yang dibuat harus mengandung inti permasalahan dan tujuan teks tersebut hadir. Selain itu, rangkuman harus memiliki bentuk yang lebih singkat tanpa mengurangi atau membuang informasi penting yang disampaikan dalam teks. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca mengambil informasi dengan lebih cepat.
Setiap teks memiliki cara pengabstraksian yang berbeda-beda. Untuk teks ulasan, pengabstraksian dilakukan dengan melihat inti dari setiap struktur teks ulasan. Agar lebih jelas, kalian bisa melihat tahapan berikut.
1. Orientasi 
Abstraksi dimulai dari memahami struktur awal teks ulasan, yaitu orientasi. Isi orientasi adalah pengenalan/identifikasi hal yang diulas. Hal ini bisa berupa judul dan sinopsis. Informasi semacam itulah yang dapat kita jadikan sebagai bahan abstraksi.

2. Tafsiran isi
Pengabstraksian dilanjutkan dengan menelaah struktur tafsiran isi. inti dari struktur ini adalah pemberian pandangan pengulas termasuk di dalamnya penilaian berupa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki hal yang diulas. Jadi, dalam bagian ini, hal yang bisa kita pakai sebagai bahan abstraksi adalah sisi penilaian pengulas.
3. Evaluasi 
Evaluasi adalah penilaian berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang telah disebut dalam bagian tafsiran isi. Hal yang perlu kita pakai dalam abstraksi adalah penilaian tersebut.
4. Rangkuman
Rangkuman berisi suatu penyelesaian akhir atas penilaian yang telah dilakukan dalam bagian-bagian sebelumnya. Bagian ini berisi pernyataan apakah karya ini layak atau tidak bagi masyarakat untuk dinikmati.
Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks film , drama

SOAL 1
Pengertian abstraksi adalah….

SOAL 2
Tujuan dilakukannya abstraksi adalah….

SOAL 3
Perhatikan teks ulasan berikut!
Ketandusan Gunung Kidul inilah yang dieksplorasi oleh Ibnu menjadi teks drama berjudul Mbok Jah melalui unsur intrinsiknya. Dalam teks drama ini, kita menemukan kejeniusan Ibnu dalam mengolah unsur pembangun ini agar menjalin layaknya kuas yang menggambarkan keadaan Gunung Kidul. Jika pengarang lain menceritakan kondisi alam dengan deskripsi kata-kata, Ibnu menggunakan penokohan dan konflik untuk menceritakannya. Kegersangan Gunung Kidul dijabarkan melalui anak Mbok Jah yang lupa akan ibunya.
Abstraksi yang tepat berdasarkan teks ulasan teks drama di atas adalah….

SOAL 4
Dalam orientasi, unsur yang kita jadikan sebagai bahan abstraksi adalah….

SOAL 5
Perhatikan teks ulasan berikut!
Naskah drama Death of a Salesman memiliki aspek ekonomi yang kental karena sedikitnya ada dua hal yang mengindikasikan hal tersebut, yaitu judul naskah yang menunjuk profesi tokoh utama sebagai seorang pebisnis dan seting tempat di New York dan New England pada tahun 1920 – 1930-an.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di adalah….

SOAL 6
Perhatikan bagian teks ulasan berikut!
Namun, cerita sebenarnya tidak berfokus pada sindrom pinokio. Kasus yang dialami protagonis lainnya yang bernama Dal po justru menjadi pusat elemen cerita. Akibat kelalaian seorang pemilik pabrik, ayah Dal po yang bekerja sebagai kepala pemadam kebakaran dan 8 anak buahnya meninggal dalam ledakan kebakaran sebuah pabrik. Alur berjalan cukup cepat karena pada episode pertama, penonton telah diajak mengarungi konflik yang dialami keluarga Dal po. Seorang wartawan wanita membuat berita palsu dengan mengatakan bahwa ayah Dal po masih hidup dan bersembunyi di suatu tempat. Sontak, pemberitaan ini menimbulkan kecaman. Pihak keluarga korban yang lain mengolok-olok keluarga Dal po dan mengatakan ayahnya tidak berani bertanggung jawab.
Gagasan utama paragraf di atas adalah….

SOAL 7
Perhatikan teks berikut!
Apa jadinya jika sindrom pinokio memang benar ada? Kesulitan hidup pasti akan dirasakan. Penyakit fiksi ini membuat pasien yang mengidapnya tidak akan mampu berbohong. Setiap kali berbohong, ia akan mengalami cegukan. Inilah hal yang dikisahkan dalam drama korea terbaru berjudul “Pinnochio”. Judul diambil dari nama karakter dongeng manusia boneka ciptaan Gepeto yang jika berbohong, hidungnya akan memanjang.
Gagasan utama paragraf di atas adalah….

SOAL 8
Berikut ini yang bukan syarat abstraksi yang baik adalah….

SOAL 9
Tidak ada tanda atau simbol apa pun yang mengantar pukulan itu. Biasanya pukulan itu datang melalui sebuah proses yang bisa dilihat pada konstruksi konteks yang melatarinya. Dalam dunia teater Putu wijaya, kelaziman seperti ini tidak ada. Demikianlah menurut Malna mengenai naskah Putu Wijaya.
Kalimat yang cocok untuk menjadi gagasan utama paragraf di atas adalah….

SOAL 10
Cerita ini berkisah tentang wanita lanjut usia yang disebut dengan nama Mbok Jah.
Kalimat yang tepat untuk menjadi gagasan pendukung teks di atas adalah, kecuali….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel