Contoh Soal Karakteristik Kearifan Lokal

Contoh Soal Karakteristik Kearifan LokalKearifan lokal adalah suatu bentuk tata nilai, sikap, persepsi, perilaku, dan tanggapan suatu masyarakat lokal dalam berinteraksi pada suatu sistem kehidupan dengan alam dan lingkungan tempatnya hidup secara bijaksana.
1) Kearifan lokal mencerminkan kematangan masyarakat di tingkat komunitas lokal hingga mewujud dalam sikap, perilaku, dan cara pandang masyarakat yang mendukung pengembangan potensi serta sumber lokal (material maupun non material) sebagai kekuatan guna mewujudkan perubahan ke arah kemajuan. 
2) Kearifan lokal bersifat komunal (dimiliki bersama), mempunyai sifat terbuka, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sepanjang bertahannya komunitas yang mendukungnya.
3) Kearifan lokal mencakup pengetahuan masyarakat (komunitas) lokal yang terakumulasi selama beberapa generasi dalam bentuk teknologi, keterampilan teknis (know-how skills), praktik, dan keyakinan yang memungkinkan masyarakat untuk mencapai kehidupan stabil di lingkungan mereka.

Contoh Soal Karakteristik Kearifan Lokal


SOAL 1
Pengalaman masyarakat dalam menghadapi beragam masalah maupun tantangan terkait pemenuhan kebutuhannya disebut ….

SOAL 2
Proses sosial lokal mencakup sejumlah hal berikut, kecuali ….

SOAL 3
Unsur-unsur kebudayaan yang telah terpolakan hingga menjadi tradisi lokal ialah ….

SOAL 4
Kearifan lokal mencerminkan kematangan masyarakat di tingkat komunitas ….

SOAL 5
Kearifan lokal bersifat komunal, yang maknanya ….

SOAL 6
Kearifan lokal mencakup pengetahuan masyarakat (komunitas) lokal yang terakumulasi selama beberapa generasi dalam berbagai bentuk, kecuali ….

SOAL 7
Kearifan lokal bersifat dinamis dan ….

SOAL 8
Jamu dari tumbuhan berkhasiat obat dan metode pengobatan tradisional yang dipadukan bersama pengobatan modern dari negara-negara Barat akan memungkinkan proses penyembuhan optimal. Ini menunjukkan bahwa ….

SOAL 9
Kearifan lokal memandang bahwa setiap kelompok atau komunitas memiliki ….

SOAL 10
Kearifan lokal dapat berkembang menjadi keunggulan jika mampu melakukan hal berikut, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel