Contoh Soal Menemukan Hal-Hal Pokok dalam Pidato, Ceramah, Khotbah

Contoh Soal Menemukan Hal-Hal Pokok dalam Pidato Ceramah, Khotbah Sebelum kita belajar tentang cara menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu definisi pidato, ceramah, atau khotbah. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara kepada khalayak. Misalnya pidato ketua OSIS dalam acara penglepasan siswa kelas IX dan pidato kepala sekolah pada saat upacara bendera. Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Misalnya ceramah oleh pakar pendidikan tentang arti pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Khotbah adalah pidato yang biasanya menguraikan tentang hal yang berhubungan dengan ajaran agama. Misalnya khotbah yang disampaikan oleh juru ceramah pada salat Jumat di masjid.
     Hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah adalah hal-hal penting yang ada pada isi pidato. Dengan menemukan hal-hal pokok tersebut diharapkan peserta didik memahami isi pidato yang disampaikan oleh pembicara.
Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan kutipan pidato berikut.
Para hadirin yang saya hormati,
    Organisasi Karang Taruna tidak mungkin terlepas dari situasi yang sedang berkembang saat ini. Mau tidak mau organisasi wadah pemuda-pemudi Republik Indonesia yang akan datang harus menjadi organisasi yang mandiri dan lepas dari birokrasi. Pimpinan organisasi dipilih berdasarkan kualifikasi dan kemampuan seorang pimpinan sehingga nantinya tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa organisasi Karang Taruna hanya sebagai organisasi pelengkap di pemerintahan desa.
Hal-hal pokok pada kutipan pidato di atas adalah:
1. Organisasi Karang Taruna harus menjadi organisasi yang mandiri dan lepas dari birokrasi. 
2. Pimpinan organisasi dipilih berdasarkan kualifikasi dan kemampuan seorang pimpinan.

Contoh Soal Menemukan Hal-Hal Pokok dalam Pidato, Ceramah, Khotbah

Pilihan Tunggal
Berikut ini yang merupakan pengertian pidato adalah ....
Pilihan Tunggal
Berikut ini yang merupakan pengertian ceramah adalah ....
Pilihan Tunggal
Berikut ini yang merupakan pengertian khotbah adalah ....
Pilihan Tunggal
Langkah-langkah untuk menentukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah yang benar adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato berikut!
Bapak/Ibu guru dan anak-anak yang berbahagia,
Untuk mewujudkan cita-cita menyejahterakan anak Indonesia, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia pada acara peringatan Hari Anak Nasional, perlu diupayakan dan diwujudkan agar hak-hak anak, baik dari aspek kelangsungan hidup maupun perkembangan dan perlindungan anak sebagai tunas bangsa dapat dipenuhi sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.
Hal-hal pokok yang sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ...
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato berikut!
Bapak-bapak dan Ibu-ibu warga Desa Sukamakmur yang saya hormati,
Untuk mengatasi udara panas dan kotor, sesuai dengan anjuran pemerintah dalam rangka pelestarian alam, kita perlu mengadakan penghijauan. Pekarangan-pekarangan yang kosong di sekitar kita tanami dengan berbagai macam tanaman yang sesuai dengan keadaan tanah yang kita miliki. Misalnya tanaman sayur-sayuran, bunga-bungaan, dan tanaman perdu atau buah-buahan. Di samping hasilnya dapat dimanfaatkan, juga menambah suasana sejuk dan nyaman di lingkungan kita.
Hal-hal pokok yang sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato berikut!
Bapak-bapak dan Ibu-ibu, penghijauan sangat bermanfaat untuk meyerap debu-debu yang beterbangan sehingga udara menjadi bersih. Sekitar tanaman udaranya menjadi sejuk karena daun-daun tanaman dapat menghasilkan zat yang amat kita butuhkan. Jika musim penghujan tiba, tanah menjadi subur karena lapisan tanah paling atas tidak ikut erosi oleh air hujan dan penghijauan akan menambah keindahan kampung kita tercinta ini.
Hal-hal pokok yang tidak sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ...
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato Berikut!
Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan anak-anak sekalian yang berbahagia.
Dalam memperingati Hari Anak Nasional kali ini, perlu kita renungkan kembali apa yang telah tersirat dalam GBHN tentang pembinaan anak dan remaja. Pembinaan anak sebagai generasi penerus bangsa harus dilakukan sedini mungkin di lingkungan keluarga. Pembinaan tersebut harus dimulai sejak anak masih dalam kandungan ibu melalui peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, peningkatan mutu gizi, peletakan dasar-dasar kepribadian, kecerdasan, penumbuhan kesadaran akan hidup sehat, pembiasaan awal dalam berperilaku kehidupan beragama dan berbudi luhur, serta peningkatan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Hal-hal pokok yang tidak sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ...
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato Berikut!
Hadirin yang berbahagia,
Keberhasilan kami menempuh pendidikan SMP bukanlah akhir segalanya. Masih ada jenjang-jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang harus kami jalani. Kami harus tetap belajar dan bekerja. Masa depan hanya milik orang yang mau belajar dan bekerja keras. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Seandainya kami dahulu lebih mengutamakan bersenang-senang, dengan tidak mau belajar dan sering tidak masuk sekolah, tentu hari ini kami tidak dapat menikmati kebahagiaan ini.
Hal-hal pokok yang tidak sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan Kutipan Pidato Berikut!
Hadirin yang berbahagia,
Begitu banyak perilaku nakal dan tidak sopan yang kami lakukan selama ini. Perilaku yang terkadang dapat menyakitkan hati Bapak dan Ibu guru. Inilah saat yang paling tepat bagi kami untuk mengucapkan kata maaf atas kesalahan tersebut. Maafkan kami, Bapak, maafkan kami Ibu. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terulang di kemudian hari. Kami lebih dewasa dalam menatap hari depan yang insya Allah menjadi lebih baik. Mohon doa restu agar kami bisa mencapai masa depan yang lebih berarti. Tidak hanya bagi kami, tetapi bagi masyarakat dan bangsa ini. Masa depan bangsa kami ikut ditentukan pula oleh keberhasilan kami.
Hal-hal pokok yang tidak sesuai dengan kutipan pidato di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel