Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Ulasan

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks UlasanMenyunting merupakan kegiatan untuk memperbaiki atau menyempurnakan tulisan/teks dengan cara mengedit, mengubah, merapikan dengan menyesuaikan tata letak dan penggunaan bahasa dengan benar tanpa mengubah makna. Perbaikan dalam menyunting tulisan/teks berkaitan dengan kaidah penulisan. Dengan demikian, seseorang yang mengedit tulisan perlu memahami kaidah bahasa dan penulisan yang baik dan benar. 
      Nah, pada topik kali ini, kalian akan belajar untuk menyunting sebuah teks. Teks tersebut adalah teks ulasan yang memaparkan opini tentang karya sastra yang telah dibaca. Penyuntingan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Bacalah setiap kalimat dalam tulisan/teks dengan cermat untuk menemukan kesalahan seperti kesalahan dalam pola penyusunan kalimat, pemilihan kata, dan penggunaan ejaan.
  2. Perbaiki kesalahan penggunaan ejaan, pilihan kata, dan kalimat yang tidak tepat tersebut. Jika ditemukan kesalahan kalimat, maka perbaikilah dengan melakukan penambahan kata, mengganti kata, mengurangi kata, dan mengubah susunan kata dalam kalimat sehingga menjadi kalimat padu yang baku.
  3. Periksalah keterpaduan antarparagraf dalam tulisan. Kesalahan paragraf dalam teks/tulisan dapat diberbaiki dengan cara membuang kalimat yang tidak padu, mengganti kalimat yang tidak padu, dan menambah kalimat untuk menyusun paragraf yang runtut.
  4. Perbaiki penyusunan dan keruntutan paragraf, yang dapat dilakukan dengan cara membuang paragraf yang tidak padu, menyempurnakan susunan paragraf agar lebih padu, dan menambah paragraf agar runtut.
      Setelah mengetahui langkah-langkah penyuntingan, kalian dapat melihat bahwa dalam proses penyuntingan teks diperlukan pemahaman tentang aturan bahasa. Aturan bahasa tersebut berupa pemahaman tentang ejaan yang disempurnakan, pemilihan kata yang tepat, penyusunan dan pola kalimat yang benar, serta kepaduan antarparagraf. 
      Selain penyuntingan, kalian juga akan belajar untuk merevisi teks ulasan. Jika merujuk pada pengertian dalam KBBI, maka revisi dapat diartikan sebagai peninjauan kembali untuk perbaikan. Adapun merevisi memiliki arti memperbaiki dan memperbarui. Proses merevisi teks dapat dikatakan sama dengan proses menyunting karena kedua proses tersebut bertujuan untuk memperbaiki teks. 
      Untuk lebih memahami materi dalam topik ini, bacalah beberapa penggalan teks ulasan berikut ini. 
      Novel berjudul Rindu karya tere liye ini menceritakan kisah yang menarik. Alur cerita dalam novel ini mudah untuk diikuti oleh pembaca-pembaca. Gaya penceritaan pun disajikan dengan apik sehingga novel popular ini cocok untuk dijadikan teman saat bersantai. Namun sayangnya, sampul buku novel ini disajikan dengan kurang menarik dan tidak sebanding dengan isi ceritanya yang menarik untuk dibaca. 
      Apakah kalian menemukan kesalahan dari penggalan teks tersebut? 
      Pada penggalan teks tersebut ada beberapa kesalahan penulisan yang dapat kalian perbaiki. Temukanlah kesalahan penulisan tersebut. Lalu, perbaikilah dengan aturan penulisan yang benar. 
      Pada teks tersebut terdapat kesalahan penulisan nama dan kata. Nama seseorang harus diawali oleh huruf besar. Jadi, penulisan yang benar adalah Tere Liye. Begitu pula dengan penulisan kata ulang pembaca-pembaca pada kalimat kedua. Kata ulang tersebut bisa diganti dengan cukup menggunakan kata pembaca saja. 
      Di samping itu, judul novel ditulis dengan huruf miring (Rindu). Huruf miring memang perlu digunakan untuk menuliskan nama buku, surat kabar, dan majalah yang dikutip dalam tulisan. Huruf miring juga digunakan untuk menandai kata-kata yang berasal dari bahasa asing. Aturan penulisan huruf miring ataupun aturan bahasa lainnya perlu diketahui dengan baik. Agar lebih mudah, kalian dapat membaca buku tentang ejaan yang disempurnakan, tata baku bahasa Indonesia, dan kamus bahasa Indonesia sebagai pedoman dalam melakukan penyuntingan.

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Ulasan

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Novel berjudul Awan dan Langit ini membantu pembaca untuk menjadi seseorang yang kuat, tegar, dan mandiri. Cerita dalam novel ini sangat inspiratif. Novel yang cocok menjadi bacaan remaja ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan komunikatip.
Perbaikan yang perlu dilakukan untuk teks tersebut adalah ....
... Banyak aspek moral yang dapat diambil dari novel ini, seperti kepercayaan dan keberanian. Alur cerita pun disajikan dengan runtut dan suasana cerita diciptakan dengan penuh emosi yang menegangkan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf penggalan teks tersebut adalah ....
Novel berjudul Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan karya Agnes Danovar yang diangkat dari kisah nyata. Novel ini diceritakan sosok Gita Sesa Wanda Cantika yang divonis mengidap kanker ganas. Gita menjadi tokoh yang mampu meninspirasi pembaca dan memberikan pelajaran tentang kehidupan. 
Kata yang dicetak miring tersebut perlu diperbaiki menjadi ....
Pada bab pertama novel ini, Citra selaku penulis menceritakan bahwa dirinya dan kedua temannya, Hana dan Lisa adalah tiga remaja yang sangat menyukai musik (2) Mereka memiiki cita-cita untuk membuat band setelah lulus sekolah nanti. Namun, mereka bertiga malah saling bermusuhan karena memiliki ide yang berbeda (3) Ide menjadi hal pokok untuk membuat suatu cerita. 
Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
Novel ini bercerita tentang sosok saras hiendarani yang mengabdikan diri sebagai relawan indonesia.
Perbaikan EYD pada kalimat tersebut adalah ....
Drama ini menceritakan kehidupan sehari-hari seorang pelajar smp. Kehidupannya penuh dengan perjuangan. Ia harus sekolah bekerja dan menjaga ibunya yang sedang sakit.
Perbaikan ejaan dan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
  1. Dengan membaca buku ini, pembaca akan mengetahui proses kreatif Rendra dalam menulis, perjuangannya dalam membela masyarakat kecil, dan kritikan sosialnya terhadap pemerintah pada masa itu.
  2. Buku ini disajikan dengan penuturan cerita yang baik sehingga pembaca dengan mudah memahami setiap paparan dalam buku ini.
  3. Rendra ditampilkan sebagai penyair dan pengarang yang memberikan inspirasi dan perubahan bagi negeri ini.
  4. Buku ini menceritakan kehidupan seorang penyair besar Indonesia, yaitu W.S. Rendra.
Susunan kalimat yang tepat untuk menjadi paragraf yang padu adalah ....
Buku ini tidak hanya memberi motifasi tetapi juga memberikan pencerahan bagi para pembaca. Dengan membaca buku ini, pembaca akan belajar tentang keihlasan dan cara bersyukur yang benar dalam menjalani
Badak Sumatra adalah badak yang paling kecil dari semua subspesies badak di dunia. 
Revisi teks tersebut adalah ....
Novel ini wajib dibaca oleh setiap orang terutama pelajar ... mengangkat tema pendidikan. Tema ini dituangkan ... dalam bentuk cerita yang sangat menarik. Dengan membaca novel ini, pembaca dapat melihat potret anak bangsa yang masih sulit ... pendidikan. 
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi bagian rangkuman teks ulasan tersebut adalah ....
Novel Harimau! Harimau! ini bercerita tentang tujuh orang pencari damar di hutan belantara. Para pencari damar tersebut adalah Buyung, Wak Katok, Pak Haji, Balam, Sutan, Sanip, dan Talip. Mereka melakukan perjalanan yang menegangkan selama di hutan. 
Penulisan yang perlu diperbaiki dalam teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel