Contoh Soal Menelaah Teks Ulasan

Contoh Soal Menelaah Teks UlasanKata menelaah berasal dari kata dasar telaah yang berarti melakukan penyelidikan, kajian, pemeriksaan, atau penelitian. Dalam hal memeriksa atau meneliti jenis teks ulasan, yang kita butuhkan pertama kali adalah pemahaman terhadap definisi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks ulasan.
Belajar Menelaah
Mari kita perhatikan contoh teks berikut lalu bersama kita akan menganalisis apakah teks di bawah ini merupakan jenis teks ulasan! Pahami juga bagaimana bentuk struktur teks dan juga kaidah kebahasaannya!
Film Indonesia terbaru, Jagoan Instan, mulai menyemarakkan perfilman tanah air sejak tayang perdana 18 Februari 2016 lalu. Film yang dibintangi Kemal Pahlevi ini tidak hanya bergenre komedi aksi, tetapi juga mengusung nuansa pahlawan super.
      Film produksi Starvision Plus ini bercerita tentang Bumi (Kemal Pahlevi) yang diberi suntikan serum pahlawan oleh Om Gun (Dede Yusuf) yang didapat dari tiga pahlawan super Amerika yang sengaja diundang ke Indonesia. Tugas Bumi bermacam-macam dan cukup unik, mulai dari memata-matai studi banding anggota dewan hingga menggagalkan pembalakan hutan.Cerita dibumbui dengan kisah romansa antara Bumi dan Pertiwi dan saingan Bumi, Romeo.
      Memang bukan film pertama di kelasnya. Kita masih ingat film Comic 8 tentang supervillain absurd nan kocak yang cukup meraih sukses di pasaran. Walaupun demikian, beberapa pihak yakin bahwa film ini mampu membawa angin segar, mengingat masih sedikit film-film kita dengan nuansa semacam ini, terlebih masyarakat kita senang dan sedang dibanjiri oleh film-film Hollywood bertema pahlawan super. Akan tetapi, sesuai dengan genrenya, jangan bayangkan bahwa film ini akan seserius film bertema pahlawan super. Film ini penuh aksi, namun sarat pula dengan komedi. Entah apakah ini menjadi suatu kelebihan sineas kita atau justru malah menjadi penyakit, komedi menjadi unsur yang selalu diandalkan dalam sebagian besar elemen perfilman kita. Cobalah perhatikan, sebagian besar film kita kalau tidak mengusung cinta, horor, atau komedi, atau bahkan campuran dari ketiganya. Tidak heran jika ada yang merasa bosan dan jenuh dengan perkembangan perfilman Indonesia.
      Akan tetapi, selama ide yang digarap mengandung orisinalitas, mengapa tidak? Kita hanya bisa berharap bahwa film ini mampu mendulang kesukesan.

Mari kita telaah!

Ketika menemukan sebuah teks yang berisi komentar terkait suatu karya sastra/produk budaya, kita bisa menyebutnya sebagai teks ulasan, begitu pula dengan teks di atas. Teks tersebut dapat kita nilai sebagai teks ulasan karena berisi suatu penilaian terhadap film Jagoan Instan. Teksnya pun terbentuk atas struktur teks ulasan yang lengkap. 
      Paragraf 1 kita nilai sebagai orientasi karena mengantarkan kita ke produk yang dinilai/diulas. Sementara itu, pada paragraf ke-2 terdapat ringkasan isi/sinopsis. Ini menunjukkan bahwa bagian ini disebut dengan tafsiran isi. Paragraf ke-3 berisi penilaian atau komentar penulis terhadap produknya. Bagian ke-3 inilah yang menjadi inti teks ulasan, yaitu bagian evaluasi. Bagian evaluasi teks ulasan di atas cukup objektif karena mengandung dua unsur penilaian, baik kelebihan, maupun kekurangan. Paragraf ke-4 menjadi penutup teks yang berisi evaluasi atau rangkuman penilaian produk berdasarkan sisi kelebihan dan kekurangan yang telah dijelaskan pada bagian 3.
      Hubungan antarparagraf pun terjalin lancar berkat penggunaan beberapa kata rujukan. Sebagai contoh, kelompok kata Film produksi Starvision Plus ini (kalimat pertama paragraf kedua) merujuk pada Film Indonesia terbaru, Jagoan Instan (kalimat pertama paragraf pertama).
      Penggunaan kata sifat sikap sangat dominan yang menjadi bukti sisi penilaian teks ulasan. Berikut adalah kata sifat sikap yang ditemukan dalam teks di atas.
      Selain kata sifat sikap, ada kaidah kebahasaan lain yang dapat kita telaah, beberapa di antaranya adalah penggunaan kata benda dan kata kerja. Kalian dapat melatih pemahaman kalian terkait kedua jenis kata ini dengan mengulang kembali bacaan dan menemukan kata benda dan kata kerja apa sajakah yang digunakan dalam teks ulasan di atas.

Contoh Soal Menelaah Teks Ulasan


Berikut ini adalah hal-hal yang dapat ditelaah di dalam teks ulasan, kecuali ....
Buku ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu sampul buku yang bagus dan gambarnya sesuai dengan isi sehingga menarik perhatian untuk dibeli. 
Hal yang diulas dalam resensi di atas adalah .…
Ini adalah buku kedua Windry. Ceritanya sangat mengalir dan mengajak pembaca merasakan haru biru kepedihan.
Penggalan di atas termasuk ke dalam bagian ....
Cermatilah teks ulasan berikut!
Tentu ada alasan mengapa buku ini diberi judul Koala Kumal? Di dalam bab terakhir, sang penulis menjelaskan ihwal patah hati, yaitu tentang orang yang dahulu saling memberi rasa nyaman, namun saat bertemu lagi perasaan itu sudah berubah drastis. Bagi penulis, hal ini diibaratkan seperti seekor koala yang bermigrasi dari hutan tempat tinggalnya, namun saat kembali, koala itu kebingungan karena hutan yang pernah jadi rumahnya habis dibabat manusia. Karena itulah, buku ini diberi judul Koala Kumal
Pernyataan yang tepat terkait penggalan teks ulasan di atas adalah ....
(1) Di sisi lain, novel ini berhasil menawarkan suatu perenungan bagi pembaca. (2) Selain itu, ceritanya memang cukup asyik. (3) Dahlan iskan berhasil melukiskan adegan demi adegan dengan gaya cerita yang lembut. (4) Latar ceritanya sendiri memang kehidupan di kampung, maka tidak mengherankan apabila sering muncul  gurauan-gurauan dan humor versi anak-anak kampung Kebon Dalem.
Kalimat majemuk ditemukan dalam kalimat ....
(1) Isi cerita dalam buku ini diawali dengan keadaan yang kritis dengan tokoh utama, Dahlan Iskan, yang terkena penyakit liver akut. (2) Pada saat di bius, ia bermimpi akan masa lalunya. (3) Masa lalu ketika ia masih bersekolah di Terakan bersama Arif, Imran, Komaryah, Maryati, dan Kadir dan juga tentang bagaimana rasanya tidak mampu membeli sepatu dan harus berjalan berkilo-kilo meter untuk sampai ke sekolahnya tanpa alas. (4) Akan tetapi, Dahlan tidak pernah susah hati akan keadaan yang dialaminya.
Metafora berada pada kalimat ....
Dalam novel Padang Bulan, Andrea Hirata (1) menyajikan kisah-kisahnya dalam bab-bab (2) pendek sehingga pembaca yang memiliki (3) sedikit waktu luang tidak akan (4) susah payah menamatkan buku dengan tebal ± 412 halaman ini.
Penggunaan kata sifat yang menunjukkan sikap dalam teks di atas ditandai dengan nomor ….
Novel kali ini juga tidak menggelar glorifikasi soal kesuksesan studi di luar negeri. Para tokohnya bahkan tetap kere dan tidak berpendidikan tinggi hingga akhir cerita. Tapi kisah Sabari yang sangat tulus mencintai anaknya (yang bukan kandung), kesetiakawanan para sahabatnya, dan humor rasa Melayunya menjadi magnet kuat dalam Ayah
Istilah glorifikasi dalam teks di atas mengandung makna ....
Novel kali ini juga tidak menggelar glorifikasi soal kesuksesan studi di luar negeri. Para tokohnya bahkan tetap kere dan tidak berpendidikan tinggi hingga akhir cerita. Tapi kisah Sabari yang sangat tulus mencintai anaknya (yang bukan kandung), kesetiakawanan para sahabatnya, dan humor rasa Melayunya menjadi magnet kuat dalam Ayah
Hal yang dibahas dalam teks ulasan di atas adalah ....
Cerita yang disajikan dalam novel ini masih sama seperti karya-karya Andrea Hirata lainnya, yaitu meloncat-loncat karena terdiri dari berbagai mozaik. Satu mozaik menceritakan Ikal, selanjutnya menceritakan enong, sampai diceritakan juga bagaimana sebua pertemuan kemudian membuat mereka saling belajar satu sama lain.
Jika kita telaah, unsur yang diulas dalam penggalan resensi di atas adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel