Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks Laporan Observasi

Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks Laporan ObservasiPada pembahasan sebelumnya kita sudah mempelajari definisi, struktur, dan ciri kebahasaan teks rekaman percobaan. Untuk lebih memahami secara mendalam terkait teks rekaman percobaan, sebaiknya kita mencoba membandingkan dengan teks lain yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Pada kesempatan ini, teks yang akan dibandingkan adalah teks laporan hasil observasi. Berikut pemaparan kedua teks tersebut.


TEKS REKAMAN PERCOBAAN


Teks rekaman percobaan adalah teks nonfiksi yang berisi pemaparan laporan percobaan atau penelitian yang secara keilmuan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Struktur teks rekaman percobaan
1. Pendahuluan
a. Latar Belakang
b. Rumusan Masalah
c. Tujuan
d. Manfaat
2. Landasan Teori/Kajian Pustaka
3. Metode Penelitian
4. Paparan data dan Hasil Pembahasan
5. Simpulan
Struktur di atas adalah struktur yang lengkap. Namun, secara sederhana, struktur teks rekaman percobaan adalah sebagai berikut.
1. Tujuan, Alat, dan Bahan
Bagian ini berisi keinginan atau maksud yang ingin dicapai dari percobaan yang dilakukan. Selain itu, bagian ini juga berisi pemaparan tentang alat dan bahan berisi yang diperlukan dalam melakukan percobaan tersebut.
  1. Langkah-langkah
    Bagian ini berisi tahap-tahap yang dilalui atau dilakukan dalam melakukan percobaan.
  2. Hasil
    Bagian ini berisi uraian hasil yang diperoleh dari percobaan yang telah dilakukan
  3. Simpulan
    Bagian ini berisi simpulan yang merupakan pendapat penulis terhadap percobaan yang telah dilakukan.
Unsur kebahasaan teks rekaman percobaan
1. Kalimat Kompleks
2. Konjungsi
3. Kata Rujukan
4. Istilah Teknis


TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


Teks laporan hasil observasi adalah teks yang secara umum menjelaskan atau melaporkan sebuah hasil dari pengamatan yang dilakukan. Informasi yang disajikan dalam teks laporan hasil observasi bersifat faktual atau sesuai dengan kenyataan.
Struktur teks laporan observasi
1. Definisi Umum
Pada bagian ini, dijelaskan tentang pengertian, konsep dasar, atau informasi umum tentang sebuah objek yang diobservasi.
2. Deskripsi Bagian
Pengertian, konsep dasar, dan informasi umum yang dipaparkan di bagian definisi umum diberikan penjelasan yang lebih mendalam pada bagian ini.
3. Deskripsi Manfaat
Pada bagian ini, dipaparkan manfaat yang dapat diperoleh dari pengamatan yang dilakukan.
Unsur kebahasaan teks rekaman percobaan adalah sebagai berikut.
1. Kata Rujukan
2. Kelompok Kata atau Frasa
3. Konjungsi
4. Kata Baku dan Kata Tidak Baku

Berikut adalah contoh teks rekaman percobaan dengan teks laporan observasi secara sederhana.
Teks Rekaman Percobaan

Teks Laporan Hasil Observasi


Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks Laporan Observasi


Teks 1
Tanah merupakan kumpulan dari benda alam di permukaan bumi yang tersusun horizon-horizon atau lapisan tanah yang terdiri atas organik air, campuran bahan mineral, dan udara serta media yang membantu tanaman untuk tumbuh (Sarwono, 2006). Tanah berperan penting dalam kelangsungan makhluk hidup. Tanah menjadi tempat penyimpanan air, tempat terjadinya pelapukan bahan organik, dan tempat kegiatan jasad-jasad mikro.
Teks 2
Dua danau dari Danau Tiga Warna berada pada jarak yang cukup dekat sedangkan satu danau lainnya berada pada jarak yang cukup jauh. Ketiga danau ini memiliki volume air 1.292 juta meter kubik dan luas sekitar 1.051.000 meter2. Dinding danau tersebut memiliki ketinggian antara 50-150 meter. Danau ini memiliki dinding yang terjal karena memiliki kemiringan 70 derajat. 
Perbandingan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Dari percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kelembapan tanah memang memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bawang daun. Dengan kelembapan tanah, bawang daun lebih cepat tumbuh. Hal ini jauh berbeda dengan bawang daun yang ditanam dalam tanah yang memiliki kelembapan yang sedang dan kering.
Teks 2
Pada umumnya, anggrek memiliki banyak manfaat termasuk anggrek bulan. Anggrek ini dapat menjadi tanaman hias karena memiliki bunga yang indah. Anggrek juga menjadi simbol dari keindahan, kemewahan, dan cinta. Apalagi anggrek bulan Kalimantan yang berbunga putih dengan corak berwarna kuning dan merah. Selain itu, anggrek dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.
Pernyataan yang sesuai untuk kedua teks tersebut adalah ....
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian tentang cara menumbuhkan tanaman jagung dengan menggunakan media selain tanah, yaitu tanah liat, pasir, dan kapas perlu dilakukan. Dengan penelitian ini, pengamatan terhadap pertumbuhan biji jagung pada ketiga media tanam tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah.
Teks 2
Jahe memang memiliki banyak manfaat. Jahe dapat dijadikan obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Jahe dapat menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan. Kadar kolesterol dalam darah pun dapat turun dengan memanfaatkan jahe ini. Jahe mampu membuang racun dalam tubuh dengan menghancurkan kolesterol jahat.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu mengetahui pengaruh kelembapan tanah terhadap pertumbuhan bawang merah, mengetahui kelembapan tanah yang baik untuk pertumbuhan bawang merah, dan memahami cara menanam bawang merah yang benar.
Teks 2
Taman kota dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menghijaukan kota yang gersang. Taman kota menjadi ruang untuk rekreasi bagi masyarakat kota. Taman kota juga dapat menanggulangi gas karbondioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pembakaran sampah, dan polusi pabrik.

Perbedaan kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
Teks 1 (teks rekaman percobaan)
Pupuk merupakan komponen penting bagi tanaman. Pupuk mengandung unsur hara yang memengaruhi pertumbuhan dan produksi tananam. Salah satu pupuk yang sering digunakan dalam sistem pertanian adalah pupuk anorganik.
Teks 2 (teks laporan observasi)
Kebun binatang atau taman margasatwa merupakan lingkungan buatan yang digunakan untuk memelihara berbagai jenis hewan dan dipertunjukkan untuk publik. Kebun binatang ini banyak dikunjungi oleh anak-anak karena mereka memiliki antusias yang besar untuk mengetahui berbagai jenis satwa.

Perbandingan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Penyiram tanaman otomatis dapat dibuat dengan cara sederhana, yaitu dengan memanfaatkan botol plastik. Botol tersebut hanya perlu diberi lubang pada sekujur badan botol. Lalu, masukkan kaos kaki/kain bekas ke dalam botol. Kemudian, tanam botol di taman yang dekat dengan tanaman dan isilah dengan air. Dengan demikian, akar tanaman akan mendapatkan suplai air yang baik dan kita tidak perlu menyiram karena hanya cukup mengisi botol dengan air saja.
Teks 2
Sejak subuh, ibu sudah bangun. Setelah melaksanakah salat, ibu membuat nasi goreng untuk sarapan. Setelah itu, ibu merapikan meja makan untuk menyimpan makanan yang sudah disiapkannya. Ibu mengambil beberapa piring dan sendok untuk diletakkan di meja makan. Tidak lupa, ibu mengisi gelas dengan air putih dan menyimpannya di dekat piring di meja makan.
Perbandingan dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Penggunaan pupuk organik dapat menjadi alternatif baru bagi petani. Pupuk ini berasal dari kotoran hewan atau sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk bukan berasal dari bahan kimia seperti pupuk anorganik. Penggunaan pupuk ini juga dinilai dapat menjadi cara untuk menjaga kualitas sayuran dan buah dari bahan kimia yang berbahaya.
Teks 2
Paus biru memiliki tubuh panjang yang tampak membentang. Paus ini memiliki kepala yang datar seperti huruf U, memiliki punggung yang terbentang dari lubang sembur sampai bagian bibir atas. Sirip punggung paus biru berukuran kecil berkisar antara 8-70 cm. Panjang sirip paus ini kurang lebih 3-4 m.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Tanah adalah lapiran permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat untuk tumbuh tegaknya tanaman dan sebagai tempat penyimpan hara atau nutrisi. Tanah berperan penting dalam kelangsungan makhluk hidup. Tanah menjadi tempat penyimpanan air, tempat terjadinya pelapukan bahan organik, dan tempat kegiatan jasad-jasad mikro.
Teks 2
Museum geologi adalah tempat untuk memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan sumber daya alam. Museum Geologi dirikan pada 16 Mei 1928. Museum ini berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi dan tambang yang ada di wilayah Nusantara, sejak pertengahan abad ke-17 oleh para ahli Eropa.
Berikut ini adalah persamaan dari kedua teks tersebut, kecuali ....
Teks 1
Dari hasil percobaan yang dilakukan, bawang daun yang ditanam pada tanah yang lembap ternyata akan jauh lebih tumbuh panjang dibandingkan dengan bawang daun yang ditanam pada pot dengan tanah yang sedang dan kering.
Teks 2
Bawang daun memiliki batang beralur, semu, tidak bercabang, dan berwarna hijau muda. Daunnya tunggal berupa roset akar, bertepi rata, dan ujungnya runcing. Daun ini dapat memiliki panjang kurang lebih 30 cm dan lebar 5 mm. Bawang daun juga memiliki bunga yang majemuk dengan tangkai silindris.
Perbandingan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah ....
Cuplikan 1
Dalam percobaan ini banyak sekali hal baru yang ditemukan tentang manfaat daun binahong. Daun binahong tidak hanya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka saja tetapi juga mengandung antioksida.
Cuplikan 2
Museum Geologi sering menjadi tempat kunjungan study tour sekolah dari berbagai wilayah. Museum ini menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan dan penyampaian nilai-nilai berupa sejarah kehidupan dan pelestarian alam.
Pernyataan yang benar untuk kedua teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel