Contoh Soal Struktur Teks Diskusi

Contoh Soal Struktur Teks DiskusiKalian tentu pernah melakukan diskusi, bukan? Dalam sebuah diskusi tentu harus ada sebuah masalah yang harus dipecahkan karena pada dasarnya diskusi adalah pemecahan masalah antara dua orang atau lebih dengan mendengarkan pendapat masing-masing guna mendapatkan solusi bersama. 
      Tujuan yang terkandung dalam kegiatan diskusi tidak lain adalah untuk saling bertukar pikiran dan pendapat sehingga sebuah masalah yang awalnya terasa sulit akan terasa lebih mudah.
      Selain itu, berdiskusi memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut.
1) Melatih berpikir logis saat beradu argumentasi
2) Meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah
3) Beradu argumentasi dapat melatih cara berbicara seseorang, baik dari segi kebahasaan maupun nonkebahasaan
4) Merangsang peserta yang pasif berbicara agar dapat berpendapat
5) Saling menghargai satu sama lain meskipun argumentasi yang disampaikan berbeda-beda.
      Pada pembahasan kali ini, Kalian akan belajar tentang struktur teks diskusi agar teks diskusi yang Kalian buat kelak lebih sesuai dengan aturan dan menjadi terarah. 
Struktur yang harus ada dalam teks diskusi terdiri atas berikut ini.
1. Isu (permasalahan)
Isu dalam diskusi berisi masalah atau topik yang diangkat. Usahakan isu tersebut benar-benar merupakan masalah yang cukup besar (kontroversial) sehingga mengundang pro dan kontra dari berbagai kalangan. Sebagai contoh, Kalian dapat mengangkat topik mengenai siswa SMP menggunakan kendaraan roda dua ke sekolah dengan isu sebagai berikut.
Tidak sedikit siswa SMP yang pulang dan pergi dengan mengendarai sepeda motor sendiri. Hal itu tentu saja dilakukan atas izin orang tua mereka sebab tidak dipungkiri hal itu dapat mengurangi pengeluaran ongkos harian mereka dibandingkan jika menggunakan kendaraan umum. Namun, anak seusia mereka belum mengantongi SIM sebagai izin resmi untuk membawa kendaraannya sendiri.
2. Argumentasi
Poin ini merupakan poin yang menentukan dalam diskusi sebab pada bagian inilah kita akan mengetahui berbagai sudut pandang berbagai orang mengenai isu tersebut. Namun, ketika Kalian membuat teks diskusi, buatlah argumentasi menjadi dua bagian sebagai berikut.
a. Argumentasi mendukung tentu berisi dukungan terhadap isu. Hal itu harus dilengkapi alasan yang logis berupa fakta atau pengalaman yang menguatkan bahwa pendapatnya tersebut benar adanya dan dibenarkan pula oleh orang lain, misalnya

Salah satu keuntungan mengendarai motor adalah para siswa tidak perlu khawatir kesiangan ketika macet sebab jarak tempuh sepeda motor jauh lebih cepat daripada angkutan umum yang terbukti lebih lambat karena harus mencari penumpang sebanyak-banyaknya (mengetem).
b. Argumentasi menolak merupakan argumen yang bertentangan dengan argumen sebelumnya sebab berisi penolakan terhadap isu. Argumen ini pun harus dilengkapi alasan logis berupa fakta atau pengalaman agar alasan penolakan semakin kuat dan orang lain dapat membenarkan, misalnya

Tidak hanya itu, banyak juga masyarakat yang mendapati siswa-siswa tersebut mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya. Bahkan, tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelalaian para siswa sekolah yang membawa motor sendiri.
3. Simpulan
Pada bagian ini, kalian dituntut untuk mengambil keputusan atau memberikan saran yang tepat dan bijaksana sebab pada kenyataannya argumen-argumen yang telah disampaikan didasarkan pada fakta dan pengalaman. Oleh karena itu, usahakan agar simpulan yang kita ambil dapat diterima pihak yang mendukung dan pihak yang menolak.

Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah ini adalah perlunya kebijaksanaan berbagai pihak, seperti orang tua untuk tidak memberikan izin anaknya mengendarai kendaraan bermotor sebelum mereka memiliki SIM.

Sebagai contoh, perhatikan teks diskusi berikut!

Isu
Akhir-akhir ini, kita sering menemukan siswa berseragam SMP mengendarai sepeda motor di jalan raya. Para siswa tersebut melakukan hal demikian tentu saja atas izin orang tua mereka sebab tidak dipungkiri hal itu dapat mengurangi pengeluaran ongkos harian mereka dibandingkan jika menggunakan kendaraan umum. Belum lagi jarak tempuh motor yang lebih cepat dibandingkan dengan angkot. Namun, anak seusia mereka belum mengantongi SIM sebagai izin resmi untuk membawa kendaraannya sendiri. Hal ini nyatanya menuai banyak perdebatan di masyarakat.
Argumentasi Mendukung
Masyarakat yang tidak mempermasalahkan jika siswa SMP mengendarai kendaraan roda dua ke sekolah memiliki pendapat bahwa hal tersebut sangat membantu kondisi keuangan keluarganya, khususnya bagi siswa yang rumahnya terbilang sangat jauh dari sekolah, sebab ongkos kendaraan umum jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan membawa sepeda motor sendiri. Misalnya ketika pengeluaran angkot untuk sekali berangkat dengan jarak 6 km adalah Rp5.000,00. (PP Rp10.000,00.), jika menggunakan sepeda motor, kita hanya mengeluarkan ongkos setengahnya walaupun dalam hitungan bensin. Selain itu, dengan mengendarai sepeda motor, para siswa tidak perlu khawatir kesiangan ketika macet sebab jarak tempuh sepeda motor jauh lebih cepat daripada angkutan umum yang terbukti lebih lambat karena harus mencari penumpang sebanyak-banyaknya (mengetem).
Argumentasi Menolak
Sementara itu, masyarakat yang tidak setuju siswa SMP membawa sepeda motor ke sekolah disebabkan ketidaklayakan mereka untuk mengendarai sepeda motor karena mereka belum mengantongi SIM. Selain itu, banyaknya siswa SMP atau SMA yang mengendarai sepeda motor sendiri justru memicu kemacetan di jalan raya sebab semakin banyak orang yang membawa kendaraan pribadi. Tidak hanya itu, banyak juga masyarakat yang mendapati siswa-siswa tersebut mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya. Bahkan, tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelalaian para siswa sekolah yang membawa motor sendiri. Di samping itu, hal yang paling ditakutkan adalah siswa-siswa SMP tersebut akan terjebak dalam komunitas geng motor yang meresahkan masyarakat dan memberikan dampak negatif bagi berbagai pihak, seperti sekolah, masyarakat, dan keluarga.
Simpulan
Dengan demikian, salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah ini adalah perlunya kebijaksanaan berbagai pihak, seperti orang tua untuk tidak memberikan izin anaknya mengendarai kendaraan bermotor sebelum mereka memiliki SIM karena walau bagaimana pun mengendarai kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM merupakan sebuah pelanggaran, serta pemerintah agar dapat membantu meringankan ongkos kendaraan umum khusus bagi para pelajar berbagai tingkatan sehingga ekonomi masyarakat terbantu.

Contoh Soal Struktur Teks Diskusi


Kalimat yang berisi argumentasi menentang adalah ....
Selama ini, banyak anak yang mendapatkan pola pendidikan keras dalam keluarga. Padahal tujuan setiap orang tua adalah sama, yaitu ingin anaknya menjadi anak yang baik dan sukses. Namun, kekerasan orang tua disikapi dengan negatif oleh anak. Akhirnya, banyak anak yang melampiaskan kekesalan pada orang tuanya dengan melakukan hal-hal negatif yang sering dikenal dengan sebutan kenakalan remaja. Sesungguhnya, anak-anak bisa menyalurkan kekesalan ini dengan cara berbicara dengan orang yang bisa mereka andalkan, salah satunya adalah dengan guru mereka. Namun sayang, keterbukaan ini belum menjadi budaya di antara guru dan anak didik. 
Isu yang disampaikan dalam paragraf di atas adalah ....
Selama ini, banyak anak yang mendapatkan pola pendidikan keras dalam keluarga. Padahal tujuan setiap orang tua adalah sama, yaitu ingin anaknya menjadi anak yang baik dan sukses. Namun, kekerasan orang tua disikapi dengan negatif oleh anak. Akhirnya, banyak anak yang melampiaskan kekesalan pada orang tuanya dengan melakukan hal-hal negatif yang sering dikenal dengan sebutan kenakalan remaja. Sesungguhnya, anak-anak bisa menyalurkan kekesalan ini dengan cara berbicara dengan orang yang bisa mereka andalkan, salah satunya adalah dengan guru mereka. Namun sayang, keterbukaan ini belum menjadi budaya di antara guru dan anak didik. 
Simpulan yang sesuai dengan isu di atas adalah ....
Dampak positif penggunaan smartphone bagi siswa SMP adalah fitur-fiturnya yang lengkap dan koneksinya yang cepat sehingga akan membantu dan memudahkan siswa dalam mencari informasi mengenai pelajaran yang dibutuhkan.
Kalimat di atas termasuk salah satu struktur teks diskusi yaitu ....
Dampak positif penggunaan smartphone bagi siswa SMP adalah fitur-fiturnya yang lengkap dan koneksinya yang cepat sehingga akan membantu dan memudahkan siswa dalam mencari informasi mengenai pelajaran yang dibutuhkan.
Kalimat yang berisi argumentasi menolak yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ....
Isu yang mengangkat masalah kegiatan bimbingan belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
Perhatikan kalimat acak berikut!
(1) Hal itu disebabkan sekolah merupakan rumah kedua bagi para siswa.
(2) Selain itu, interaksi sosial lebih banyak dilakukan di sekolah.
(3) Jika pendidikan yang diterapkan tepat, akan lahirlah siswa-siswa berprestasi dan beradab. 
(4) Dengan demikian, peran sekolah sangatlah diperlukan.
Urutan simpulan teks diskusi yang tepat adalah ....
.... Pemerintah pun seharusnya dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat membantu masyarakat untuk memperoleh sembako dengan harga yang murah.
Potongan teks di atas terdapat dalam struktur teks diskusi yaitu ....
Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia diramaikan dengan menjamurnya onlineshop. .......... Akan tetapi, di sisi lain, onlineshop pun dianggap sering merugikan sebab tidak sedikit barang yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan pembeli sebelumnya. Inilah yang menjadikan keberadaan onlineshop dianggap kontroversial.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah ....
.... Pemerintah pun seharusnya dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat membantu masyarakat untuk memperoleh sembako dengan harga yang murah sebab naik-turunnya harga BBM sangat berpengaruh terhadap harga-harga di pasaran, terutama sembako.
Isu yang sesuai dengan potongan teks diskusi di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel