Contoh Soal Merevisi Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Soal Merevisi Teks Tanggapan Deskriptif Setelah kalian berhasil menulis teks tanggapan deskripsi secara mandiri, kalian harus menelaahnya kembali. Nah, jika ada yang harus diubah karena penggunaan kata atau kalimat yang kurang sesuai, kalian harus merevisi tulisan kalian sendiri. 
      Merevisi adalah memperbaiki atau memperbarui. Dalam praktiknya, merevisi berarti memperbaiki kesalahan, baik berupa struktur teks maupun fitur kebahasaan, yang terdapat di dalam teks. 

Bacalah Teks Berikut Ini

Saat akan memasuki Pasar Kranji, kita akan mendapati sebuah gerobak tua yang sangat besar. Gerobak itu berisi beberapa batu yang dari dulu sampai sekarang tidak pernah berkurang jumlahnya. Gerobak itu bercat hitam, tetapi karena sudah using warna cat tampak pudar.
      Pasar Kranji adalah pasar yang ada di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Pasar ini adalah pasar yang dikelola oleh Pemda Bekasi yang bernaung di bawah paying Dinas Perekonomian Kota Bekasi. Pasar ini selalu ramai pengunjung.
      Setelah membacanya, apa yang terpikir olehmu? Benar. Struktur isi pada teks tanggapan deskripsi tersebut tersusun kurang cermat. Seperti yang kita tahu, struktur isi teks deskripsi adalah deskripsi umum lalu deskripsi bagian. Dengan demikian, teks deskripsi di atas harus kita ubah susunannya.

Lihatlah Hasil Revisi Berikut Ini

Pasar Kranji adalah pasar yang ada di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Pasar ini adalah pasar yang dikelola oleh Pemda Bekasi yang bernaung di bawah payung Dinas Perekonomian Kota Bekasi. Pasar ini selalu ramai pengunjung.
      Saat akan memasuki Pasar Kranji, kita akan mendapati sebuah gerobak tua yang sangat besar. Gerobak itu berisi beberapa batu yang dari dulu sampai sekarang tidak pernah berkurang jumlahnya. Gerobak itu bercat hitam, tetapi karena sudah usang warna cat tampak pudar.

Latihan 1

Bacalah dengan saksama teks deskripsi berikut ini!
Atlit adalah seseorang yang mengikuti perlombaan atau pertandingan dalam sebuah ajang kompetisi olahraga. Seorang atlit membawa nama baik kota atau provinsi yang dibelanya. Dengan usaha yang maksimal, atlit akan meraih juara pada bidangnya.
      Atlit banyak macamnya di Indonesia yaitu: atlit renang, atlit karate, atlit catur, dan lain-lain. Atlit renang, misalnya, merupakan atlit yang berjuang dengan kemahirannya berenang. Sementara itu, atlit catur, misalnya, merupakan atlit yang berjuang dengan bantuan otaknya.
•●•●•●•● Revisi•●•●•●•●
Pertama, kita harus melakukan revisi terhadap salah satu kata yang tidak baku yang terdapat dalam teks yang tersaji.

Kedua, kita harus melakukan revisi terhadap penggunaan tanda baca titik dua (:) yang terdapat di daam teks yang tersaji.

Latihan 2

Catur adalah permainan yang dilakukan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan alat berupa papan dan buah catur. Menurut beberapa pendapat, catur telah ada sejak abad ke6. Saat ini, catur telah menjadi permainan yang dikenal secara global.
      Permainan catur menggunakan 32 buah catur: 16 hitam dan 16 putih. Enam belas buah catur tersebut masing-masing terdiri atas 8 bidak, 2 benteng, 2 menteri, 2 kuda, 1 wazir, 1 raja, dan 2 sekak. Selain menggunakan buah catur, permainan ini juga menggunakan papan catur yang memiliki 64 petak dengan perpaduan warna hitam, tetapi putih.

•●•●•●•● Revisi•●•●•●•● 
Pada paragraf kesatu terdapat kalimat yang perlu direvisi. Kalimat tersebut adalah kalimat ketiga. Pada kalimat ketiga paragraf satu teks yang tersaji, kesalahan terletak pada kekurangtepatan penulisan kata. Berikut ini penjelasannya.
Menurut beberapa pendapat, catur telah ada sejak abad ke6.
seharusnya
Menurut beberapa pendapat, catur telah ada sejak abad ke-6.
      Sementara itu, pada kalimat terakhir pada paragraf kedua pun terdapat kesalahan. Kesalahan itu berkaitan dengan penggunaan konjungsi tetapi. Seharusnya konjungsi yang digunakan pada kalimat terakhir paragraf kedua adalah dan karena jenis kalimatnya adalah kalimat penambahan. Konjungsi tetapi digunakan dalam kalimat yang berjenis pertentangan.


Contoh Soal Merevisi Teks Tanggapan Deskriptif

Permata adalah batu berharga yang berwarna sangat indah. Harga permata dapat mencapai milyaran rupiah.
Kesalahan penulisan kata pada paragraf di atas adalah ….
Seorang arkeologi sangatlah paham tentang kehidupan masa lampau.
Revisi yang tepat untuk kalimat di atas adalah ….
Kalimat deskripsi yang tepat berdasarkan pengembangan dari kata kapas dan benang dan mengandung keterkaitan makna yang dekat adalah ….
(1)Meja adalah salah satu perabot rumah tangga yang berbidang datar dengan kaki meja sebagai penyangganya. (2)Meja biasanya digunakan sebagai tempat untuk manaro barang, misalnya, makanan. (3)Selain itu, meja juga dapat digunakan sebagai benda hias.
      (4)Meja beragam jenisnya. (5)Meja makan yang terbuat dari kaca. (6)Meja belajar yang terbuat dari kayu. (7)Bahkan, ada meja tamu yang terbuat dari batu.
Kalimat yang perlu direvisi pada teks di atas adalah kalimat ….
Kesenian didong dimainkan secara berkelompok. Setiap kelompok biasanya terdiri atas para “ceh” dan anggota lainnya disebut dengan “penunung”. Jumlah setiap kelompok dapat mencapai tiga puluh orang: 4-5 “ceh” dan 25-26 “penunung”.
Revisi yang harus dilakukan terhadap teks di atas adalah ….
Kalimat yang tidak dapat dijadikan sebagai deskripsi bagian untuk teks dengan tema rumah adalah ….
Perhatikan beberapa kalimat berikut ini.
1. Permainan catur ditemukan pada abad ke-VI.
2. Ani sangat cantik, tetapi malas.
3. Rudi sangat menyenangi olahraga ekstrem.
4. Ayah adalah “pahlawan” untukku.
Kalimat yang perlu direvisi adalah ….
Di bawah ini yang termasuk kalimat yang sudah tepat sehingga tidak perlu direvisi adalah ….
Kalimat yang menggunakan tanda hubung dengan benar adalah ….
Tari guel terdiri atas empat babakan baku: babak mu natap, babak dep, babak ketibung, dan babak cincang nangka. Dalam keempat babakan ini terdapat beberapa gerak tari dasar di dalamnya. Ada gerak salam semah (munatap). Ada gerak kepur nunguk. Ada gerak nining lintah. Ada gerak semer kaleng (sengker kalang). Selain itu, ada gerak dah-pan.
      Tari guel adalah tari asli suku Gayo, Aceh. Guel berarti membunyikan. Menurut para peneliti dan koreografer tari, tari guel merupakan gabungan antara seni sastra, seni musik, dan seni tari.
Revisi yang tepat berdasarkan teks di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel