Contoh Soal Meringkas Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Soal Meringkas Teks Tanggapan Deskriptif -

Teks 1

Bintang laut adalah hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata dan kelas Asteroidea. Walaupun disebut starfish dalam bahasa Inggris, bintang laut sangat berbeda dengan ikan. Bintang laut sangat mudah dikenali dengan bentuknya yang unik. 
Bintang laut memiliki tubuh yang terdiri atas lima lengan atau lebih yang tersusun radial. Pada setiap ujung lengan terdapat alat sensor. Permukaan tubuh bagian atasnya ditutupi oleh duri-duri tumpul berbentuk penjepit. Bintang laut memiliki mata yang hanya dapat membedakan terang dan gelap saja. Bintang laut dapat bergerak dengan menggunakan ratusan kaki tabung. Kaki tabung tersebut berada di bawah tubuh dan mampu bergerak dengan cepat. Bintang laut memiliki kemampuan dalam meregenerasi tubuhnya. Jika lengannya terputus, lengan tersebut dapat tumbuh kembali dalam waktu satu tahun.
Teks 2
Bintang laut adalah hewan invertebrata dari filum Echinodermata dan kelas Asteroidea. Bintang laut memiliki tubuh yang terdiri atas lima lengan atau lebih yang tersusun radial, memiliki alat sensor pada setiap ujung lengan, permukaan tubuhnya ditutup oleh duri-duri tumpul, matanya hanya dapat membedakan terang dan gelap, bergerak menggunakan ratusan kaki tabung, dan mampu meregenerasikan tubuhnya.
Apa yang dapat kalian simpulkan dari kedua teks tersebut?
      Teks 1 dan teks 2 membahas hal yang sama, yaitu memaparkan tentang bintang laut. Hal yang berbeda adalah teks 1 lebih panjang dibandingkan teks 2. Teks 2 lebih singkat tetapi objek yang dideskripsikan masih dapat dipaparkan dengan jelas. Teks 2 ini merupakan bentuk ringkasan dari teks 1.

      Ringkasan adalah penyajian singkat dari suatu tulisan/bacaan. Ringkasan dibuat dengan membuang bagian-bagian yang tidak terlalu penting dalam tulisan dan mengambil bagian pentingnya saja. Ringkasan juga dibuat dengan mempertahankan pikiran penulis dan pendekatan teks aslinya. Dengan membuat ringkasan, kalian akan lebih mudah memahami teks atau bacaan yang panjang.
      Pada saat meringkas teks, kalian perlu memperhatikan beberapa hal. Hal pertama adalah menentukan gagasan utama teks. Gagasan utama terletak pada setiap paragraf yang menyusun teks tersebut. 
      Gagasan utama adalah pernyataan utama yang menjadi inti pembahasan dalam suatu paragraf. Gagasan utama ada pada kalimat pokok/utama dalam setiap paragraf dalam teks. Kalimat tersebut terletak pada awal, akhir, awal dan akhir paragraf, serta menyebar di seluruh paragraf. 
      Paragraf dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan pada letak kalimat pokok/utamanya, yaitu:
1. Paragraf deduktif 
Paragraf yang memiliki gagasan utama di awal paragraf. 
2. Paragraf induktif 
Paragraf yang memiliki gagasan utama di akhir paragraf.
3. Paragraf campuran
Paragraf yang memiliki gagasan utama di awal dan di akhir paragraf.
4. Paragraf deskriptif atau naratif
Paragraf yang memiliki gagasan utama di seluruh paragraf
      Di samping itu, kalian juga perlu memperhatikan kalimat inti dari setiap kalimat yang menyusun paragraf/teks. Dengan demikian, kalian akan lebih mudah dalam meringkas kalimat yang luas/panjang menjadi lebih singkat. Dengan menentukan kalimat inti, kalian dapat menemukan pokok pikiran dalam setiap kalimat yang ada pada teks/tulisan. 
      Kalimat inti merupakan kalimat yang hanya terdiri atas dua unsur inti kalimat, yaitu subjek (S) dan predikat (P). Kalimat inti memiliki beberapa ciri, yaitu kalimat aktif, memiliki predikat berupa kata positif, unsur-unsur dalam penyusun kalimat inti adalah kata bukan frasa. Perhatikan contoh berikut ini.

      Selain itu, hal yang lebih penting adalah memperhatikan cara meringkas teks tanggapan deskriptif, yang dilakukan dengan cara sebagai berikut ini.
  1. Bacalah teks dengan cermat. Jika perlu, baca teks berulang-ulang untuk menentukan gagasan utama dalam setiap paragraf.
  2. Mencatat gagasan utama/pokok pikiran yang telah ditemukan dalam teks.
  3. Merangkai kembali gagasan utama/pokok pikiran tersebut ke dalam ringkasan dengan menggunakan bahasa sendiri.
  4. Memperhatikan struktur teks tanggapan deskriptif
      Teks tanggapan deskriptif memiliki struktur tertentu. Dengan demikian, saat menyusun ringkasan, kalian perlu memperhatikan kesatuan struktur tersebut. Pada ringkasan, ada bagian deskripsi umum/identifikasi dan deskripsi bagian. Struktur yang membangun teks tanggapan deskriptif ini harus tetap terlihat meskipun teks tersebut diubah ke dalam ringkasan yang disajikan dengan singkat.


Contoh Soal Meringkas Teks Tanggapan Deskriptif

Udang sentadu termasuk ke dalam ordo Stomatopoda. Udang ini memiliki panjang tubuh yang mencapai 30 cm. Udang yang memiliki warna dari kecoklatan sampai warna neon terang ini dikenal dengan berbagai sebutan, seperti”belalang laut” oleh Orang Assyria dan sebagian orang menyebutnya ”pembelah jempol”. Sebutan itu melekat pada udang sentadu karena udang tersebut dapat membuat luka yang serius. Udang sentadu memiliki cakar yang kuat untuk menyerang. Meskipun jarang terjadi, udang sentadu berukuran besar ternyata mampu memecahkan kaca akuarium dengan sekali pukul menggunakan cakarnya.
Ringkasan dari teks tersebut adalah ....
Buah apel memiliki kulit yang sedikit lembek dengan warna merah, hijau, atau kuning. Daging buahnya keras dan ada beberapa biji di dalamnya. Apel yang memiliki nama ilmiah Malus domestica ini ditanam di daerah Asia Tengah untuk pertama kalinya. Pada umumnya, apel dimakan mentah/langsung, menjadi bahan makanan pesta, dimanfaatkan untuk pembuatan saus dan sari minuman.
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut, kecuali ....
Elang Jawa merupakan salah satu spesies elang yang sangat langka di Pulau Jawa. Elang Jawa dianggap identik dengan garuda sebagai lambang negara Republik Indonesia. Sejak 1992, elang jenis ini ditetapkan sebagai satwa langka di Indonesia. 
Elang memiliki badan berukuran sedang hingga besar. Elang memiliki panjang tubuh antara 60-70 cm. Kepalanya berwarna coklat kemerahan dengan jambul yang tinggi menonjol. Jambul tersebut berupa beberapa helaian bulu dengan panjang hingga 12 cm. Tengkuknya yang coklat kekuningan terkadang tampak berwarna keemasan jika terkena sinar matahari. Paruhnya berwarna kehitaman dan iris matanya berwarna kuning atau kecoklatan.
Ringkasan teks tersebut adalah ....
Laut merah memiliki lebar 300 km dan panjang 1.900 km yang mempunyai titik terdalam 2.500 m. Laut ini memiliki suhu permukaan yang konstan atau sekitar 21-25 derajat Celsius dengan jarak penglihatan 200 m. Angin kencang dan arus lokal sering terjadi di laut ini. 
Teks tersebut mengemukakan tentang ....
Pantai Batu Hiu merupakan objek wisata yang berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran. Pantai ini berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Panorama alam di pantai ini sangat indah. Pengunjung dapat menyaksikan birunya Samudra Indonesia dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon Pandan Wong. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu dan merasakan sejuknya angin laut. 
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut, kecuali ....
Kebun Raya Bogor adalah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor. Pada mulanya, kebun raya ini adalah hutan buatan atau taman buatan yang telah ada pada pemerintahan Sri Baduga Maharaja pada 1474-1513 dari Kerajaan Sunda. Hutan buatan ini ditujukan untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama memelihara benih-benih kayu yang langka. 
Kebun raya Bogor memiliki luas 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Hal yang menarik dari kebun raya ini adalah keberadaan bunga bangkai yang mencapai tinggi 2 m dan pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang. 
Ringkasan teks tersebut adalah ....
Sedap malam mekar pada malam hari dan menebarkan wangi yang khas. Bunga ini tumbuh merumpun dengan tinggi 0,5-1,5 m. Daun sedap malam berbentuk panjang pipih berwarna hijau pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Daun tersebut berukuran hingga sepanjang 60 cm. Adapun tangkai bunga muncul di ujung tanaman yang memanjang dan beruas-ruas. Pada setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang berukuran kecil dan melekat 5-12 kuntum bunga dengan mahkota berwarna putih dan sedikit kemerahan pada bagian ujungnya. 
Berikut ini adalah hal-hal penting yang berkaitan dengan teks tersebut, kecuali ....
Kota Tua Jakarta disebut pula Batavia Lama. Kota tua yang menjadi wilayah kecil di Kota Jakarta ini memiliki luas 1,3 km2 yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Setiap orang yang berkunjung ke Kota Tua ini akan merasakan nuansa kolonial Belanda. Nuansa itu berasal dari bangunan-bangunan tua di kota tersebut yang berkaitan dengan masa penjajahan dulu. 
Ringkasan teks tersebut adalah ....
Harimau berlari dengan sangat cepat. Harimau berkamuflase dengan pola loreng pada tubuhnya yang berfungsi untuk bersembunyi dan memburu mangsanya.
Kalimat inti dari kedua kalimat tersebut adalah ....
Bunga bangkai raksasa merupakan tumbuhan suku talas-talasan dari Sumatra. Bunga ini dikenal sebagai tumbuhan berbunga majemuk terbesar di dunia. Bunga bangkai mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Bau tersebut berfungsi untuk menarik kumbang dan lalat agar membantunya dalam proses penyerbukan. 
Gagasan utama dari teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel