Contoh Soal Struktur Teks Eksposisi

Contoh Soal Struktur Teks EksposisiDefinisi Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi. Berdasarkan bahasa Inggrisnya, yaitu expose, teks eksposisi bertujuan untuk menyingkap sesuatu.
Teks eksposisi menyingkap suatu permasalahan dari sudut pandang penulis. Penulis akan berusaha membuktikan pendapatnya melalui argumen dan penegasan ulang. 
Struktur Teks Eksposisi
Struktur teks eksposisi adalah tesis ^ argumentasi ^ penegasan ulang.

1. Tesis
Tesis adalah bagian awal yang keberadaannya penting karena berisi sudut pandang penulis terhadap topik yang dibahasnya.Tesis berisi pernyataan yang akan diperkuat dengan argumen. 
Contoh tesis teks eksposisi
Selama ini banyak remaja beranggapan bahwa pendidikan adalah datang ke lembaga formal denga hasil akhir mendapatkan ijazah. Pemikiran ini pun bertahan saat remaja berubah menjadi dewasa. Padahal, pendidikan dapat dimulai dan dilakukan di mana pun serta tidak mengenal ijazah sebagai tanda kesukesan dalam pendidikan.
2. Argumentasi
Argumentasi adalah data, alasan, atau fakta yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumentasi dapat berupa data hasil temuan penelitian, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang didasari atas referensi yang dapat dipercaya.
Contoh argumentasi
Pendidikan adalah proses mencari hal-hal yang baru untuk memperluas cakrawala. Proses menemukan hal-hal baru inilah yang tentu saja tidak akan selalu bisa kita dapatkan dari sekolah. Seorang pelajar harus membawa dirinya ke dalam dunia pendidikan yang lebih luas, seperti membiasakan diri dalam membaca, mencoba berpikir tentang suatu hal atau memecahkan permasalahan, atau berorganisasi sebagai upaya terjun ke masyarakat.
3. Penegasan Ulang/Simpulan
Penegasan ualang/ simpulan adalah bagian akhir dari teks eksposisi. Bagian ini mengandung pernyataan simpulan yang menegaskan kembali tesis yang telah disebutkan di awal teks dan dibuktikan atau diperkuat oleh unsur argumen pada poin kedua.
Contoh penegasan ulang
Nyatalah kini bahwa pendidikan tidak hanya kita dapatkan dengan bersekolah atau mendatangi lembaga formal. Proses meraih pendidikan lebih luas daripada itu dan bisa didapatkan di mana pun kita berada.


Contoh Soal Struktur Teks Eksposisi

Dalam teks eksposisi, pernyataan awal yang diyakini kebenarannya oleh penulis, namun belum dibuktikan kebenarannya adalah .…
Media massa tidaklah netral. Adakalanya pemberitaan tidak berimbang dan condong ke salah satu pihak. Itulah sebabnya, kita sebagai generasi muda harus mencerna masak-masak segala informasi yang ditawarkan media dan jangan mudah menerima tanpa menganalisis berita terlebih dahulu agar tidak mudah terprovokasi.
Berdasarkan struktur teks eksposisi, cuplikan di atas termasuk bagian struktur ....
Produk hasil perkembangan teknologi komunikasi, seperti smartphone dan tablet, seharusnya dijadikan sebagai sarana mencari informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya oleh para pelajar.
Argumentasi yang tepat untuk melengkapi penggalan teks di atas adalah .…
Berikut ini yang termasuk ke dalam bentuk tesis teks eksposisi adalah .…
Pernyataan yang termasuk argumentasi adalah ....
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Padahal, ada banyak hal yang belum mereka pahami tentang bahasa Indonesia.
2) Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sepatutnya menjadi ilmu yang penting dimiliki bagi setiap pelajar.
3) Mereka beranggapan telah memiliki kemampuan berbahasa yang baik.
4) Sayangnya, banyak pelajar yang meremehkan kemampuan ini.
Susunan yang tepat agar terbentuk paragraf yang padu adalah .…
Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sepatutnya menjadi ilmu yang penting dimiliki bagi setiap pelajar. Sayangnya, banyak pelajar yang meremehkan kemampuan ini.
Paragraf di atas termasuk ke dalam bagian struktur ....
Pernyataan yang tepat terkait kedua teks di atas adalah ….
Perhatikan teks eksposisi yang masih tersusun acak berikut!

Urutan yang tepat agar terbentuk struktur teks eksposisi yang baik adalah .…
Sekalipun mengandung gizi yang cukup tinggi, susu kental manis tidak dianjurkan untuk dikonsumsi balita karena dapat menyebabkan obesitas. 
Bagian yang tepat untuk melanjutkan teks di atas adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel