Contoh Soal Sistem Sonar

Contoh Soal Sistem SonarPada topik sebelumnya kalian telah mempelajari tentang pemantulan bunyi. Bunyi merupakan salah satu bentuk gelombang. Dalam topik kali ini kita akan membahas salah satu penerapan dari gelombang yaitu sistem sonar.
Mari kita mengingat kembali sifat gema yang digunakan dalam mendeteksi kedalaman laut sebelum kalian mempelajari topik ini.

A. Sejarah Sonar

Sonar (sound navigation and ranging) merupakan sistem deteksi perairan yang pertama kali digunakan oleh Amerika saat terjadi Perang Dunia.
Tokoh perintis pengembang sonar.
1. Daniel Colloden pada tahun 1822 menggunakan lonceng bawah air untuk menghitung kecepatan suara di bawah air di Danau Geneva, Swiss.
2. Lewis Nixon pada tahun 1906 menemukan alat pendengar bertipe sonar pertama untuk mendeteksi puncak gunung es. Minat terhadap sonar semakin tinggi pada era Perang Dunia I, yaitu ketika muncul kebutuhan untuk bisa mendeteksi keberadaan kapal selam.
3. Paul Langevin pada tahun 1915 menemukan alat sonar pertama untuk mendeteksi kapal selam dengan menggunakan sifat-sifat piezoelektrik kuartz. Karya Langevin berpengaruh besar dalam desain sonar saat ini.

B. Cara Kerja Sistem Sonar

Sonar adalah sistem deteksi bawah air yang bekerja berdasarkan prinsip pemantulan gelombang suara. Fungsi sonar adalah untuk mendeteksi lokasi obyek di bawah laut dan mengukur kedalaman dasar laut. Cara kerja sistem sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawah permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). Data suara dipancarkan ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditampilkan pada monitor. Pada dasarnya sonar terdiri dari dua bagian alat yaitu transmiter (emiter) yang berfungsi untuk memancarkan gelombang ultrasonik dan sensor untuk mendeteksi datangnya gelombang pantul (gema).
Prinsip sonar ini biasanya diterapkan pada kapal selam untuk mengetahui jarak kapal tersebut dari dasar laut dan mengetahui jarak benda atau dinding yang ada di depannya. Selain itu, sonar dapat juga digunakan untuk mengukur kedalaman laut, sehingga bentuk relief dasar laut dapat diketahui.
Hewan yang memiliki sonar alami yaitu kelelawar. Berdasarkan makalah yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences edisi awal, para Ilmuwan melaporkan bahwa kelelawar memancarkan frekuensi suara untuk mendeteksi gerakan dan hambatan sekitar. Mereka menemukan bahwa kelelawar membuat template mental dari setiap siaran dan gema untuk membedakan pantulan echo antar benda. Penelitian ini menjadi cikal bakal desain sistem sonar untuk radar yang lebih baik. Kelelawar memiliki kemampuan menggunakan gema sebagai pengidentifikasi objek yang tidak tampak. 
Kelelawar mengatasi kebingungan ini dengan membuat sebuah template, berdasarkan pancaran suara dan gema. Dengan cara itu, kelelawar hanya perlu mengubah sedikit frekuensi siaran untuk membuat echo template yang tidak sesuai aslinya.

C. Jenis-Jenis Sonar

Berikut ini merupakan jenis-jenis sonar.
1. Sonar Aktif
Sonar aktif adalah sonar yang mengirimkan sinyal/suara dan menerima sinyal kembali. Misalnya saja untuk mengetahui jarak satu obyek, petugas sonar mengukur waktu yang diperlukan oleh sinyal sejak dipancarkan hingga diterima kembali. Sistem sonar aktif dibuat di United Kingdom (Inggris) dan United States (Amerika Serikat) pada tahun 1918.
2. Sonar Pasif
Sonar pasif adalah sonar yang menerima gema suara, tetapi tidak mengirimkan sinyal keluar. Sonar pasif hanya berfungsi untuk mendengarkan bunyi.

D. Aplikasi Sonar

Dalam kehidupan sehari-hari, sonar digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mengukur kedalaman laut, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, komunikasi di laut, kacamata tunanetra (dilengkapi dengan pengirim dan penerima pulsa ultrasonik), dan sistem keamanan mobil otomatis.

Contoh Soal Sistem Sonar

Tokoh yang merintis pengembangan sistem sonar adalah....
Kepanjangan sonar dalam bahasa inggris adalah ....
Tokoh perintis sonar pertama yang menggunakan lonceng untuk menghitung kecepatan suara di bawah air di Danau Geneva adalah....
Cara kerja sistem sonar sehingga mampu mendeteksi kedalaman laut adalah....
Dua alat yang berperan dalam mekanisme kerja sistem sonar adalah....
Hewan yang memiliki sonar alami sehingga malam hari dapat terbang tanpa menabrak adalah....
Sonar dibedakan menjadi dua jenis yaitu....
Perbedaan antara sonar aktif dan sonar pasif adalah....
Berikut adalah aplikasi sonar:
1. mendeteksi kapal selam dan ranjau;
2. mendeteksi kedalaman laut;
3. alat komunikasi satelit; dan
4. alat navigasi pesawat.
Aplikasi sonar dalam kehidupan sehari-hari yang tepat ditunjukkan oleh nomor....
Cara kelelawar mengatasi kebingungan saat terbang di malam hari adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel