Contoh Soal Membandingkan Teks Diskusi dengan Teks Biografi

Contoh Soal Membandingkan Teks Diskusi dengan Teks BiografiMasih ingatkah kalian kita telah mempelajari struktur dan ciri teks diskusi dan teks biografi? Nah, pada pertemuan kali ini kita akan belajar mencari persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut.

Bila kita amati dengan saksama gambar di atas dapat menimbulkan dua persepsi berikut ini.
1. Apabila mereka sedang membicarakan sesuatu, ide yang mereka keluarkan merupakan opini/ argumen. Argumen/ opini merupakan dasar sebuah teks diskusi. Pada teks diskusi ada argumen yang menentang dan argumen yang mendukung. Oleh sebab itu teks diskusi biasanya berupa tulisan argumen/ opini.
2. Apabila yang mereka bicarakan adalah seorang tokoh terkenal seperti Presiden I Indonesia Bapak Soekarno, pengusaha Steve Jobs, dsbnya, mereka sedang membicarakan sebuah fakta. Fakta merupakan pengalaman hidup seseorang dan dasar sebuah teks biografi. Oleh sebab itu, biasanya teks biografi berupa tulisan narasi (menceritakan sesuatu).

Perhatikan contoh di bawah ini!

*Teks I *
Siapa tak kenal penulis cerita humoris satu ini? Ya, Raditya Dika, kepopulerannya diawali dari hobi menulis di blog tentang pengalaman hidup sehari-hari. Tulisan di blog pribadinya yang berjudul Kambing Jantan memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu di Indonesian Blog Award dan Indosat sebagai The Online Inspiring. Kedua penghargaan itu akhirnya berhasil mengubah tulisan di dunia maya menjadi sebuah novel. Tak salah bila dia menjadi salah satu juri di stand up comedy, tontonan bergengsi para humoris.
*Teks II *
Makanan fast food banyak digemari oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. Bentuknya yang menarik dan rasanya yang nikmat membuat kita akan ketagihan menyantapnya setiap hari. Tetapi, yahukan kita bahaya yang ditimbulkan bila kita mengonsumsi secara terus-menerus. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dsbnya. Jadi bolehlah sekali dua kali kita menikmati sensasi kenikmatan fast food tapi jangan sampai ketagihan.

Mari analisis

Teks I 
• Merupakan teks biografi karena terdiri atas orientasi, peristiwa/masalah, dan reorientasi.
Siapa tak kenal penulis cerita humoris satu ini? Ya, Raditya Dika, kepopulerannya diawali dari hobi menulis di blog tentang pengalaman hidup sehari-hari. = orientasi
Tulisan di blog pribadinya yang berjudul Kambing Jantan memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu di Indonesian Blog Award dan Indosat sebagai The Online Inspiring. Kedua penghargaan itu akhirnya berhasil mengubah tulisan di dunia maya menjadi sebuah novel. = peristiwa
Tak salah bila dia menjadi salah satu juri di stand up comedy, tontonan bergengsi para humoris. = orientasi (pandangan penulis)
Teks II
• Merupakan teks diskusi karena berisi isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan simpulan/ rekomendasi.
Makanan fast food banyak digemari oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. = isu
Bentuknya yang menarik dan rasanya yang nikmat membuat kita akan ketagihan menyantapnya setiap hari. = argumen mendukung
Tetapi, tahukah kita bahaya yang ditimbulkan bila kita mengonsumsi secara terus-menerus. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dsbnya. = argumen menentang
Jadi bolehlah sekali dua kali kita menikmati sensasi kenikmatan fast food tapi jangan sampai ketagihan. = simpulan/rekomendasi
Maka, perbedaan teks I dan teks II yang tepat ialah Teks I terdapat fakta berupa pengalaman hidup seseorang sedangkan teks II terdapat arumrn / opini tentang sesuatu hal.

Contoh Soal Membandingkan Teks Diskusi dengan Teks Biografi

Teks I
Siapakah yang berdiri di balik suksesnya perusahaan Apple? Dialah Steve Jobs. Dilahirkan di San Fransisco dari pasangan Joanne Simpson dan Abdulfattah Jandali. Pada tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon. Dia dikeluarkan/ drop out setelah satu semester lalu kembali mendaftar ke Reed College, melanjutkan audit kelas. Dia mengatakan jika ia tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional, karena di sini mempelajari kaligrafi. Dari sini kita belajar banyak bahwa kegagalan bisa jadi adalah kunci awal kita untuk maju.
Teks II
Air minuman kemasan dalam botol memang bentuknya bervariasi dan praktis dibawa kemana-mana. Tak salah bila banyak orang yang sayang membuangnya. Namun, kebiasaan ini harus segera dihentikan dari sekarang. Kebiasaan mengisi ulang air minum dalam botol dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya karena bahan utama plastik botol kemasan mengandung polimer yang berbahaya. Mulai sekarang ubah kebiasaan anda untuk mengisi ulang air minum kemasan dalam botol.
Perbedaan kedua teks di atas ialah ....
Teks I
Kebakaran hutan yang melanda Riau, Jambi masih menyisakan trauma bagi masyarakat sekitar. Menjangkitnya penyakit radang paru-paru dan infeksi saluran pernafasan menuntut pemerintah untuk segera bertindak cepat dan mengatasinya. Belum lagi gangguan iritasi mata dan kulit. 
Teks II
Warga Surabaya tidak usah khawatir terhadap bahaya polusi. Sebab kini telah dibangun Hutan Mangrove Wonorejo. Tidak hanya menjadi paru-paru kota tetapi juga memberi banyak lapangan kerja bagi warga sekita. Namun keberadaannya ternyata juga menimbulkan masalah karena beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab seperti membuang limbah sembarangan dan merusak habitat di dalamnya. Mulai dari sekarang hendaknya kita mulai melestarikan hutan magrove agar dapat menjaga usia bumi.
Persamaan kedua teks di atas adalah ....
Perhatikan rekaman biografi Soekano dengan saksama!
Soekarno diangkat sebagai presiden RI ke-1 oleh PPKI karena ....
Teks I
Menonton film merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Aktivitas ini dapat membuat pikiran kita rileks dan dapat menghilangkan kepenatan setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Namun hati-hati dengan bahaya yang akan ditimbulkan. Bila kita keasyikan menonton film selama berjam-jam bahkan seharian akan mengakibatkan kecanduan yang membuat kita senang menyendiri. Akibatnya kita akan mengalami kesepian, sedih, tidak dapat mengontrol aktivitas kita lainnya. Oleh sebab itu pergunakan waktu sebaik mungkin agar berkualitas bagi hidup kita.
Teks II
Tahukah kalian bahwa Indonesia pun memiliki putra bangsa yang mampu menciptakan televisi. Kusrin pemuda 41 tahun yang dulu berprofesi sebagai tukang bangunan kini telah mampu mengontongi ijin SNI untuk televisi yang dia ciptakan. Dengan modal yang dikumpulkan 4 tahun sebagai tukang servis, Kusrin kini berhasil mempekerjakan karyawan sejumlah 32 dan dapat memproduksi televisi rata-rata 32 unit per hari. Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan ketekunan semua pasti bisa melakukan yang terbaik.
Kesamaan teks diskusi dan teks biografi di atas ialah ....
Dengarkan dengan saksama rekaman “Antirokok”. 
Berdasarkan struktur teks yang nampak rekaman tersebut merupakan teks ....
Teks I
Globalisasi menimbulkan dampak bagi perekonomian di Indonesia. Era ini memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk berinteraksi dengan dunia luar lewat sistem komunikasi dan transportasi. Namun globalisasi juga memberi dampak negatif bagi perkembangan budaya masyarakat kita. Budaya kita sering tercampur dengan budaya asing sehingga melunturkan nilai budaya bangsa. Untuk itu kita perlu memperkokoh jiwa nasionalisme agar dapat mempertahankan nilai-nilai ketimurannya.
Teks II
Siapa tak kenal Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie). Beliau pernah menjabat sebagai mentri dan wakil presiden Indonesia. Kepandaian dan kejeniusannya mengantarkan dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman dengan jurusan jurusan Teknik Penerbangan, spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH). Semoga Indonesia memiliki banyak putra bangsa yang dapat mengharumkan negara seperti beliau.
Kesamaan tema teks I dan teks II ialah ....
Pola hidup sehat sangatlah penting diterapkan dalam hidup kita. Pola hidup sehat tidak hanya diterapkan pada gaya hidup tetapi juga pada pola konsumsi makanan kita sehari-hari. Dengan pola hidup sehat, diharapkan masyarakat Indonesia dapat menjadi masyarakat yang berkepribadian dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sesuai dengan tujuan negara pada pembukaan UUD 1945.
Struktur teks diskusi di atas kurang lengkap karena ....
(1) Membuatnya masuk sebagai 100 tokoh berpengaruh di dunia urutan ke-2.
(2) Lahir di Inggris pada tahun 1642.
(3) Keberhasilannya menemukan hukum gravitasi.
(4) Isaac Newton ialah ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia.
Teks biografi di atas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
1) Pastilah kita semua mengetahui siapa tokoh emansipasi Indonesia yang terkenal dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang”, dialah R.A. Kartini. 2) Terlahir sebagai anak R.M. Sosroningrat, bupati Jepara pada tanggal 21 April 1879, pemikiran-pemikiran Kartini banyak dituangkan lewat korespodensi atau surat-menyurat yang dia kirimkan ke sahabatnya di Belanda. 3) Lewat surat tersebut Kartini banyak menuangkan pikirannya bagaimana wanita pribumi dapat diangkat status sosial dan pemikirannya. 4) Kelak kita berharap ada banyak Kartini-Kartini muda di Indonesia.
Opini yang nampak pada teks biografi di atas di tunjukkan oleh nomor ....
Membaca adalah aktivitas paling bermanfaat bagi setiap manusia. Dengan membaca kita dapat menurunkan tingkat stres dan menghindari penyakit kepikunan. Namun karena pola membaca yang salah, menyebabkan kita mengalami gangguan penglihatan. Seperti mengalami rabun dekat dan rabun jauh. ....
Kalimat simpulan yang tepat untuk melanjutkan teks diskusi di atas ialah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel