Contoh Soal Membuat Sinopsis

Contoh Soal Membuat SinopsisPada pembahasan topik kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat sinopsis sebuah cerita rakyat. Sinopsis ialah ringkasan sebuah cerita. Oleh karena itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika kita akan membuat sinopsis.
1. membaca naskah asli sampai menemukan tema cerita;
2. menggaris bawahi atau mencatat ide pokok cerita;
3. mengembangkan kata-kata yang telah digarisbawahi tadi dengan memakai bahasa sendiri, tetapi
tetap mempertahankan keaslian cerita;
4. usahakan cerita yang kita kembangkan terdiri dari kalimat inti yang tidak banyak mengandung kalimat penjelas
Bagaimana cara membuat sinopsis yang bagus? Mari kita perhatikan langkah-langkah selanjutnya.
Selama beberapa hari tinggal dengan nenek, Bawang Putih rajin membantunya. Nenek senang sekali karena dia anak yang rajin dan berbakti. Ketika Bawang Putih hendak pulang dia disuruh memilih sebuah labu. Labu paling kecillah yang dia pilih. Sesampainya di rumah labu itu dibelah. Alangkah terkejutnya dia karena labu itu berisikan emas permata. Karena terkejut Bawang Putih pun berteriak. Ibu tiri dan Bawang Merah yang melihat langsung merebutnya dan memaksa Bawang Putih untuk menceritakan asal-usul labu tersebut. Bawang Merah pun menginap di rumah nenek itu. Tetapi kerjanya hanya bermalas-malasan saja. Ketika pulang dia meminta labu yang sama seperti yang diberikan kepada Bawang Putih. Dia memilih labu yang paling besar dan langsung membawanya pulang tanpa mengucapkan terima kasih. Karena takut Bawang Putih akan mengambil isinya seperti apa yang telah mereka lakukan, ibu tiri dan Bawang Merah membuka dengan sembunyi-sembunyi. Alangkah terkejutnya ternyata setelah dibuka isinya berbagai macam binatang buas. Mereka pun tewas dimangsa seketika.

Contoh Soal Membuat Sinopsis

Raksasa yang mengetahui bahwa Timun Mas sudah pergi dari rumahnya segera mengejar (1). Timun Mas pun berlari sekuat tenaga(2). Ketika tenaganya hampir habis, Timun Mas teringat pesan kedua orang tuanya untuk mengambil tiga benda dari kantong ajaib dan melemparkannya ke belakang(3). Dia mengambil segenggam garam dan dilemparkannya ke belakang(4). Seketika menjadi danau(5). Raksasa pun dengan susah payah berenang dan berhasil selamat(6). Timun Mas pun mengambil benda kedua, segenggam cabe dan dilemparkannya(7). Seketika tumbuh menjadi hutan belukar penuh ranting dan duri(8). Raksasa dengan susah payah keluar dan berteriak kesakitan, tetapi dia masih selamat(9). Terakhir dia melempar terasi, seketika itu berubah menjadi lautan lumpur dan raksasa pun tenggelam di dalamnya(10). Sejak saat itu Timun Mas hidup bahagia dengan kedua orang tuanya(11).
Di bawah ini adalah kalimat sinopsis yang tepat pada masing-masing kalimat, kecuali ....
Suatu hari berjalanlah Ibu dengan anak gadisnya. Tak seberapa jauh, seseorang bertanya kepada anak gadis itu. Apakah yang sedang berjalan di belakangnya itu ibunya. Lalu gadis itu menjawab “Dia adalah pembantuku”. Setiap bertemu dengan seseorang gadis itu akan menjawab, “dia adalah pembantuku”. Awalnya si ibu masih dapat menahan diri. Setelah berulang kali mendengar jawaban putrinya hatinya menjadi sakit. Lantas si ibu pun berdoa. “Ya, Tuhan hukumlah dia ! Hukumlah dia....". Perlahan-lahan tubuh gadis durhaka itu berubah menjadi batu. Mula-mula dari kaki. Lalu setengah badan dan gadis itu menangis memohon ampun. " Oh, Ibu..Ibu..ampunilah aku, ampunilah anakmu". Gadis itu terus meratap dan menangis memohon ampun kepada ibunya. Seluruh tubuhnya telah berubah menjadi batu dengan kedua mata masih menitikkan air mata, seperti sedang menangis.
Kalimat sinopsis pada kalimat terakhir yang tepat pada hikayat Batu Menangis ialah ....
Tersebutlah seorang anak perempuan bernama Jambean. Dia rajin dan pandai menenun. Begitu bagus tenunannya sampai dikenal di penjuru dusun. Namun Galoran, ibu tirinya sangat membencinya karena seringkali dia ditegur Jambean ketika sedang bermalas-malasan.
Kutipan cerita rakyat Keong Mas di atas dapat dibuat sinopsis menjadi ....
Beberapa waktu lamanya dipandanginya ikan yang baru ditangkapnya. Betapa terkejutnya dia karena ikan tersebut dapat berbicara. “Tolong aku jangan dimakan Pak, biarkan aku hidup!” pinta ikan tersebut. Saking takutnya seketika itu juga ikan itu dikembalikan ke air. Tiba-tiba ikan tersebut berubah menjadi wanita yang sangat cantik.
Kutipan cerita rakyat Danau Toba dapat dijadikan sinopsis dengan cara ....
(1) Suatu hari selir raja berencana mencelakai permaisuri. 
(2) Ia memiliki seorang permaisuri yang baik hati dan seorang selir yang bersifat iri dan dengki. 
(3) Tujuannya tak lain agar dia dapat menjadi permaisuri.
(4) Kerajaan Jenggala dipimpin oleh Baginda Raja Raden Putra. 
(5) Mereka hidup di istana yang sangat megah dan damai.
Sinopsis kutipan cerita Cindelaras akan menjadi cerita yang runtut bila susunanya ....
Ketika Sangkuriang sampai di hutan untuk berburu, dilihatnya ada seekor burung. Tanpa berpikir panjang langsung ditembaknya dan tepat mengenai sasaran. Disuruhnya Tomang, anjing buruannya untuk mengejarnya. Namun, Tomang diam saja. Karena kesal diusirnya Tomang.
Paragraf di atas dapat dibuat menjadi sinopsis ....
Kapal Malin Kundang terdampar di sebuah pantai. Malin Kundang menuju desa dengan sisa tenaga dan ditolong warga desa. Berkat keuletannya dan kegigihannya ia menjadi saudagar yang kaya raya. Ia memiliki banyak kapal dagang dan anak buah sebanyak 100 orang. Malin Kundang pun menikah dengan gadis pilihannya.
Berikut yang bukan merupakan cara menyederhanakan kalimat ialah ....
(1) Air sungai meluap kemana-mana.
(2) Pak Toba tidak bisa menyelamatkan diri.
(3) Lambat laun genangan air itu semakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat besar. 
(4) Orang lebih mengenal dengan nama Danau Toba. 
(5) Sedang Pulau kecil ditengah-tengahnya diberi nama Pulau Samosir.
Kalimat yang sudah tepat untuk membuat sinopsis adalah kalimat nomor ....
Purbararang tidak menyetujui bila adiknya Purbasari menggantikan posisi ayah mereka yaitu menjadi raja. Akhirnya Purbararang memiliki niat untuk mencelakai Purbasari. Ia meminta bantuan seorang nenek sihir sehingga kulit Purbasari menjadi totol-totol hitam. Akhirnya Purbasari pun diusir ke hutan.
Kalimat pertama kutipan cerita rakyat Lutung Kasarung di atas dapat disederhanakan menjadi ....
Permaisuri yang tengah mengandung dibawa oleh Patih ke tengah hutan. Namun, Patih amatlah bijak. Dia tidak membunuh sang permaisuri. Dia sudah mengetahui akal busuk sang selir. Dia akan melaporkan telah membunuh sang permaisuri dengan cara melumuri pedangnya dengan darah kelinci.
Kalimat terakhir kutipan cerita rakyat di atas dapat diringkas menjadi ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel