Contoh Soal Sejarah Tabel Periodik

Contoh Soal Sejarah Tabel PeriodikTabel Periodik Modern, disusun menjadi baris (Periode) unsur dengan jumlah atom meningkat dan kolom (Kelompok) unsur dengan konfigurasi elektron kulit luar yang sama, dikembangkan lebih dari dua abad penyelidikan ilmiah karakteristik unsur oleh banyak kimiawan dan fisikawan. 
Ini adalah beberapa penemuan yang paling penting yang membuka jalan bagi Tabel Periodik Modern:

1789, Antoine Lavoisier mempublikasikan sebuah daftar berisi 33 unsur, yang dikelompokkan secara sederhana ke gas, logam, non logam, dan bumi.

1829, Johann Döbereiner mengamati bahwa banyak unsur dapat dikelompokkan menjadi tiga, atau triad, menurut karakteristik kimianya. Lithium, sodium dan potassium adalah triad yang paling terkenal dari logam lunak reaktif. Triad lainnya yang ia kenali adalah klorin, bromine dan iodine dan calcium, strontium dan tellurium. Döbereiner juga mengamati bahwa, ketika disusun oleh berat atom (rata-rata muatan atom suatu unsur), unsur kedua dari triad berada di tengah unsur pertama dan ketiga ini dikenal dengan Hukum Triad. Sebelum 1843 ilmuwan menemukan sepuluh triad, tiga kelompok dari empat dan satu kelompok dari lima unsur.

1862, bentuk awal tabel periodik dikenalkan oleh Alexandre-Emile Béguyer de Chancourtois, seorang geologis Perancis, yang ia panggil telluric helix atau screw. Ia juga dapat menunjukkan unsur dengan karakteristik yang serupa terjadi dalam interval teratur.

1864, Julius Meyer, seorang kimiawan Jerman, mempublikasikan sebuah tabel dengan 44 unsur disusun berdasarkan kekuatan penggabungannya atau valensi. Tabel menunjukkan bahwa unsur dengan karakteristik yang serupa sering berbagi valensi yang sama atau kombinasi kekuatan dari sebuah atom. Pada waktu yang bersamaan kimiawan Inggris, William Odling, mempublikasikan sebuah tabel dengan 57 unsur, diurutkan berdasarkan berat atom, dengan beberapa ketidakteraturan dan celah yang penting.

1865, kimiawan Inggris John Newlands mencatat bahwa ketika unsur didaftarkan pada urutan atom yang meningkat, fisik yang serupa dan karakteristik kimia terulang pada interval ke delapan; yang ia bandingkan dengan oktaf di musik. Hal ini disebut dengan Hukum Oktaf dan menggunakannya untuk memperkirakan keberadaan beberapa unsur yang hilang seperti germanium, Ge.

1869 and 1871, Tabel Periodik  yang diakui pertama kali dipublikasikan oleh Dmitiri Mendeleev, seorang kimiawan, guru dan pemain kartu Rusia, ketika hanya 62 unsur diketahui.  Ia menyusun tabelnya sehingga setiap baris mempunyai unsur dengan berat atom yang meningkat dan ia meninggalkan celah untuk unsur yang belum ditemukan.  Tabelnya memiliki kolom unsur yang disusun berdasarkan kesamaan kimia dan fisik mereka. 
Pengakuan dan penerimaan tabel Mendeleev berasal dari dua hal yang dia lakukan: Ia meninggalkan celah pada tabelnya untuk unsur yang belum ditemukan ketika hal tidak sesuai dengan baik dan ia kadang-kadang mengabaikan urutan oleh berat atom dan beralih ke unsur yang berdekatan, seperti tellurium dan iodine, untuk mengelompokkan lebih baik secara kimia ke dalam kelompok.

Untuk pekerjaannya, Mendeleev dikenal sebagai "Bapak Tabel Periodik Modern".

Dalam 100 tahun tabel Mendeleev diperkirakan bahwa terdapat 700 versi tabel publikasi yang berbeda telah dipublikasikan.

1913, Henry Moseley mengurutkan unsur berdasarkan jumlah atom (muatan pada inti atau jumlah proton di atom) daripada berat atom, jadi unsur akan sesuai lebih baik pada kelompok/keluarga dan periode. Tabel Periodik berkembang sejak itu ke dalam  Tabel Periodik Modern yang digunakan hari ini dengan bentuk standar unsur dengan kisi 18 × 7 yang disusun berdasarkan jumlah atom, konfigurasi elektron dan karakteristik kimia yang berulang.






Contoh Soal Sejarah Tabel Periodik


Siapa yang pertama kali menyarankan bahwa beberapa urutan adalah mungkin ketika berurusan dengan karakteristik elemen?
Siapa yang menemukan Teori Triad?
Siapa yang menemukan Hukum Oktaf?
Pada tahun 1864 Julius Meyer mempublikasikan sebuah tabel dengan 44 unsur yang tersusun berdasarkan valensi mereka. 
Apa yang dimaksud dengan istilah valensi? 

 Hukum Oktaf John Newlands menyatakan bahwa fisik yang serupa dan karakteristik kimia terulang pada interval ke?
Ilmuwan mana yang terkenal dengan "Bapak Tabel Periodik Modern"? 
Pada tahun 1913, Henry Moseley mengurutkan unsur berdasarkan pada ....
Empat usaha awal untuk mengurutkan unsur dilakukan berdasarkan, dalam urutan alfabet: de Chancourtois, Döbereiner, Lavoisier dan Meyer. Apa urutan nyatal kronologikal dari pekerjaan mereka?  
Pada tahun 1829 Johann Döbereiner menemukan Hukum Triad. Pada angka berapa hukum ini berdasar?
Mana dari berikut ini yang bukan fitur dari Tabel Periodik Dmitiri Mendeleev?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel