Contoh Soal Struktur Pasar
Contoh Soal Struktur Pasar - Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (barang konsumsi). Proses tercapainya tingkat harga dan output sangat dipengaruhi oleh struktur pasar. Struktur pasar mengacu kepada lingkungan persaingan dimana pembeli dan penjual produk tersebut beroperasi.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, serta mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri. Berdasarkan kajian ekonomi, struktur pasar dapat dibedakan atas pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli, duopoli, monopolistik, dan monopsoni).
A. Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk sejenis dan mirip, dengan jumlah konsumen yang banyak. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna, yakni:
● Jumlah penjual dan pembeli banyak.
● Barang yang dijual sejenis, serupa, dan mirip satu sama lain.
● Penjual bersifat pengambil harga (price taker).
● Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).
● Posisi tawar konsumen kuat.
● Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata.
● Sensitif terhadap perubahan harga.
● Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
● Jumlah penjual dan pembeli banyak.
● Barang yang dijual sejenis, serupa, dan mirip satu sama lain.
● Penjual bersifat pengambil harga (price taker).
● Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).
● Posisi tawar konsumen kuat.
● Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata.
● Sensitif terhadap perubahan harga.
● Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
1. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
● Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
● Tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute).
● Produsen memiliki kekuatan menentukan harga.
● Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
● Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
● Tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute).
● Produsen memiliki kekuatan menentukan harga.
● Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, diantaranya adalah:
a. Ditetapkannya undang-undang tertentu (monopoli berdasarkan undang-undang). Atas pertimbangan kepentingan umum, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. PLN untuk melakukan monopoli.
b. Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama-kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tertentu.
c. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang dikenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
d. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu seperti timah dari Pulau Bangka.
e. Modal yang besar, sehingga mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan menguasai suatu bidang usaha.
a. Ditetapkannya undang-undang tertentu (monopoli berdasarkan undang-undang). Atas pertimbangan kepentingan umum, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. PLN untuk melakukan monopoli.
b. Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama-kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tertentu.
c. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang dikenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
d. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu seperti timah dari Pulau Bangka.
e. Modal yang besar, sehingga mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan menguasai suatu bidang usaha.
2. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
a. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
b. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air mineral.
c. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Para oligopoli merupakan price leader, yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual tersebut memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga, sedangkan para penjual lainnya harus mengikuti harga dimaksud. Contoh dari produk oligopoli ialah semen, mie cepat saji, dan air mineral.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
a. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
b. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air mineral.
c. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Para oligopoli merupakan price leader, yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual tersebut memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga, sedangkan para penjual lainnya harus mengikuti harga dimaksud. Contoh dari produk oligopoli ialah semen, mie cepat saji, dan air mineral.
Berdasarkan produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi:
● Pasar oligopoli murni (pure oligopoly)
Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.
● Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
Pasar ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki.
● Pasar oligopoli murni (pure oligopoly)
Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.
● Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
Pasar ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki.
3. Pasar Duopoli
Duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contohnya, penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
Duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contohnya, penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
4. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan terletak pada banyaknya penjual yang menjual produk yang sejenis.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
a. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
b. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated product.
c. Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
d. Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
e. Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan terletak pada banyaknya penjual yang menjual produk yang sejenis.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
a. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
b. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated product.
c. Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
d. Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
e. Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
Pasar monopolistik memiliki kebaikan:
● Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
● Kebebasan keluar masuk bagi produsen akan mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
● Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
● Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
● Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
● Kebebasan keluar masuk bagi produsen akan mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
● Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
● Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
5. Pasar Monopsoni
Bentuk pasar monopsoni merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini, pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan. Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
Bentuk pasar monopsoni merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini, pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan. Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
S1
Struktur pasar adalah ….
S2
Berikut adalah sifat pasar persaingan sempurna, kecuali ….
S3
Dalam pasar persaingan sempurna, penjual bersifat pengambil harga (price taker) karena ….
S4
Pernyataan yang tidak benar mengenai pasar persaingan sempurna adalah ….
S5
Dalam pasar persaingan sempurna, perusahaan-perusahaan tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga yang berlaku di pasar karena ….
S6
Berikut adalah ciri pasar monopoli, kecuali ….
S7
Contoh perusahaan yang melakukan monopoli atas ketetapan pemerintah adalah ….
S8
Hasil cipta yang menyebabkan terjadinya monopoli disebut ….
S9
Berikut adalah ciri pasar oligopoli, kecuali ….
S10
Suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan disebut ….