Contoh Soal Pengertian dan Cabang-Cabang Geografi

Contoh Soal Pengertian dan Cabang-Cabang Geografi  Bagi sebagian orang atau masyarakat ilmu geografi tidaklah menarik, dikarenakan hanya membahas mengenai teori saja. Tetapi sebenarnya ilmu geografi sangatlah berguna dan kita juga harus tahu mengenai geografi agar kita lebih bisa menghargai bumi kita sendiri. Ilmu geografi mencakup berbagai bidang dan sangat menarik untuk kita pelajari.

1. PENGERTIAN GEOGRAFI

       Keragaman lingkungan dan isinya merupakan fenomena yang terjadi dalam suatu ruang (wilayah). Fenomena ini terjadi secara dinamis dalam kurun waktu tertentu di atas permukaan bumi. Mengapa keanekaragaman lingkungan dan isinya tersebut terjadi? Di wilayah mana perbedaan itu terjadi? Apa saja yang berbeda? Kapan perbedaan tersebut muncul? Bagaimana perbedaan tersebut terjadi? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka diperlukan suatu ilmu yang mengkaji lingkungan alam beserta proses-proses yang terjadi di dalamnya, manusia beserta budayanya, serta flora dan fauna. Kesemuanya saling berinteraksi dan bergantung membentuk suatu kehidupan yang beraneka ragam. Ilmu itulah yang dinamakan ‘Geografi’.
       Secara etimologis, ‘Geografi’ berasal dari bahasa Yunani, ‘geo’ yang berarti bumi dan ‘graphein’ yang bemakna tulisan atau lukisan. Jadi, Geografi adalah ilmu yang melukiskan keadaan bumi. Kata ‘melukiskan’ mempunyai makna mendalam serta mencakup unsur-unsur menggambarkan dan menerangkan fenomena (alam dan manusia) sehingga dapat memperoleh suatu kesimpulan terhadap hubungan (interelasi, interaksi, dan interpendensi) antar fenomena tersebut.
Batasan tentang Geografi banyak dikemukakan oleh para ahli, di antaranya :
a) Hartshome (1960), menyatakan bahwa Geografi adalah ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterprestasikan karakter variabel dari suatu tempat dengan tempat lain di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.
b) Alexander (1963), menyatakan Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
c) Fielding (1974), menyatakan bahwa Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut.
d) Bintarto(1979) , mengemukakan bahwa Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menggambarkan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak yang khas dari unsur-unsur bumi dalam ruang waktu.
e) Cirrincione dan Ainsworth (1983), menyatakan bahwa Geografi adalah studi tentang tempat-tempat di bumi, tentang bagaimana kesamaan manusia dan tempat-tempat di bumi, dan juga bagaimana mereka berbeda, serta melihat bagaimana hubungan di antara mereka terjadi.

2. CABANG-CABANG GEOGRAFI

       Geografi dapat diklasifikasikan menjadi tiga cabang, yaitu physical geography (geografi fisik), human geography (geografi manusia), dan regional geography (geografi regional). Lebih lanjut dapat diuraikan sebagai berikut :
1) Physical geography (geografi fisik), mempelajari gejala fisik permukaan bumi yang meliputi tanah, air, udara, dengan segala prosesnya.
2) Human geography (geografi manusia), mempelajari aspek keruangan, gejala di permukaan bumi dengan manusia sebagai obyek pokok. Termasuk di dalamnya adalah aspek kependudukan dan kegiatan manusia, yaitu kegiatan ekonomi, politik, sosial, serta budaya.
Geografi manusia dibagi lagi menjadi beberapa cabang sebagai berikut.
       • Population geography (geografi penduduk), obyek studinya adalah aspek keruangan dari penduduk yang meliputi persebaran, kepadatan, sex ratio (perbandingan jenis kelamin), dan perbandingan manusia dengan luas tanah.
       • Economic geography (geografi ekonomi), obyek studinya adalah struktur keruangan serta aktivitas ekonomi manusia, termasuk pertanian, industri, perdagangan, transportasi, dan komunikasi. Geografi ekonomi dapat dibagi menjadi geografi pertanian, geografi industri, geografi perdagangan, juga geografi transportasi dan komunikasi.
       • Political geography (geografi politik), obyek studinya adalah aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional pemerintahan atau kenegaraan di permukaan bumi.
       • Settlement geography (geografi pemukiman), obyek studinya mengenai perkembangan permukiman di suatu wilayah di permukaan bumi, bentuk pola pemukiman, serta faktor-faktor geografis yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman. Cabang geografi ini erat sekali hubungannya dengan sejarah dan perekonomian suatu wilayah.
       • Social geography (geografi sosial), obyek studinya adalah ciri-ciri khas penduduk, organisasi sosial, unsur kebudayaan, dan kemasyarakatan dalam ruang (tempat) tertentu.
3) Regional geography (geografi regional), merupakan ilmu yang menjelaskan hubungan manusia dengan lingkungannya di suatu wilayah. Geografi regional mempelajari berbagai persebaran manusia pada wilayah tertentu, baik lokal maupun benua.

Contoh Soal Pengertian dan Cabang-Cabang Geografi

Pertanyaan yang tidak menggambarkan keragaman lingkungan dan isinya adalah ….
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Lingkungan alam
2) Proses-proses dalam lingkungan alam
3) Interaksi sosial
4) Konflik sosial
Contoh kajian Geografi adalah ….
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menggambarkan, menerangkan sifat-sifat bumi. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
Hartshome menyatakan bahwa Geografi berusaha menguraikan dan menginterpretasikan ….
Ilmuwan yang menyatakan bahwa Geografi adalah studi tentang tempat-tempat di bumi ialah ….
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Geografi fisik
2) Antropologi
3) Geografi manusia
4) Sosiologi
Cabang dari Geografi ialah ….
Salah satu contoh dari geografi fisik ialah ….
Geografi manusia dibagi menjadi beberapa cabang, kecuali ….
Kajian dalam geografi sosial adalah ….
Ilmu yang menjelaskan hubungan manusia dengan lingkungannya di suatu wilayah disebut ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel