Contoh Soal Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Arif

Contoh Soal Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Arif Penggunaan sumber daya alam di Indonesia telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 33 yang menetapkan agar sumber daya alam dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Kemakmuran yang dimaksud ditujukan bukan hanya pada generasi sekarang namun juga untuk generasi yang akan datang. Karenanya pemerintah memberikan rambu-rambu yang harus dipatuhi ketika melakukan eksploitasi ataupun pemanfaatan sumber daya alam untuk menjamin kelestarian sumber daya alam untuk generasi berikutnya. 
       Melihat perkembangan yang ada sampai saat ini dapat disimpulkan bahwa kondisi sumber daya alam di Indonesia berada pada tahap yang mengkhawatirkan. Tingginya populasi dan pertumbuhan penduduk yang tinggi diyakini sebagai salah satu penyebab tidak digunakannya sumber daya alam secara bijaksana. Dengan angka pertumbuhan yang tinggi maka kebutuhan manusia juga akan semakin banyak. Hal inilah yang mengakibatkan eksploitasi terhadap sumber daya alam secara berlebihan untuk mencari bahan dasar yang dapat diolah untuk keperluan-keperluan mahluk hidup. Beberapa dampak eksploitasi yang berlebihan yang dilakukan terhadap sumber daya alam adalah terjadinya banjir, pencemaran lingkungan, serta kepunahan flora dan fauna.
       Untuk menjaga kelestarian sumber daya alam, maka harus dilakukan beberapa tindakan penjagaan seperti:
1. Menjaga Hutan
       Hutan memiliki fungsi sebagai penyeimbang oksigen di dalam udara melalui tumbuh-tumbuhan yang terdapat di dalamnya. Selain itu, hutan juga menyimpan berbagai macam keragaman hayati. Namun dewasa ini eksploitasi hutan dilakukan berlangsung dengan cara yang salah sehingga fungsi hutan terhadap kehidupan pun semakin berkurang. Beberapa langkah penjagaan kelestarian hutan yang dapat dilakukan antara lain:
a. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali untuk menanggulangi penebangan hutan liar yang mengganggu fungsi utama hutan dan merusak ekosistem flora dan fauna yang terdapat di dalamnya.
b. Menjaga produktivitas hutan yang ada karena hutan dapat berfungsi sebagai pengikat air dalam tanah yang mencegah air hujan untuk turun langsung ke daerah yang lebih rendah dan menimbulkan banjir.
2. Pengelolaan Sektor Pertanian dan Perikanan
       Sebagai negara berkembang dengan orientasi sebagai negara agraris, maka Indonesia membutuhkan daya dukung lahan yang baik. Umumnya pembukaan lahan yang dilakukan selama ini berlangsung dengan langkah yang kurang baik sehingga menurunkan produktivitas lahan yang ada. Penurunan produktivitas ini antara lain karena penggunaan pestisida kimia yang tidak terkontrol, penggunaan pupuk anorganik yang tidak terkontrol sehingga mempengaruhi kesuburan tanah, dan lain sebagainya.
3. Penertiban Izin Industri
       Perkembangan teknologi dan industri dimaksudkan untuk mempermudah manusia dalam melakukan hal-hal spesifik. Salah satunya adalah teknologi pengolahan lahan, namun dalam aplikasi yang dilakukan harus dipertimbangkan juga gangguan yang diakibatkan pada keseimbangan lingkungan ketika menggunakan sebuah teknologi. Tidak ketatnya regulasi industri yang berlaku turut juga mempengaruhi pemanfaatan sumber daya alam. Industri yang didirikan umumnya mengabaikan tahapan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) ketika mengajukan izin yang mereka miliki.
       Tahapan AMDAL ini umumnya akan mencatat dampak sebuah industri yang akan didirikan kepada kelestarian sumber air, udara, dan tanah disekitar lingkungan industri. Secara umum, pengelolaan sumber daya alam haruslah mempertimbangkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
● Memperhatikan kelestarian lingkungan.
● Meningkatkan nilai sumber daya alam.
● Menghargai keanekaragaman hayati.
● Menerapkan AMDAL dalam sebuah lingkungan.

Contoh Soal Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Arif

Aturan dasar dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia adalah ….
Pemanfaatan sumber daya alam dikenal juga dengan istilah ….
Beroperasinya industri dengan kapasitas produksi tinggi untuk memenuhi kebutuhan manusia disebabkan oleh ….
Dilakukannya pembukaan lahan besar-besaran untuk keperluan industri akan membawa dampak negatif kepada lingkungan berupa hal-hal berikut, kecuali ….
Salah satu fungsi utama hutan pada kehidupan manusia adalah ….
Kecenderungan perusakan lingkungan hidup ketika membuka perkebunan untuk tanaman keras adalah sebagai berikut ….
Proses penanaman kembali hutan untuk menggantikan tumbuhan yang rusak disebut dengan ….
Indonesia adalah salah satu negara yang mengandalkan hasil pertanian sebagai komoditi utamanya. Negara ini disebut dengan negara ….
Syarat lingkungan hidup yang harus dipenuhi sebelum mengajukan izin perindustrian adalah ….
Pembuangan limbah secara sembarangan oleh sebuah industri dapat mengakibatkan pencemaran. Bila limbah dibuang langsung ke sungai maka akan berdampak langsung kepada ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel