Contoh Soal Interpretasi Teks Diskusi

Contoh Soal Interpretasi Teks Diskusi Pada materi sebelumnya kalian sudah mempelajari kohesi gramatikal dan leksikal sebagai cara untuk memadukan kalimat. Pada pembelajaran kali ini kalian akan belajar untuk menginterpretasikan teks diskusi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menginterpretasi adalah menafsirkan, memberikan kesan atau pendapat. Dengan demikian, interpretasi teks diskusi adalah menafsirkan dan memberikan kesan atau pendapat teks diskusi, baik dari segi isi, maupun makna yang terkandung di dalamnya. 
      Untuk dapat menafsirkan atau menginterpretasikan teks diskusi, tentunya kalian membutuhkan perangkatnya. Perangkat untuk menginterpretasikan teks diskusi pada dasarnya sudah pernah kalian pelajari pada materi-materi sebelumnya. Namun, ada baiknya, kita mereview materi tersebut. 
      Perangkat untuk memahami isi dan makna teks diskusi antara lain adalah sebagai berikut.
1. Struktur teks diskusi yang meliputi isu, argumentasi yang terdiri atas argumen mendukung dan argumen menentang, dan simpulan.
Isu:

Saat ini perkembangan pertelevisian di Indonesia sudah berkembang pesat. Hampir 
semua televisi menayangkan berbagai acara yang menarik. Namun sangat disayangkan, beberapa stasiun televisi tidak memperhatikan kualitas acara dan efek yang ditayangkan. Misalnya saja sinetron, hampir sebagian sinetron menayangkan cerita-cerita remaja yang menampilkan adegan kekerasan, sikap konsumtif, dan jauh dari ajaran moral. Tayangan sinetron itu lebih mementingkan kepentingan pasar dibanding ajaran moral.
Argumen mendukung:
Banyaknya stasiun televisi justru lebih baik. Karena dengan demikian, acara yang 
ditayangkan emnjadi lebih variatif. Demikian juga dengan tayangan sinetron remaja, tayangan itu sudah sangat mewakili kehidupan remaja saat ini. Tidak ada yang salah dalam cerita sinetron ini. Lagi pula remaja sudah paham sekali bagaimana mereka harus bertindak.
Argumen menentang

Tayangan sinetron remaja harus segera mendapatkan perhatian dari semua pihak. 
      Tayangan itu saat ini sudah memprihatinkan dari sisi cerita dan efek. Coba kita perhatikan tayangan pada pukul 18.00, ada beberapa sinetron yang justru menampilkan kekerasan dengan saling berkelahi antar geng, kemudian membully teman sekelas. Belum lagi kisah-kisah yang menayangkan hidup konsumtif. Bahkan, ada pula sinetron yang menayangkan cerita tentang gadis-gadis ABG yang tergila-gila mengejar pujaan hatinya dengan menghalalkan segala cara. Kisah-kisah ini tentu saja tidak mendidik. Cobalah tayangkan cerita-cerita yang justru membangun motivasi untuk maju dan ajaran-ajaran moral positif. Dengan demikian, kita ikut serta dalam membangun karakter remaja saat ini. 
Simpulan : 

Pihak stasiun televisi bekerja sama dengan pemerintah, dan lembaga-lembaga 
penyiaran terkait untuk dapat memnyuguhkan acara-acara yang bermanfaat bagi perkembangan moral para remaja. Selain itu, pemerintah, beserta lembaga-lembaga terkait ikut mengawasi tayangan-tayangan stasiun televisi itu sehingga acara-acara yang ditayangkan bisa dikontrol secara bersama-sama. 
2. Unsur-unsur kebahasaan teks diskusi.
• Penggunaan konjungsi perlawanan.
Konjungsi perlawanan adalah konjungsi atau kata sambung yang berfungsi untuk menyangkal kalimat sebelumnya, seperti tetapi, namun, akan tetapi. Contohnya adalah sebagai berikut.
Para orang tua menginginkan tayangan televisi yang mendidik. Akan tetapi, pada kenyataannya beberapa stasiun televisi masih menayangkan sinetron-sinetron yang kurang mendidik.
• Penggunaan kohesi leksikal dan kohesi grmatikal
Kohesi leksikal adalah kepaduan kalimat dalam sebua teks dengan menggunakan pengulangan kata, sinonim, antonim, dan hiponim. Sedangkan kohesi gramatikal adalah kepaduan kalimat yang dicapai dengan menggunakan aturan gramatikal, seperti ellipsis, rujukan, dan substitusi.
Perhatikan contoh teks di bawah ini!
Usia remaja adalah usia yang ingin mengenal jati dirinya. Siapakah aku? Itulah yang ingin diketahui oleh para remaja. Namun, tidak mudah untuk menjawab pertanyaan itu. Terkadang remaja salah memahaminya dengan cara melakukan hal-hal yang negatif. Bahkan, terkadang mereka bisa sampai salah jalan sehingga menghancurkan masa depan mereka sendiri. 
      Teks di atas menggunakan kohesi leksikal dengan mengulang kata remaja. Selain itu, teks tersebut juga menggunakan teks gramatikal dengan menggunakan kata rujukan itulahitu, dan nya yang mengacu pada frase Siapakah aku? Kemudian teks ini juga menggunakan kohesi gramatikal berupa subtitusi, yakni pada kata mereka untuk menggantikan kata remaja.
• Penggunaan modalitas.
Modalitas adalah kata-kata yang memiliki makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Modalitas ini juga dapat berfungsi untuk mengungkapkan sikap seseorang dalam berkomunikasi terhadap sebuah permasalahan. Beberapa contoh kata modalitas adalah harus, akan, ingin, mungkin, dapat. Contohnya seperti di bawah ini.
Para orang tua yang memiliki anak usia remaja harus mampu berkomunikasi dengan anak. 
Mereka setidaknya dapat memahami keinginan dan gejolak yang terdapat di dalam hati si anak.

Poin Penting

Menginterpretasikan teks dikusi adalah menafsirkan dan memberikan kesan atau pendapat teks diskusi, baik dari segi isi, maupun makna yang terkandung di dalamnya. Menginterpretasikan teks diskusi menggunakan perangkat pendukung. Perangkat pendukungnya adalah sebagai berikut.
1. Struktur teks diskusi
2. Penggunaan konjungsi perlawanan
3. Penggunaan kohesi leksikal dan gramatikal
4. Penggunaan modalitas

Contoh Soal Interpretasi Teks Diskusi

Bullying seringkali terjadi di kalangan pelajar SMP. Mereka yang biasanya menjadi korban bullying adalah pelajar yang tidak memiliki percaya diri, dan menarik diri dari lingkungan pergaulan. Selain itu, mereka yang menjadi korban bullying adalah pelajar yang tampak lemah dan mudah mengalah kepada teman-temannya. 
Jika diinterpretasikan, teks tersebut mengangkat isu tentang .…
Saat ini remaja Indonesia kurang mengenal budaya Nusantara. Mereka lebih akrab dengan budaya Korea. Bahkan, saat ini para remaja Indonesia sedang “demam budaya Korea”. Berbagai judul film, drama, dan musik Korea sudah diputar di televisi. Bahkan bukan itu saja, fashion dan makanan asal Korea diminati pula oleh remaja Indoensia. Seolah Korea memiliki daya tarik tersendiri bagi remaja Indonesia. 
Berdasarkan teks di atas, dapat dinterpretasikan bahwa penulis berpihak kepada .…
Meraih nilai tinggi pada Ujian Nasional (UN) memang tidaklah mudah. Perlu kerja keras, semangat, tekad, dan pantang menyerah untuk mencapainya. Banyak godaaan untuk melaksanakan hal tersebut. Namun, hanya yang bermental bajalah yang dapat menang. Seleksi alam nantinya yang akan membuktikan.
Pernyataan teks di atas mengungkapkan makna bahwa .…
Teknologi internet sudah mendunia. Masyarakat Indonesia pun sudah familiar dengan teknologi ini. Teknologi ini tidak hanya digunakan untuk mencari informasi dan berkomunikasi, tetapi juga berjualan. Saat ini, berjualan menggunakan internet sudah semakin banyak digunakan orang. Para penjual di toko online-nya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa tempat. Bahkan, ia bisa berjualan sambil melakukan berbagai aktivitas. Pelanggan pun dimudahkan dengan toko online ini. Ia tidak perlu repot mengunjungi toko. Namun, hanya tinggal meng-klik barang yang dipilihnya, barang pun segera dikirim.
Teks di atas mengandung makna .…
Di bawah ini yang merupakan teks yang menyatakan setuju dengan penggunaan internet di kalangan remaja adalah .…
Di bawah ini teks yang menyatakan tidak setuju dengan penggunaan ponsel canggih di kalangan remaja adalah .…
(1)Siswa SMP tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor di mana pun. (2)Pihak sekolah pun sudah mengeluarkan aturan terhadap hal ini. (3)Bahkan, pihak kepolisian pun melarang keras. (4)Karena dikhawatirkan pada usai tersebut belum dapat mengontrol emosinya dalam berkendaraan. (5)Akan tetapi, sampai saat ini banyak siswa yang menggunakan kendaraan itu sebagai alat transportasinya. (6)Mereka tanpa takut membawa kendaraan tersebut dengan mengebut. 
Berdasarkan teks di atas, kalimat yang menyatakan makna perlawanan terhadap peraturan sekolah dan kepolisian adalah .…
Banyak kasus bullying sudah terjadi. Hal ini sungguh sudah sangat memprihatinkan. Pihak sekolah dan pemerintah harus segera mengatasi masalah bullying ini. Karena bisa jadi kasus bullying di kalangan pelajar menjadi cikal bakal hancurnya generasi mendatang bangsa ini. 
Isi teks di atas merupakan pernyataan …
Di bawah ini yang menyatakan makna menyimpulkan dari berbagai argumen adalah .…
Isu atau masalah yang diangkat dari teks rekaman tersebut adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel