Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Fabel

Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks FabelTeks ulasan adalah teks yang berisi analisis atau tinjauan terhadap berbagai karya, seperti buku, novel, dan film. Tinjauan dan analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan atas karya tersebut yang ditujukankepada para pembaca atau penonton. Sedangkan teks fabel adalah teks yang mengisahkan tentang kehidupan binatang. Pemeran dalam cerita itu adalah para binatang. Para binatang ini berperan, seperti layaknya manusia. 
      Seperti telah disampaikan di atas, kedua jenis teks ini memiliki karakteristik struktur dan ciri-ciri kebahasaan yang berbeda. Struktur teks ulasan terdiri orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Lebih jelas, akan dijabarkan pada tabel di bawah ini.


      Selain struktur, teks ulasan juga memiliki karakteristik kebahasaan. Karakteristiknya adalah sebagai berikut. 
1. Menggunakan banyak kata sifat. Ciri dari kata sifat adalah bisa disisipi dengan kata sangat, cukup, dan tidak
2. Menggunakan kata rujukan partisipan. 
3. Menggunakan kalimat majemuk. 
4. Menggunakan majas metafora.
      Teks Fabel tentu berbeda dengan teks ulasan dalam hal struktur dan karakteristik kebahasaan. Lebih jelasnya lihatlah tabel struktur teks fabel. 


      Seperti halnya teks ulasan, teks fabel juga memiliki kekhasan dalam kebahasaannya. Karakteristik kebahasaan yang terdapat pada teks fabel adalah sebagai berikut.
1. Teks fabel menggunakan kata sandang, seperti si dan sang. 
2. Teks fabel menggunakan kata keterangan waktu dan tempat. 
3. Penggunaan kata hubung lalu, kemudian, dan akhirnya
4. Penggunaan kata kerja, baik kata kerja aktif transitif, maupun intransitif. 
      Kata kerja aktif transitif adalah kata kerja yang secara gramatikal subyeknya melakukan perbuatan dan memerlukan obyek. Lain halnya dengan kata kerja aktif intransitif. Kata kerja aktif intransitif adalah kata kerja yang subyeknya melakukan perbuatan, tapi tidak membutuhkan obyek. Berdasarkan penjabaran dari kedua jenis teks tersebut, dapat disimpulkan perbedaan dari kedua jenis teks tersebut adalah sebagai berikut.

Perbedaan teks fabel dan teks ulasan

  1. Perbedaan pada struktur. Meski kedua jenis teks ini sama-sama memiliki orientasi, namun berbeda dalam penggunaannya. Orientasi pada teks fabel merupakan awal cerita, sedangkan orientasi pada teks ulasan adalah informasi awal terhadap sebuah karya yang akan dianalisis.
  2. Perbedaan terletak pada ciri kebahasaannya. Perbedaan yang paling menonjol adalah dalam teks fabel penggunaan kata sandang.
  3. Pada teks fabel umumnya pesan moral disampaikan secara tersurat (tertulis pada teks) karena pembaca fabel adalah anak-anak sehingga pesan yang disampaikan diusahakan disampaikan secara jelas pada cerita. Pada teks ulasan, pesan yang disampaikan bukanlah pesan moral. Pesan itu berupa penilaian kelebihan atau kekurangan atas suatu karya. Penulis teks ulasan hanya menggiring pembaca untuk membeli, membaca buku atau novel, atau menonton film yang dianalisis.
  4. Teks fabel merupakan cerita narasi. Teks fabel hampir mirip dengan teks cerpen atau biografi. Di dalamnya terdapat unsur intrinsik cerita. Tidak demikian dengan teks ulasan. Teks ulasan berupa analisis yang disertai oleh pendapat pribadi dan didukung oleh fakta. Teks ulasan berisi analisis dari sebuah buku, novel, atau pun film, yang pada akhirnya berujung pada penilaian layak atau tidaknya ditonton atau dijadikan referensi bacaan.

Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Fabel



Pesan moral yang disampaikan dari kedua teks tersebut adalah .…
Jika ditinjau dari strukturnya, kedua teks ini memiliki kesamaan, yakni .…
Perbedaan dari kedua teks ini adalah .…
Kedua teks di atas memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan pesan kepada pembacanya. Cara yang digunakan adalah .…

Karakteristik kebahasaan yang membedakaan antara teks I (Fabel) dengan teks II (ulasan) adalah .…
Berikut adalah pernyataan yang benar mengenai teks di atas, kecuali .…
Perhatikan teks tersebut, perbedaan yang dominan dalam hal mengungkapkan cerita pada teks di atas adalah .…
Struktur masing-masing dari teks di atas adalah .…
Pesan yang disampaikan dari kedua teks tersebut adalah .…
Perbedaan yang dominan antara kedua teks di atas adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel