Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Prosedur

Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks ProsedurPada topik ini, kalian akan belajar untuk membandingkan teks ulasan dengan teks lain, yaitu teks prosedur. Kedua teks ini memiliki struktur dan ciri-ciri bahasa yang berbeda. Selain itu, pembahasan dalam kedua teks tersebut juga sudah sangat berbeda. Teks ulasan memaparkan tentang ulasan sebuah karya sastra. Adapun teks prosedur memaparkan tentang cara pembuatan sesuatu. Untuk lebih jelasnya, bacalah kedua teks berikut ini dengan saksama.

Teks Ulasan

Cerita Calon Arang


Teks Prosedur

Cara Membuat Pot Bunga dari Kaleng Bekas
Tidak semua barang bekas harus dibuang ke tempat sampah. Banyak barang bekas yang dapat dimanfaatkan kembali, seperti kaleng bekas. Kaleng bekas ini dapat diubah menjadi pot bunga yang unik dan cantik. Selain itu, kegiatan mengubah kaleng bekas menjadi pot bunga memiliki tujuan untuk mengurangi sampah, meningkatkan kreativitas, menghemat bahan dan materi, serta dapat memiliki nilai jual jika hasil pembuatan pot dari kaleng ini dipasarkan kepada masyarakat. 
Alat dan bahan dalam pembuatan pot bunga ini sangat sederhana, yaitu.

1. kaleng bekas cat/susu ukuran sedang

2. cat 

3. kuas lukis ukuran kecil dan sedang

4. spidol/pensil

5. amplas
Adapun langkah-langkah dalam pembuatan pot bunga dari kaleng bekas ini adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan kaleng bekas yang sudah dicuci dengan bersih. Jika banyak karat, coba gunakan amplas agar lebih halus.
  2. Catlah kaleng bekas tersebut dengan warna dasar. Cat seluruh permukaan kaleng.
  3. Setelah cat berwarna dasar itu kering, buatlah gambar atau motif yang menarik pada kaleng dengan menggunakan spidol/pensil.
  4. Gunakan cat dengan paduan warna yang menarik untuk mewarnai gambar atau motif pada kaleng bekas tersebut.
  5. Jemurlah yang sudah dicat dan dihias tersebut di bawah terik matahari selama 4 jam atau sampai kering. Setelah kering, jadilah pot unik dari kaleng bekas. Pot ini dapat menghiasi pekarangan dan ruangan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk tanaman. Pot dapat dihias sesuka hati dengan berbagai warna favorit yang menarik. Selain itu, penggunaan pot dari barang bekas ini sesuai untuk konsep rumah hijau yang memanfaatkan bahan daur ulang.
Setelah membaca kedua teks tersebut, apakah kalian dapat melihat perbedaan dari kedua teks itu?

      Teks 1 merupakan teks ulasan dan Teks 2 merupakan teks prosedur. Saat membaca keseluruhan isi teks, kalian dapat melihat bahwa isi kedua teks tersebut sangat berbeda. Teks 1 memiliki fungsi sosial untuk memberikan respons terhadap karya sastra yang telah dibaca/ditonton/dipertunjukkan dengan memberikan deskripsi dan komentar. Adapun Teks 2 memiliki fungsi sosial untuk menjelaskan tentang pembuatan sesuatu dengan melakukan langkah-langkah yang berurutan.
      Jika fungsi sosial teks tersebut berbeda, begitu pula dengan strukturnya. Teks 1 memiliki struktur seperti orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman sedangkan Teks 2 memiliki struktur tujuan dan langkah-langkah. Selain itu, ciri-ciri bahasa yang dimiliki kedua teks pun berbeda.

Contoh Soal Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Prosedur

Berikut ini pernyataan yang sesuai untuk kedua teks tersebut, kecuali ....
Pernyataan yang sesuai untuk kedua teks tersebut adalah ...
Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
Novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari atau yang dikenal dengan Dee ini sangatlah menarik. Cerita dalam novel ini mengulas tema dan konflik persahabatan. Gaya bahasa yang lugas dan ringan membuat pembaca mudah memahami isi cerita. Selain itu, kehidupan cinta, mimpi, dan keluarga menjadi bagian yang membuat novel ini semakin menarik. Jadi, Perahu Kertas bukan hanya inspiratif tetapi juga edukatif. 
Teks tersebut memaparkan tentang ....
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Pernyataan yang benar untuk kedua teks tersebut adalah ....
Ternyata, buku ini dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Dengan demikian, buku ini wajib untuk dibaca oleh setiap kalangan. Buku yang membuka rahasia sejarah Indonesia ini mampu memberikan sudut pandang baru bagi perjalanan bangsa Indonesia. Buku ini menjadi saksi tentang kemajuan dan kemunduran negeri ini.
Kutipan di atas termasuk ke dalam ....
Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa yang indah. Keindahan tersebut dilihat dari diksi yang dipilih oleh penulis dalam mendeskripsikan tokoh, tempat, dan berbagai metafora yang berhubungan dengan cerita. Hal ini menunjukkan bahwa pengarang sangat pintar dalam mengolah kata dan menyampaikan tema cerita yang sederhana dengan penuh perasaan. Selain itu, gaya penceritaan yang mengalir membuat pembaca akan mudah terhanyut ke dalam alunan cerita. 
Teks tersebut termasuk ke dalam bagian ....
Novel Perang yang ditulis oleh Putu Wijaya menceritakan kisah yang menarik, yaitu Perang Baratayuda. Novel yang diterbitkan pada tahun 1990 ini mampu menyajikan cerita yang kompleks ke dalam bentuk cerita yang lucu sehingga menggundang tawa, tidak kaku, dan tidak membosankamn. Putu Wijaya mengarahkan cerita pada segi-segi kehidupan manusia yang penuh dengan masalah termasuk kritik sosial terhadap kehidupan bernegara dan peperangan yang terjadi antarmanusia. 
Pernyataan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
Teks 1
Bahan-bahan dalam membuat pas foto unik adalah dengan menyiapkan karton atau kardus bekas, lem, gunting, dan pita berwarna.
Teks 2
Dengan demikian, buku ini cocok untuk dibaca oleh anak-anak karena ceritanya sederhana, mudah dipahami, dan mengangkat tema dunia anak. Cerita dalam buku ini dapat membantu daya kreativitas anak. Selain itu, banyak motivasi yang bermanfaat bagi anak tentang mimpi dan harapan.
Perbedaan dari kedua teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel