Contoh Soal Menulis Paragraf Argumentasi

Contoh Soal Menulis Paragraf Argumentasi
Nyam…nyam…gambar-gambar di atas tampak menggiurkan, bukan? Jika harus memilih salah satu, makanan apa yang kamu pilih untuk sarapan? Apakah buah-buahan, nasi goreng, atau roti? Tanyakan juga teman-temanmu. Lalu, buatlah alasan mengapa kalian dan teman-teman kalian memilih makanan tersebut.
      Setiap orang, termasuk kamu, pasti memiliki alasan saat memilih salah satu makanan di atas untuk makan sarapan. Kamu juga pasti memiliki alasan mengapa tidak memilih makanan yang lain. Boleh jadi, alasannya adalah rasa, kandungan nutrisi, atau sekadar kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi, setiap orang pasti bisa menjelaskan alasan masing-masing.
      Alasan itulah yang disebut dengan argumen atau argumentasi. Argumentasi adalah gagasan yang dikemukakan untuk menyatakan suatu pendapat. Berangkat dari hal sederhana di atas, kamu bisa berlatih berargumentasi untuk menyatakan pendapat tentang apapun. Jika dituangkan ke dalam sebuah paragraf, maka paragraf tersebut dinamakan dengan paragraf argumentasi.
      Paragraf argumentasi adalah alinea yang mengungkapkan gagasan atau ide yang didukung oleh fakta-fakta dan data-data yang akurat. Fakta dan data yang digunakan bertujuan untuk memperkuat pendapat penulis sehingga dapat meyakinkan pembaca. Fakta dan data yang dapat digunakan dalam sebuah paragraf argumentasi terdiri atas:
1. Sumber tertulis, yaitu berupa bahan bacaan, seperti: hasil penelitian, buku, buku elektronik (e-book), koran, majalah, buletin, dan sumber-sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan;
2. Wawancara dengan tokoh-tokoh yang dianggap kompeten di bidangnya;
3. Gambar, diagram, tabel, atau grafik yang menjelaskan isi tulisan;
4. Angket, survei, dan instrumen penelitian lainnya.
      Adapun ciri-ciri paragraf argumentasi adalah sebagai berikut.
1. Bersifat objektif, yaitu berdasarkan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi perasan pribadi penulis;
2. Mengumpulkan fakta untuk mempengaruhi pembaca agar yakin dengan kebenaran yang dikemukakan penulis;
3. Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas agar menghindari perbedaan penafsiran pembaca.
      Setelah memahami ciri-ciri paragraf argumentasi, kini kamu dapat memulai menulis sebuah paragraf argumentasi. 

Ada dua pola pengembangan paragraf argumentasi yang biasa digunakan, yaitu sebagai berikut.
1. Pola hubungan sebab-akibat, yaitu pengembangan paragraf dengan menjelaskan fakta-fakta yang menjadi sebab dan menarik simpulan sebagai akibat dari fakta-fakta yang telah dipaparkan tersebut. 
Contoh:
Kebahagiaan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Hal tersebut yang melandasi dilakukannya survei terhadap indeks kebahagiaan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Ada beberapa indikator yang diukur oleh BPS, di antaranya kepuasaan terhadap pekerjaan, pendapatan, kondisi rumah, pendidikan, kesehatan, dan keharmonisan keluarga. Berdasarkan komponen tersebut diperoleh bahwa indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia mencapai 65,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata hidup dengan bahagia.
2. Pola hubungan akibat-sebab, yaitu pengembangan paragraf dengan menjelaskan fakta umum sebagai sebuah simpulan dan menjelaskan fakta tersebut menjadi beberapa fakta khusus yang merupakan sebab dari fakta umum yang telah dipaparkan tersebut. 
Contoh:
      Pemicu utama bencana banjir adalah faktor perilaku manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya bencana banjir yang disebabkan tersumbatnya aliran sungai akibat membendungnya sampah. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat pada Januari 2015, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah, terutama masyarakat yang hidup di area sungai atau kali. Misalnya, banjir yang terjadi di bantaran sungai Citarum acapkali disebabkan aliran air yang terhambat gunungan sampah.



Contoh Soal Menulis Paragraf Argumentasi

Merokok adalah kebiasan buruk bagi kesehatan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia. Dokter Prijo Sidipratomo, Sp.Rad(K). yang merupakan Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau mengatakan bahwa rokok mengandung nikotin yang merupakan zat adiktif. 
      Dampak rokok memang tidak dapat langsung dirasakan tetapi akan muncul bertahun-tahun kemudian. Merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan serangan jantung. Biaya untuk pengobatan jantung ini luar biasa mahalnya. Menurut Prijo, lebih baik mencegah sehingga kita tidak perlu mengeluarkan ongkos yang mahal untuk pengobatan nantinya. Ongkos itu bisa kita alihkan untuk keperluan lainnya.
Fakta pada paragraf argumentasi di atas diperoleh dari ….
Perhatikan paragraf-paragraf berikut ini!
(1) Tak lama setelah Adit pergi, tiba-tiba Reno muncul. Tanpa banyak basa-basi, dia langsung meminta Dita untuk segera bergegas. Dita langsung membereskan semua barangnya. “Ayo, sebelum lelaki itu tiba, kita harus sudah pergi,” ujar Reno sambil berdiri di ujung pintu seperti berjaga-jaga. Dita tak mau banyak bicara meski dia tahu lelaki yang dimaksud Reno, Adit, baru saja menghampirinya beberapa menit sebelum Reno datang.
(2) Gerakan Indonesia Menabung yang digagas oleh pemerintah bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk gemar menabung. Selain itu, diharapkan masyarakat terbiasa memanfaatkan lembaga penyimpanan uang seperti bank. Maka dari itu, pemerintah bekerja sama dengan semua bank untuk membuat sebuah tabungan bernama Tabunganku. Bang bing bung, yo kita menabung!
(3) Aku tinggal di kamar paling ujung, bersebelahan langsung ruang yang selalu dijaga oleh Mak Cik Putri. Kamar itu berukuran sempit, hanya 3x3 meter. Pintunya terbuat dari kayu jati yang masih kokoh dan tak lekang dimakan usia. Di seluruh dindingnya banyak lukisan yang bermacam-macam bentuknya. Hanya satu lukisan yang paling mencuri perhatianku, yaitu lukisan bocah yang sedang menatap tajam ke seluruh penjuru.
(4) Salah satu masalah yang menimbulkan tidak meratanya perekonomian adalah urbanisasi yang semakin tinggi. Orang-orang yang berada di daerah-daerah, terutama dari luar Pulau Jawa, masih menaruh harapan bahwa kehidupan akan lebih baik di perkotaan. Hal tersebut tidak berlebihan jika kita melihat data hasil survei Dirjen Pengembangan Wilayah Industri Kemenperin pada 2013 lalu yang menyebutkan 75% dari kawasan Industri di Indonesia terletak di Pulau Jawa.
(5) Bau sepatu seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang. Bau tidak sedap tersebut bisa jadi disebabkan keringat pada kaki, kaus kaki yang sudah kotor, atau sepatu yang dibiarkan lembab. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah sederhana yang sangat efektif. Sediakan kertas koran bekas lalu bentuk menjadi sebuah gulungan. Masukkan gulungan tersebut ke dalam sepatu. Diamkan sampai sepatu tersebut digunakan kembali. Silakan coba, dijamin bau sepatu akan hilang!
Alinea yang termasuk paragraf argumentasi adalah ….
Balikpapan kembali meraih penghargaan kelas dunia untuk kedua kali. Sebelumnya, Balikpapan pernah dinobatkan sebagai kota terbersih kedua di Asia Tenggara setelah Kota Phitsanulok, Thailand. Tahun ini, Balikpapan dinobatkan sebagai “Kota Paling Dicintai Dunia” versi WWF. Kota yang terkenal dengan julukan Banua Patra atau Kota Minyak ini mengungguli 43 kota lainnya di dunia, bahkan mengalahkan Paris sekalipun. 
      Penghargaan The World’s Most Lovable City ini diberikan oleh WWF kepada Balikpapan dalam Kongres Lingkungan Hidup di Seoul, Korea Selatan. Menurut Wakil Walikota Heru Bambang, keberhasilan ini disebabkan masyarakat Balikpapan aktif menjaga kondisi kota tetap kondusif. Pemerintah kota juga konsisten dan fokus pada pengadaan fasilitas umum dan pelayanan masyarakat. Heru meminta masyarakat untuk tidak terbuai dengan prestasi ini. Masyarakat diminta untuk bersiap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015 nanti.
Fakta pada paragraf argumentatif di atas adalah sebagai berikut, kecuali ….
Perhatikan beberapa paragraf berikut ini!
(1) Pola asuh orang tua terhadap anak akan mempengaruhi perilaku anak di kemudian hari. Anak akan berkembang sesuai pengalaman yang mereka terima sejak mereka lahir hingga tumbuh dewasa. Menurut Sulistinawat, seorang psikolog di Yayasan Anak Bunda, anak-anak tumbuh dengan meniru-niru perilaku orang sekelilingnya, termasuk orang tua. Maka, pola asuh orang tua akan menentukan cara anak tersebut berperilaku saat dewasa.
(2) Menulis memang bukan pekerjaan yang sulit karena hampir setiap orang terbiasa menulis sejak kecil. Hanya saja, saat menulis lebih dari sekadar coretan, seseorang berlatih terus menerus. Contohnya, jika menulis ingin dijadikan pekerjaan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh kita. Sebagaimana dijelaskan Bambang Trimadya dalam bukunya Sukses dengan Menulis, menulis sebagai sebuah profesi menuntut kita untuk mau belajar dan terus belajar. 
(3) Bioteknologi dipercaya sebagai solusi untuk melipatgandakan produksi pangan. Namun, sejumlah peneliti di Universitas Ilmu Pertanian Swedia memiliki data lain. Setelah dilakukan riset terhadap sejumlah responden mengenai respons mereka terhadap produk bioteknologi, terdapat kecenderungan negatif. Responden tidak bereaksi positif terhadap manfaat bioteknologi dalam pangan dan lebih menimbang-nimbang risiko yang timbul.
(4) Mitos adalah hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Banyak mitos beredar di lingkungan sekitar kita, misalnya tidak boleh duduk di depan pintu yang terbuka. Menurut mitos, hal tersebut akan membuat orang duduk sulit mendapatkan jodoh. Padahal, tidak kaitan antara mendapatkan jodoh dengan tempat duduk. Hal tersebut jelas memperlihatkan bahwa mitos tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(5) Selama ini, kita hanya mengenal bahwa sumber vitamin C hanyalah jeruk. Padahal, masih banyak buah yang mengandung vitamin C, bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Buah-buahan tersebut antara lain jambu biji dan kiwi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan LIPI, kedua buah tersebut memiliki kandungan vitamin hampir dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Namun demikian, semua buah tersebut tentu bermanfaat bagi tubuh, seperti menangkal radikal bebas dan melawan kanker.
Paragraf argumentasi yang didukung data berupa survei adalah ….
Jumlah penderita stroke semakin hari semakin meningkat. Saat ini, stroke masih menjadi penyebab tertinggi kematian di Indonesia. Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian syaraf di otak sehingga fungsi-fungsi otak hilang dengan cepat. Gaya hidup masyarakat yang tidak sehat merupakan penyebab utama stroke. Kebiasaan buruk seperti merokok, menyantap junk food, dan kurang berolahraga memicu terjadinya stroke lebih cepat.
Data yang mendukung paragraf tersebut adalah ….
(1) Saat ini, tren masuk Sekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat. Hal tersebut patut diapresiasi positif. Banyak orang yang semakin menyadari bahwa siswa harus mendapatkan pendidikan sesuai dengan bakat dan minatnya. Lulusan SMP yang tidak memiliki potensi untuk mendalami jalur akademis memang sebaiknya memilih SMK. Apalagi beberapa siswa yang telah menunjukkan minat yang tinggi terhadap jalur profesi semasa SMP.
(2) Setelah Konferensi Asia Afrika usai, terdapat beberapa masalah. Fasilitas umum yang telah disiapkan sebelumnya mengalami kerusakan. Sampah pun bertebaran di mana-mana. Beberapa ornamen yang sengaja dibuat untuk mempercantik sudut-sudut jalan pun hancur oleh oknum tidak bertanggung jawab. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga fasilitas publik masih rendah.
(3) Cara bertani konvensional dianggap sudah ketinggalan zaman. Produktivitasnya tidak dapat ditentukan. Kualitas pangan yang dihasilkan pun tidak selalu dapat dijamin baik. Akibatnya, kebutuhan pangan nasional tidak dapat terus bergantung pada pertanian dengan cara konvensional. Oleh karena itu, perlu dikembangkan metode pertanian terbaru seperti bioteknologi.
(4) Saat ini, kawasan industri terpusat di kota-kota besar seperti kawasan Jabodetabek. Masayarakt pun semakin gencar mencari peluang kerja di kawasan-kawasan yang jadi sumber ekonomi tersebut. Akibatnya, daerah-daerah ditinggalkan dan tidak ada aktivitas produktif. Oleh karena itu, sudah saatnya dilakukan pemerataan kawasan industri agar laju ekonomi pun merata.
(5) Berdasarkan data lembaga survei Yayasan Peduli Anak, 89% anak korban kekerasan akan mengalami trauma berkepanjangan. Sebagian lainnya mengalami trauma dan mudah diatasi dengan penangan sederhana. Kekerasan yang menimpa anak seringkali berupa pelecehan seksual, kekerasan fisik dan verbal (bullying), dan eksploitasi tenaga anak. Hal tersebut yang mendasari dibentuk Sekolah Harapan, yaitu sekolah khusus anak-anak yang pernah menjadi korban kekerasan.
Paragraf argumentasi dengan pola pengembangan akibat-sebab yang tepat adalah ….
Perhatikan paragraf berikut ini!
(1) Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat masalah besar dalam dunia remaja kita yang harus segara dicarikan jalan keluarnya.
(2) Pelakunya tidak dapat dianggap sebagai anak nakal dengan perilaku yang sulit dikendalikan, melainkan sudah masuk ranah kriminal. 
(3) Tawuran antarpelajar bukanlah tindak kenakalan remaja biasa.
(4) Data Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan, sebanyak 20 pelajar tewas pada 2013 akibat tawuran. 
(5) Hingga saat ini, tawuran kian menjadi gejala kriminal yang mengkhawatirkan.
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf argumentasi yang baik adalah ….
Perhatikan paragraf argumentasi berikut ini!
(1) Alergi yang dihasilkan biasanya berupa dermatitis atopic, colitis ulserativas, atau kaligata.
(2) Sebuah riset terbaru menyebutkan bahwa konsumsi protein secara berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi. 
(3) Protein adalah salah satu nutrisi yang baik bagi tubuh namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan.
(4) Protein yang belum diuraikan menjadi nutrisi akan memasuki peredaran darah melalui dinding usus sebagai zat yang tidak dikenal. 
(5) Zat yang tidak dikenal itulah yang menyebabkan munculnya alergi.
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi sebuah paragraf argumentasi yang baik adalah ....
(1) Apresiasi masyarakat terhadap karya sastra masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya penjualan karya-karya sastra, seperti novel atau antologi puisi. Berdasarkan survei yang dilakukan Yayasan Budaya Bersama, karya sastra masih banyak dinikmati oleh kalangan terbatas, seperti mahasiswa dan pengajar sastra.
(2) Makanan ringan dengan rasa pedas ternyata masih diminati oleh masyarakat. Tren ini masih dilirik oleh banyak kalangan pebisnis kuliner. Berdasarkan riset kecil yang dilakukan Komunitas Wirausaha Muda Bandung (KWMB), masyarakat cenderung tidak memiliki rasa bosan terhadap makanan yang pedas. Riset dilakukan dengan melibatkan 500 responden dari dua kelompok usia, yaitu 13-30 dan di atas 30 tahun.
(3) Isu lingkungan masih menjadi perbincangan hangat di kancah internasional. Hampir semua negara sepakat untuk mencari solusi bersama mengatasi pemanasan global. Dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB yang diselenggarakan pada 2007 dihasilkan beberapa kesepakatan yang disebut dengan Bali Road Map. Bali Road Map terdiri atas beberapa poin yang bertujuan untuk menyelamatkan bumi dari dampak perubahan iklim.
(4) Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Demikian jargon yang selalu didengung-dengungkan sejak kecil. Jargon tersebut menunjukkan bahwa guru adalah ujung tombak pendidikan yang berperan besar dalam mencetak para penerus bangsa. Maka, sudah sepatutnya peran guru diberikan apresiasi yang besar. Dengan demikian, guru tidak hanya akan menjadi profesi mulia tapi juga prestisius dan memiliki posisi tawar yang tinggi dalam kehidupan sosial.
(5) Banyak permasalahan bahasa yang mulai meresahkan di lingkungan sekitar. Adanya gejala fanatisme terhadap bahasa asing kian menggeser kesadaran masyarakat untuk mengutamakan bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin maraknya pembangunan fasilitas publik yang memiliki nama utama berbahasa Inggris, seperti Andalas Shopping Center atau Garuda Bus Stop.
Paragraf argumentasi yang memiliki data paling lemah adalah ….
Perhatikan tabel berikut!
Paragraf argumentatif yang tepat berdasarkan tabel di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel