Contoh Soal Mengidentifikasi Hal-Hal yang Menarik dalam Buku

Contoh Soal Mengidentifikasi Hal-Hal yang Menarik dalam BukuApakah kamu suka membaca buku? Harus suka, dong. Sebagai siswa, membaca merupakan aktivitas wajib. Membaca sangat mendukung proses kamu untuk belajar, bukan? Kamu perlu meniru kebiasaan tokoh-tokoh besar yang umumnya gemar membaca. Membaca memang jendela dunia.
      Otak ibarat sebuah wadah yang bisa diisi. Membaca buku ibarat menuang berbagai macam ilmu ke dalam otak sehingga berbagai pengetahuan dan pengalaman akan terserap. Pernah mendengar ungkapan Pisau yang tidak diasah akan tumpul, bukan? Begitu juga dengan otak, otak yang tidak diisi pun akan semakin lemah dan berkurang ketajamannya.
      Ada dua jenis buku yang bisa kamu baca. Kedua jenis itu adalah fiksi dan nonfiksi. Fiksi dalam KBBI berarti (1) cerita rekaan (roman, novel, dsb); (2) rekaan; khayalan; tidak berdasarkan kenyataan; (3) pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran. Jadi buku fiksi adalah buku yang isinya hanya berupa karangan atau rekaan penulis saja. Adapun nonfiksi berarti karangan atau tulisan yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Buku nonfiksi disusun berdasarkan pengalaman (empiris), hasil observasi, hasil analisis penulis terhadap berbagai peristiwa, keadaan, atau fenomena yang terjadi dalam kehidupan nyata. Buku nonfiksi dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan atau logika karena disusun melalui proses kerja yang ilmiah.
      Contoh buku fiksi yaitu novel, antologi (kumpulan) cerpen, antologi puisi, dan antologi drama. Contoh buku nonfiksi yaitu biografi, kumpulan tips (how to), kumpulan artikel, dan lain-lain.
      Nah, buku jenis apa yang sering kamu baca? Fiksi atau nonfiksi-kah? Sudah bisa membedakan kedua jenis buku ini, bukan?
      Kamu bisa membaca kedua jenis buku tersebut agar seimbang. Buku nonfiksi akan menambah wawasan, mendapatkan informasi-informasi faktual, dan memperluas cakrawala pengetahuanmu. Buku fiksi berfungsi memperkaya wawasan batin dan mempertajam kepekaanmu akan kehidupan. Di samping itu, membaca buku fiksi mendapatkan efek terhibur dan mendatangkan kepuasan batin tertentu. Jadi, dua jenis buku ini masing-masing memiliki fungsi sendiri.

Contoh Identifikasi Hal Menarik dalam Buku

Setelah membaca buku, kamu bisa berdiskusi dengan teman dan membahas hal-hal yang menarik dalam buku yang kamu baca. Mungkin temanmu memiliki pandangan yang berbeda mengenai hal yang menarik dalam buku yang kamu baca. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut.
      Pada bulan September 1939 pecahlah perang di Eropa antara Jerman melawan negara-negara Sekutu. Abdul Halim yang telah bekerja di kantor kabupaten Probolinggo itu ditunjuk Bupati untuk memasuki pendidikan perwira Angkatan Laut Belanda di Surabaya.
      Pada tahun 1942 Abdul Halim mengikuti pendidikan pada Royal Canadian Air Force (Angkatan Udara Kerajaan Canada) di Kanada, jurusan navigasi. Di negeri asing inilah Abdul Halim memulai karir dirgantara.
Dari dua alinea contoh tersebut ada hal-hal menarik yang bisa kamu dapatkan. Bisa saja kamu menganggap hal yang menarik dari paragraf tersebut adalah Pada tahun Abdul Halim mengikuti pendidikan pada Royal Canadian Air Force (Angkatan Udara Kerajaan Canada) di Kanada, Jurusan navigasi. Kamu perlu memiliki argumentasi kuat agar bisa mempertahankan hal menarik yang menjadi pilihanmu. Menurutmu, peristiwa tersebut menarik karena menginspirasi dan menimbulkan semangat bagi pembaca.
      Langkah-langkah mengidentifikasi hal-hal menarik dalam buku yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah buku dengan saksama dan cermat.
2. Temukan hal-hal yang menurutmu:
a. menginspirasi, 
b. relevan (sesuai) dengan kehidupan sekarang, 
c. menambah pengetahuan baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya,
d. memberikan pengalaman baru, dan
e. memperkaya batin dan jiwa yang mengarah ke hal positif.
3. Tandai dengan garis bawah atau stabilo warna agar mudah kamu baca kembali.


Contoh Soal Mengidentifikasi Hal-Hal yang Menarik dalam Buku

Pernyataan dalam sebuah diskusi yang mengungkapkan hal menarik mengenai isi buku nonfiksi adalah ….
Cermati dialog dalam diskusi berikut!

Dari dialog antara moderator dan narasumber di atas, hal yang menarik dari buku yang didiskusikan adalah ....

Hal menarik dari diskusi mengenai buku tersebut adalah ....

Hal yang dapat menginspirasi dan menarik dari ikhtisar buku tersebut adalah ....

Hal paling menarik berkaitan dengan kepahlawanan tokoh yang didiskusikan dalam buku biografi tersebut adalah ....

Dari diskusi, hal yang patut diteladani dari Ki Hajar Dewantara berdasarkan buku biografinya adalah ....

Argumen yang menyatakan ketertarikan pada isi buku di atas, kecuali ....

Menurut narasumber, hal yang paling menarik dari buku tersebut adalah ....
Bacalah diskusi antarsiswa berikut ini!

Siswa 1 : Jadi, menurut kamu, buku Sport to The Top ini apanya yang menarik?

Siswa 2 : Wah, buku ini patut dibaca, deh. … Bahkan, di halaman rumah sekalipun, buku ini juga berisi kisah-kisah inspiratif para atlet.
Hal yang menarik dari pernyataan berikut yang sesuai untuk mengisi dialog rumpang di atas adalah ....
Bacalah pernyataan siswa tentang buku nonfiksi berjudul Buku Praktis Berbahasa Indonesia berikut!
Siswa : Menurut saya, buku berjudul Buku *Praktis Bahasa Indonesia *yang diterbitkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sangat membantu siswa mempelajari lebih dalam tentang bahasa Indonesia. Penjelasan-penjelasan yang ada dalam buku tersebut disampaikan secara lugas dan mendalam dengan bahasa yang sederhana. Dengan demikian, buku tersebut mudah dipahami oleh pembaca.
Argumen yang menyatakan dukungan terhadap pernyataan tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel