Contoh Soal Struktur Teks Ulasan

Contoh Soal Struktur Teks UlasanSaat ingin membeli buku apa atau bingung dengan film apa yang akan kalian tonton di bisokop, apa yang kalian lakukan? Tentunya kalian tidak ingin merasakan penyesalan akibat salah memilih. Kalian akan mencari rujukan atau referensi terkait buku atau film yang akan kalian lihat, bukan? Lalu, di mana kalian bisa menemukan referensi semcam itu? Jawabannya adalah dengan membaca resensi. Dengan membaca resensi, kalian akan diberikan informasi terkait baik buruknya suatu karya, apakah itu sebuah buku atau film.
      Resensi ini dimasukkan ke dalam salah satu jenis teks yang disebut dengan teks ulasan. Inilah yang akan kita bahas dalam materi kali ini.

Definisi Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang bertujuan meninjau suatu karya atau benda, seperti film dan buku untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut kepada pembaca atau pendengar. Teks ulasan memiliki kesamaan isi dengan resensi, tetapi dengan tujuan yang berbeda. Tujuan utama resensi adalah memberikan promosi kepada pembaca untuk membeli atau membaca/menonton sebuah karya, sedangkan teks ulasan murni hanya berupa penilaian kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalamnya.Dalam penulisan/pembuatannya, teks ulasan memiliki empat tahapan struktur yang terdiri atas orientasi ^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman. Tahapan-tahapan ini harus dilalui secara runut agar tercipta kemudahan dalam melakukan penilaian. Berikut adalah pengertian tiap-tiap bagian.
  1. Orientasi adalah gambaran umum tentang sebuah karya atau benda yang akan ditinjau. Gambaran umum ini dapat berupa nama, kegunaan, dan sebagainya.
  2. Tafsiran adalah ringkasan isi bagaimana karya itu dibuat.
  3. Evaluasi adalah penilaian atau pendapat penulis terhadap kualitas, kelebihan, atau kekurangan karya yang diulas.
  4. Rangkuman adalah simpulan yang bersifat mendukung atau menolak. 

    Mari pelajari teks berikut untuk melihat strukturnya!

  1. Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan dan Muhammad: Para Pengeja Hujan adalah novel dwilogi tentang biografi Nabi Muhammad. Kedua novel ini ditulis dengan tangan dingin Tasaro GK. Dalam pengantarnya, ia menjelaskan bahwa menulis novel tentang Muhammad adalah suatu pekerjaan berat, tidak hanya harus sesuai dengan fakta sejarah yang ada, tetapi Tasaro juga harus mampu merangkai fakta-fakta tadi menjadi sebuah karya yang nikmat untuk dibaca dan tentu saja ringan.
  2. Ada dua rekam kehidupan yang dikisahkan di dalam kedua buku ini: kehidupan Muhammad dan pengembaraan Kashva, seorang penganut zoroaster. Ketika menceritakan bagian-bagian hidup dari Nabi Muhammad SAW, Tasaro memosisikan dirinya sebagai tokoh yang berada di sekitar kehidupan Muhammad. Dengan kata lain, ia membuat cerita novel ini dengan sudut pandang kedua. Sebuah sudut pandang yang jarang sekali dipakai pada novel-novel yang bertebaran di Indonesia. Kehidupan Muhammad tidak dikisahkan secara runut dan apa yang dikisahkan berpusat pada bagian-bagian penting kehidupan Muhammad. Di bab-bab lain, kita akan menemukan perjalanan agung seorang pengembara bernama Kashva yang mencari kebenaran kedatangan nabi terakhir yang dijanjikan. Pada bab-bab ini kita akan mendapati perjalanan panjang Kashva mencari Muhammad SAW. Suatu perjalanan yang tidak mudah karena Kashva juga harus menghindar dari kejaran pasukan Persia.
  3. Meski kisah kehidupan Muhammad tidak diberikan secara runut, narasi novel ini mengalir dan membuat kita serasa benar-benar ada pada zaman Muhammad masih hidup. Membaca novel ini seperti bermain puzzle yang harus disusun. Dalam penulisan novelnya, Tasaro banyak mengambil momen-momen heroik dan menyentuh perasaan. Tak salah bila penulis A. Fuadi (Negeri Lima Menara), berkata kita akan berada seolah-seolah di belakang Rasulullah. Nyatanya penggambaran novelnya memang sangat membuat kita berada di belakang Muhammad. Membaca gaya penulisan Tasaro sangat berbeda jauh dengan gaya-gaya bahasa sebelumnya. Dengan novel dwiloginya ini, Tasaro membuktikan ia mampu mengisahkan kehidupan Muhammad dengan cara yang tidak biasa. Bahkan, beberapa kali saya sempat terenyuh dan mampu berempati atas apa yang terjadi pada diri Muhammad.
  4. Berdasarkan hal-hal di atas, buku Novel karya Tasaro GK ini sangat luar biasa dalam hal pengemasan bahasa, latar cerita, alur kisah dan penokohannya. Membaca lembar demi lembar buku ini membawa saya larut dalam perjalanan mesin waktu menuju zaman berabad tahun silam.



Contoh Soal Struktur Teks Ulasan


Berbeda dari buku-buku travelling lainnya, buku ini mampu mengantarkan kita kepada suatu pemahaman tentang pencarian makna dan tujuan hidup. Tema yang cukup berat, namun gaya bahasa novel membuat tema ini menjadi ringan.
Penggalan di atas termasuk ke dalam struktur ....

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa adalah sebuah buku napak tilas perjalanan penulis ketika bertemu dengan perempuan muslim imigran Turki bernama Fatma Pasha yang tinggal di Wina.
Penggalan di atas termasuk ke dalam struktur ....
Membaca Diary Si Bocah Tengil (Diary of The Wimpy Kid) membuat saya terhibur sekaligus menemukan pelajaran-pelajaran tertentu, seperti Greg memiliki sistem hebat dalam mengingat sesuatu, yaitu dengan melakukan suatu tindakan sebagai pemicu apa yang harus dia ingat. Sebagai contoh ketika ibu Greg mengingatkan Greg yang sudah akan tidur untuk membawa surat izin ke sekolah, Hreg tidak akan mencatat pesan itu. Dia cukup melempar bantal ke seberang ruangan. Esok paginya, ketika mendapat bantal tergeletak, Greg akan bertanya, mengapa bantal ada di sini, ia akan ingat bahwa ia harus membawa surat izin.
Penggalan di atas termasuk ke dalam struktur ....

Rindu adalah salah satu novel karya Tere Liye yang diterbitkan Republika pada tahun 2014. Kisah pada novel ini berlatar belakang masa Pemerintahan Hindia Belanda. Kisah diawali ketika tokohnya melakukan perjalanan haji.dengan menggunakan sebuah kapal uap milik Belanda.
Penggalan di atas termasuk ke dalam struktur ....

  1. Konon, karena kaya akan amanat dan sarat akan nilai pendidikan, novel ini menjadi pedoman dalam penyusunan kurikulum sekolah di Jepang.
  2. Kesan pertama yang saya dapat ketika membaca novel Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela adalah humor yang segar.
  3. Kepiawaian penulis dalam mengisahkan masa kecilnyalah yang membuatnya menarik.
  4. Karya ini adalah suatu pengalaman masa kecil penulis.
Urutan yang tepat kalimat acak di atas agar menjadi teks ulasan yang padu adalah ....

Kutipan teks yang merupakan bagian evaluasi adalah ....

Berikut ini yang merupakan bagian orientasi adalah ....

Buku Piknik Seru (Seri Lala Koki Cilik) karya Anita Hairunnisa ini adalah buku dwi bahasa: bahasa Indonesia-bahasa Inggris. Cerita yang disajikan dalam buku ini sederhana, begitu juga dengan kata-kata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dipakai dalam cerita ini. 
Bagian yang tepat untuk melanjutkan tahapan orientasi di atas adalah ....

Perhatikan audio berikut!
Teks tersebut termasuk ke dalam bagian ....

Dengarkanlah teks audio berikut! 
Rangkuman yang tepat berdasarkan evaluasi di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel