Contoh Soal Meringkas Teks Diskusi

Contoh Soal Meringkas Teks Diskusi Sudah pahamkah kalian tentang langkah menulis teks diskusi secara mandiri? Jika Kalian telah paham dan dapat mempraktikkannya dengan benar, kali ini kita akan belajar tahap selanjutnya dalam pembahasan teks diskusi, yaitu meringkas teks diskusi yang telah kalian buat.
      Pada dasarnya, meringkas adalah memilah dan memangkas sebuah teks dengan mengambil bagian-bagian penting dan membuang bagian-bagian yang merupakan tambahan dan tidak penting. Meringkas teks diskusi dimaksudkan agar teks yang telah ditulis dapat disajikan kembali dalam bentuk yang lebih singkat. Ringkasan dibuat berdasarkan ide pokok dari setiap paragraf disertai hal-hal penting lainnya. Pembuatan ringkasan bukan berdasarkan ide pembuat ringkasan melainkan tetap menjaga ide pokok atau gagasan utama yang ingin disampaikan penulis teks. Ide pokok tersebut biasanya terdapat dalam kalimat utama pada setiap paragraf.

Langkah-Langkah Membuat Ringkasan

1) Bacalah sebuah teks diskusi lalu tandailah hal-hal penting di dalamnya, seperti tujuan dan sudut pandang penulis teks.
2) Catatlah ide pokok pada setiap paragraf dengan mencari kalimat utama yang biasanya terletak di awal, di akhir, bahkan di awal dan di akhir paragraf. 
3) Ubahlah ide-ide pokok tersebut menjadi sebuah kalimat. Usahakan agar kalimat buatanmu tidak sama persis dengan teks dan tidak pula mengubah gambaran ide pokok pada teks. 
4) Menyusun kembali kalimat-kalimat tersebut sesuai dengan struktur teks diskusi, yaitu isu, argumentasi mendukung, argumentasi menolak, dan simpulan.

Perhatikan proses meringkas teks diskusi berikut ini

  1. Bacalah teks yang akan diringkas.  
  2. Menemukan ide pokok setiap paragraf 
  3. Pengembangan ide pokok untuk ringkasan 
  4. Hasil ringkasan 

Contoh Soal Meringkas Teks Diskusi




Beberapa siswa menganggap bahwa keberadaan warnet memberikan pengaruh yang cukup buruk dalam kehidupan anak-anak. Kegemaran anak-anak bermain game online membuat mereka lupa dengan permainan tradisional yang tumbuh di daerahnya. Selain itu, mereka lebih senang berinteraksi lewat dunia maya daripada dunia nyata. Akibatnya, anak-anak mungkin akan kehilangan masa bermain yang seharusnya dihabiskan dengan berkumpul bersama teman-temannya.
Ide pokok paragraf di atas adalah ....
Kalimat yang mengandung ide pokok dampak positif warnet adalah ....
Dengan demikian, cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah harus diadakan musyawarah antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa untuk membuat keputusan yang dapat diterima seluruh pihak.
Ringkasan paragraf di atas adalah ....
Dengan demikian, cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah harus diadakan musyawarah antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa untuk membuat keputusan yang dapat diterima seluruh pihak.
Masalah yang dapat diangkat menjadi isu sesuai paragraf di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
Bagi sebagian siswa, menjadi pecinta alam memiliki nilai yang positif, antara lain dapat dijadikan sarana untuk melatih ketahanan diri, baik fisik maupun psikis mereka. Hal itu didasarkan pada aktivitas dalam kegiatan pecinta alam yang lebih banyak menghabiskan waktu di alam. Saat kegiatan berlangsung, peserta dituntut untuk menahan segala kendala cuaca, seperti dingin, panas, dan hujan, serta dituntut melakukan hal untuk menenangkan diri. Jika siswa sudah terbiasa dengan hal tersebut, berarti ketahanan dirinya sudah tidak diragukan lagi.
Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
Di samping itu, mengikuti organisasi pecinta alam pun dapat melatih kedisiplinan seorang siswa. Pelatihan tersebut mengajarkan siswa untuk melakukan segala aktivitas berdasarkan jadwal yang telah dibuat. Dengan selalu mengikuti jadwal tersebut, siswa akan terbiasa hidup disiplin sehingga dampaknya akan terasa dalam kehidupan sehari-hari.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
Aktif dalam osis mengganggu kegiatan belajar.
Kalimat yang sesuai dengan gagasan utama di atas adalah ....
(1) Menurut beberapa siswa, hadiah laptop bagi juara umum di sekolah akan memotivasi siswa untuk semakin berprestasi. (2) Bahkan, walaupun tidak mendapatkan laptop, para siswa masih memiliki peluang untuk memperoleh buku-buku bacaan yang dapat menambah wawasan. (3) Selain itu, sekolah pun memberikan voucher makan gratis di kantin sekolah bagi siswa yang mendapatkan rangking 6–10. (4) Penghargaan-penghargaan itulah yang diberikan oleh sekolah untuk menumbuhkan motivasi belajar seluruh siswa sehingga siswa yang sebelumnya tidak berprestasi pun akan terpacu untuk semakin rajin dan giat belajar.
Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor ....
Selain itu, kegiatan ekskul ini pun dianggap membahayakan keselamatan jiwa. Terbukti dengan banyaknya pemberitaan yang menyebutkan banyaknya korban setelah melakukan kegiatan seperti pendakian disebabkan tersasar....
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan kalimat di atas adalah ....
Tidak dipungkiri bahwa tren aksesori Korea memberikan keuntungan bagi banyak orang, salah satunya bagi siswa yang menjalankan usaha berjualan aksesori di sekolah. Dengan menyediakan berbagai aksesori unik khas Korea, seperti bros, dompet, dan jepit rambut, penjual aksesori tidak akan pernah sepi pelanggan sebab aksesori-aksesori tersebut dapat digunakan semua kalangan, termasuk para guru.
      Selain itu, siswa yang berjualan aksesori tidak hanya dapat menjualnya di sekolah tetapi juga di luar sekolah dan di media online karena saat ini hampir semua orang terkena virus demam Korea sehingga daya tarik terhadap aksesori Korea menjadi meningkat.
Ringkasan yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel