Contoh Soal Merevisi Teks Diskusi

Contoh Soal Merevisi Teks Diskusi Teks diskusi selalu diawali dengan pengantar yang berisi isu atau permasalahan, lalu dilanjutkan dengan argumentasi mendukung dan argumentasi menolak, kemudian ditutp dengan simpulan.
Struktur itu harus terpenuhi dengan sempurna barulah teks diskusi kalian benar. Nah, setelah menulis teks, pada kesempatan yang lalu kalian pun belajar menelaah bagian-bagian teks diskusi bukan? Saat menelaah itu kalian pasti menemukan kesalahan atau kekurangan. Oleh sebab itu, pada topik kali ini, kalian akan diajak mempelajari bagaimana menyunting dan merevisi teks diskusi yang kalian baca atau yang kalian tulis.
Menyunting dan merevisi teks diskusi
Agar teks diskusi menjadi teks yang baik, kita harus memastikan urutan struktur sudah tersusun dengan benar. Isu haruslah tetap menjadi bagian pertama atau pengantar.

Perhatikan teks berikut ini.

Buku Elektronik
Sebagai akibat dari semakin berkembangkanya tekhnologi, kelahiran buku elektronik memiliki banyak tanggapan dari berbagai pihak. Buku elektronik adalah buku yang bisa dibuka melalui komputer dengan format macam-macam. Tapi, sebagai sebuah produk kontroversial, buku elektronik ini disikapi dengan perbedaan sikap oleh masyarakat. Ah, memang membuat bingung semua ini.
      Sebagian masyarakat mendukung dan menyambut baik kehadiran buku elektronik tersebut. Namun, sebagian masyarakat tidak menyambutkan dengan alasan kesehatan. Nanti kita akan membahas hal itu. Sekarang, kita bahas dulu masyarakat yang mendukung keberadaan buku elektronik ini. Alasan mereka simple saja, buku elektronik mudah dibawa karena hanya berbentuk file-file, tidak memberatkan tas, tampilan menarik, tidak akan robek atau kotor. Sementara itu, pihak lain berpendapat bahwa buku elektronik ini hanya akan menambah sifat malas dan terutama akan mengganggu kesehatan. Sebuah studi dilakukan American Optometric Association (AOA) yang menyebutkan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan lainnya seperti sakit kepala, dan bahu.
      Nah, pilihan tentu ada pada kita sendiri sebagai pengguna. Selalu ada jalan tengah dalam menyikapi arus teknologi ini. Pasti kita bisa menggunakan buku elektronik yang memiliki banyak manfaatnya itu dengan mengurangi risiko radiasi dan gangguan lainnya.

Mari kita sunting teks di atas.

  1. Struktur teks
    Struktur teks di atas kurang tepat. Pada paragraf dua terdapat dua argumen yang saling menentang sehingga gagasan utamanya membingungkan. Revisi atas ini adalah dengan cara membuat menjadi dua paragraf antara argumen mendukung dan argumen menolak.
  2. Menyunting dan merevisi bahasa teks
    Beberapa kesalah dalam kaidah kebahasaan adalah sebagai berikut.
  3. penulisan kata
    tekhnologi seharusnya teknologi
    simple seharusnya simple atau diganti 
    file-file seharusnya fail-fail, ingat, kata file diserap oleh bahasa Indonesia menjadi fail.
    -penggunaan konjungsi
    Konjungsi tapi digunakan sebagai kata hubung intrakalimat bukan antarkalimat. Jadi, diganti dengan
  4. penggunaan kalimat yang mubazir sebaiknya dihilangkan.
    Contoh: Ah, memang membuat bingung semua ini.
    Hasil Revisi
                      Buku Elektronik
    Sebagai akibat dari semakin berkembangnya teknologi, kelahiran buku elektronik memiliki banyak tanggapan dari berbagai pihak. Buku elektronik adalah buku yang bisa dibuka melalui komputer dengan format macam-macam. Namun, sebagai sebuah produk kontroversial, buku elektronik ini disikapi dengan perbedaan sikap oleh masyarakat. 
          Sebagian masyarakat mendukung dan menyambut baik kehadiran buku elektronik tersebut. Alasan mereka sederhana saja, buku elektronik mudah dibawa karena hanya berbentuk fail-fail, tidak memberatkan tas, tampilan menarik, tidak akan robek atau kotor. 
          Sementara itu, pihak lain berpendapat bahwa buku elektronik ini hanya akan menambah sifat malas dan terutama akan mengganggu kesehatan. Sebuah studi dilakukan American Optometric Association (AOA) yang menyebutkan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan lainnya seperti sakit kepala, dan bahu.
          Nah, pilihan tentu ada pada kita sendiri sebagai pengguna. Selalu ada jalan tengah dalam menyikapi arus teknologi ini. Pasti kita bisa menggunakan buku elektronik yang memiliki banyak manfaatnya itu dengan mengurangi risiko radiasi dan gangguan lainnya.
Contoh Soal Merevisi Teks Diskusi




Siapa akan menduga di balik kelezatan sebutir telur mengandung bahaya yang dapat mengancam kesehatan kita. Mengonsumsi telur selama seminggu sebanyak tiga kali atau lebih dapat mengakibatkan penyakit kolesterol. Selain itu kuning telur juga dapat merusak pembuluh darah sehingga menimbulkan penyakit stroke dan jantung korener. Mulai sekarang berhati-hatilah mengonsumsi telur agar hidup kita lebih sehat.
Struktur teks diskusi yang tidak nampak ialah ....
(1) K-Drama yang dikenal juga dengan Korea Drama bagai jamur yang tumbuh subur di musim hujan. (2) Para remaja sanggup berjam-jam bahkan berhari-hari menontonnya. (3) Tak perlu lagi membeli CD, cukup mendowload dari internet, K-Drama siap dinikmati. (4) Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menanamkan jiwa nasionalisme. 
Kalimat pengantar teks diskusi yang tidak relevan terdapat pada nomor ....
Banyak sekali manfaat mengonsumsi sayur secara rutin. Salah satunya terhindar dari berbagai penyakit gangguan pencernaan seperti kanker usus besar, obesitas (kelebihan berat badan), memperlancar buang air besar, dan membuat tubuh lebih energik dan segar. Namun bila kita tidak benar dalam membersihkan dan mengolahnya, sayur dapat menjadi racun bagi tubuh kita.
Simpulan teks diskusi di atas yang tepat ialah ....
Membaca tidak hanya menambah (...) tetapi juga mengasah (...) agar logika yang tercipta berkembang dengan sempurna. Membaca juga dapat menghindari kita dari penyakit ( ...). Tak heran bila gerakan membaca atau lebih dikenal dengan program literasi digerakkan hampir diseluruh sekolah di Surabaya.
Pilihan kata yang paling tepat untuk mengisi bagian argumen di atas adalah ....
Praja Muda Karana atau yang biasa dikenal dengan nama Pramuka kini mulai digalakkan di seluruh sekolah di Indonesia. Tujuan kegiatan ini akan menumbuhkan jiwa disiplin, bertanggung jawab, mandiri, dan mencintai alam semesta. Sayangnya bila anak-anak tidak sungguh-sungguh mengikuti kegiatan kemah dan jelajah alam tujuan itu tidak akan tercapai. Peran serta orang tua dan guru dalam memotivasi anak sangat dibutuhkan agar tercapai tujuan pramuka yang sesungguhnya.
Isu yang dibicarakan pada teks diskusi di atas ialah ....
Belajar online di sekolah bisa membuat kegiatan belajar mengajar menyenangkan. Walaupun banyak orang tua yang mengkhawatirkan penggunaan gadget dewasa ini. Namun, tetap saja, pemanfaatan teknologi secara tepat akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar.
Kesalahan teks tersebut adalah ....
Kalimat yang mengandung kesalahan pemakaian kata hubung adalah ....
Dengan globalisasi, berbagai informasi dapat dengan mudah kita dapatkan terutama dalam berkomunikasi. Namun, globalisasi juga memberikan pengaruh yang tidak baik untuk masyarakat Indonesia, yaitu globalisasi yang keren.
Kalimat yang tepat merevisi kalimat terakhir adalah .....
Salah satu permainan yang sedang digemari anak-anak sekarang adalah slime. Material pembuat slime yang banyak mengandung zat kimia menimbulkan keraguan dalam hati orang tua yang melihat anak-anaknya bermain slime
      Pengalaman membuat slime oleh anak cukup berharga karena mereka bisa membuat sesuatu dari zat-zat kimia. Penggunaan sabun, borax atau lem, serta zat-zat warna makanan itu bisa merangsang imajinasi anak sekaligus menemukan komposisi-komposisi yang tepat agar slime tidak terlalu encer atau sebaliknya, terlalu padat.
      Akan tetapi, penggunaan borax sangat mengkhawatirkan. Zat kimia ini berbahaya jika termakan. Bisa dibayangkan jika anak-anak lupa mencuci tangannya seletah bermain slime.
Tesk tersebut memerlukan revisi, kecuali ....
Menggunakan produk dalam Negeri sangat dianjurkan. Hal ini dianjurkan untuk membangun kebanggaan terhadap produk sendiri. Gempuran produk luar sempat membuat khawatir industri dalam Negeri. PHK dan gulung tikar mengancam. Oleh sebab itu, perlu ditumbuhkan cinta produk dalam Negeri.
Hal yang harus direvisi dalam teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel