Contoh Soal Menelaah Teks Diskusi

Contoh Soal Menelaah Teks DiskusiMateri dalam topik ini masih membahas tentang teks diskusi. Kalian tentu sudah memahami dengan baik isi dari teks diskusi tersebut. Isi teks diskusi membahas hal yang saling bertentangan, yakni adanya pro dan kontra atau mendukung dan menentang suatu masalah/isu tertentu. Nah, pada topik kali ini, kalian akan kembali memahami teks diskusi dengan menelaah teks tersebut. 
      Menelaah teks diskusi sama dengan kalian sedang mengkaji teks tersebut. Kalian mengkaji teks dengan memeriksanya dengan cermat, terutama dalam segi kebahasaan. Saat hendak mengkaji teks, kalian perlu membaca teks diskusi dengan cemat. Lalu, memahami unsur struktur dan ciri kebahasaan yang ada dalam teks. Setelah itu, memeriksa dengan menyuruh setiap bagian teks untuk mengetahui kesalahan atau kekurangan yang ada pada teks. 
      Ada beberapa hal yang dapat kalian telaah/kaji dalam teks diskusi.
1. Ketepatan Ejaan

Dalam teks diskusi terdapat argumen mendukung dan argumen menentang. Setiap argumen yang dipaparkan tersebut memerlukan pilihan kata yang tepat untuk menyampaikan argumen tersebut. Pilihan kata yang ditulis dapat saja berupa istilah-istilah tertentu atau kata yang sudah biasa digunakan tetapi seringkali masih salah ejaannya. Misalnya, kata apotik dan praktekyang seharusnya ditulis apotek dan praktik
      Ketepatan ejaan dalam teks meliputi cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) ke dalam bentuk tulisan dan penggunaan tanda baca. Ejaan yang digunakan dalam teks harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan dalam Bahasa Indonesia. Alangkah baiknya, saat menelaah sebuah teks atau bacaan, kita menggunakan buku EYD atau tata bahasa Indonesia untuk dijadikan rujukan. 
2. Ketepatan dalam Penggunaan Kalimat 
Kalimat yang disusun dengan padu merupakan hal penting untuk membangun teks. Kalimat harus disusun dengan kata-kata yang efektif dalam menyampaikan gagasan. Selain itu, kalimat yang digunankan tidak berbelit-belit dalam menyampaikan maksud atau gagasan. 
3. Kepaduan Paragraf 
Paragraf dalam teks diskusi harus disusun secara padu. Setiap paragraf memiliki gagasan tertentu dan gagasan tersebut harus sesuai dengan paragraf lainnya. Selain itu, menelaah teks diskusi dalam bagian paragraf dapat dilihat dari baik-tidaknya paragraf tersebut. Paragraf yang baik memiliki satu kalimat topik dan beberapa kalimat pengembang. Coba cermatilah paragraf berikut ini. 
Teknologi telah banyak memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhuan hidup manusia. Dengan teknologi, seseorang tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menunggu kabar dan mudah untuk menjangkau jarak tertentu. Misalnya, teknologi informasi berupa telepon dan media sosial yang berkembang saat ini dapat dengan mudah mendekatkan jarak, kabar, dan hubungan seseorang. Selain itu, teknologi juga membantu alat transportasi untuk mendekatkan jarak, seperti kereta cepat yang akan menghubungkan Jakarta-Bandung dalam waktu kira-kira setengah jam saja. 
      Apakah kalian dapat menentukan kalimat topik dalam paragraf tersebut? Lalu, kalimat mana saja yang temasuk ke dalam kalimat pengembang? 
      Kalian dapat menentukan kalimat topik dengan menemukan gagasan utama dalam paragraf tersebut. Gagasan utama biasanya terletak dibagian awal, akhir, atau bahkan keduanya. Kalimat topik dalam paragraf tersebut terletak pada kalimat pertama, yaitu teknologi telah banyak memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhuan hidup manusia. Adapun kalimat pengembang berada setelah kalimat topik tersebut. Ada tiga kalimat pengembang yang mendukung kalimat topik tersebut. 
      Dalam mengkaji teks diskusi hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah membaca teks dengan cermat. Kalian dapat membaca teks berulang-ulang untuk lebih memahami isi teks. Selain itu, kalian dapat memeriksa setiap kata atau kalimat yang menyusun teks tersebut. Apakah kata-kata yang digunakan sesuai ejaan? Apakah kalimat-kalimat dalam teks cukup efektif untuk menyampaikan berbagai gagasan? Bagaimana dengan kepaduan antarparagraf dalam teks tersebut? Beberapa pertanyaan ini perlu kalian jawab saat menelaah suatu teks/bacaan, termasuk teks diskusi. 

Contoh Soal Menelaah Teks Diskusi

Kemajuan teknologi komunikasi dapat membuat seseorang menjadi invidualis. Hal ini disebabkan oleh cara berkomunikasi yang sudah tidak dilakukan secara langsung (face to face). Seseorang dengan mudah berkomunikasi hanya dengan melalui handphone atau komputer. Seseorang dapat terbiasa dan nyaman bergaul melalui kemudahan teknologi komunikasi ketimbang mengobrol langsung. Hal inilah yang menjadikan seseorang menjadi individualis dan cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Walaupun demikian, banyak orang yang menilai bahwa kemajuan teknologi menjadi jalan untuk melakukan berbagai inovasi dan tidak semua orang berubah menjadi seorang individualis. 
Kalimat topik pada paragraf tersebut adalah ...
Game online memang menjadi permainan yang sangat menarik. Banyak anak atau remaja yang mengunjungi warung internet utuk bermain game online. Permainan ini dapat membuat anak betah di depan komputer selama seharian penuh. Hal inilah yang mulai dikhawatirkan oleh orangtua, yakni saat anaknya telat pulang ke rumah dan malas belajar karena kecanduan bermain game online. Game online juga dapat membuat seseorang sulit mengontrol emosinya, karena terlalu menyerap adegan kekerasan dalam game tersebut. Di samping dampak negatif, ada pula dampak positif yang dapat diambil dari pemainan game online, yakni meningkatkan kreativitas anak, menghilangkan kejenuhan, melatih strategi, dan melatih anak dalam menambah kosakata berbahasa asing. 
Simpulan dari teks diskusi tersebut adalah ....
Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Melalui MEA ini, suatu negara dapat menjual barang atau jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara. MEA dinilai dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, ada pula yang menilai bahwa MEA memberikan dampak negatip bagi masyarakat Indonesia, yakni barang-barang produksi dalam negeri akan terganggu akibat barang-barang impor dari negara lain yang dijual dengan lebih murah dan orang asing akan lebih mudah mengexploitasi alam Indonesia.
Jika ditelaah, terdapat penulisan kata yang kurang tepat pada teks tersebut, kecuali ....
Dengan perkembangan teknologi, handphone tidak hanya digunakan untuk menelepon atau mengirim pesan singkat tetapi untuk aktif dalam media sosial. Penggunaan media sosial secara berlebihan ini membuat pelajar di sekolah terganggu konsentrasinya untuk belajar di kelas. Di sisi lain, dari handphone mereka juga bisa mendapat banyak ilmu. Oleh karena itulah, ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks diskusi tersebut adalah ....
Berikut ini paragraf yang menunjukkan argumen mendukung dalam teks diskusi adalah ....
Saat membicarakan tentang nuklir, kita akan langsung ingat dengan bahayanya yang luar biasa (1) Namun, kita perlu tahu bahwa nuklir memiliki banyak manfaat. Nuklir dapat memberikan dampak yang positif untuk penggunaan energi. Energi nuklir dapat menghemat bahan bakar fosil dan perlindungan lingkungan (2) Jadi, fosil ini perlu digunakan untuk mengatasi dampak nuklir (3) Selain itu, energi nuklir dapat memproduksi energi yang sangat besar untuk kebutuhan energi manusia di dunia (4)
Kalimat yang tidak perlu ada dalam paragraf tersebut adalah nomor .....
(1)Bekerja di dunia industri memerlukan keterampilan dan ketekunan dalam bekerja. Industri dapat dikatakan sebagai bagian dari mata rantai dari berbagai usaha untuk mencukupi kebutuhan ekonomi yang berhubungan dengan bumi, seperti perkebunan, pertanian, dan pertambangan. 
(2)Industri juga menjadi salah satu bidang yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Peran industri untuk kemajuan dunia sangatlah penting. Industri dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan menghasilkan berbagai jenis barang. Selain itu, industri memperluas lapangan kerja dan memanfaatkan penggunaan bahan mentah. 
(3)Pembangunan industri memang memberikan banyak keuntungan tetapi memiliki dampak yang berbahaya bagi lingkungan. Industri menghasilkan limbah yang merusak lingkungan. Selain itu, lahan pertanian semakin berkurang dan cara hidup masyarakat berubah. 
(4)Kita perlu melihat bahwa dibalik perkembangan industri ada hal lain yang perlu lebih diperhatikan, yaitu lingkungan. Oleh karena itu, para pelaku industri termasuk masyarakat perlu memerhatikan segala sebab-akibat dari pembagunan industri sehingga tidak ada kerugian yang akan dirasakan di kemudian hari.
Bagian yang termasuk argumen membantah adalah paragraf ....
Bekerja di dunia industri memerlukan keterampilan dan ketekunan dalam bekerja. Industri dapat dikatakan sebagai bagian dari mata rantai dari berbagai usaha untuk mencukupi kebutuhan ekonomi yang berhubungan dengan bumi, seperti perkebunan, pertanian, dan pertambangan. 
      Industri juga menjadi salah satu bidang yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Peran industri untuk kemajuan dunia sangatlah penting. Industri dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan menghasilkan berbagai jenis barang. Selain itu, industri memperluas lapangan kerja dan memanfaatkan penggunaan bahan mentah. 
      Pembangunan industri memang memberikan banyak keuntungan tetapi memiliki dampak yang berbahaya bagi lingkungan. Industri menghasilkan limbah yang merusak lingkungan. Selain itu, lahan pertanian semakin berkurang dan cara hidup masyarakat berubah. 
Kelemahan teks diskusi tersebut dari segi struktur adalah ....
Dengan membawa bekal dari rumah, siswa dapat terhindar dari makanan atau jajanan yang tidak sehat. Ada siswa yang sengaja membawa bekal makan siang dari rumah untuk lebih menjaga kesehatannya. Namun, ada juga sebagian siswa yang memutuskan untuk makan siang di kantin sekolah. Mereka menilai membawa bekal ke sekolah sangat merepotkan dan takut datang kesiangan ke sekolah karena pagi-pagi harus menyiapkan makanan terlebih dahulu. 
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan teks diskusi tersebut, kecuali ....
Perhatikan teks diskusi berikut ini.

Membawa bekal dari rumah memiliki banyak keuntungan bagi siswa. Mengingat banyak beredarnya makanan yang tidak sehat, membawa bekal dari rumah adalah solusi yang tepat.
Pernyataan yang salah berkaitan dengan telaah teks diskusi di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel