Contoh Soal Pokok-Pokok Pembicaraan dalam Diskusi
Contoh Soal Pokok-Pokok Pembicaraan dalam Diskusi - Dalam pembelajaran ini, kalian akan belajar tentang cara merangkum isi pembicaraan dalam diskusi atau seminar. Kalian tentu pernah mengikuti sebuah diskusi atau seminar. Diskusi adalah suatu kegiatan pertukaran gagasan, pikiran, serta pendapat antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara lisan dengan tujuan mendapatkan kesepahaman dalam pendapat atau gagasan tersebut. Berbeda dengan diskusi yang sering dilakukan secara informal, seminar umumnya dilakukan secara formal. Dalam seminar, penyaji akan menyiapkan makalah atau kertas kerja untuk disajikan.
Langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi atau seminar antara lain:
• Menyimak apa yang dijelaskan oleh pembicara atau pemateri.
• Mencatat bagian pendahuluan, isi serta penutup secara terperinci.
• Menuliskan hal-hal atau poin penting dalam diskusi.
• Menggunakan bahasa yang jelas, baik, dan benar.
• Membuat simpulan.
Tujuan dari pencatatan pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi atau seminar yaitu agar seseorang bisa memahami apa yang disampaikan oleh pemateri dalam diskusi atau seminar tersebut dengan mudah. Pencatatan seperti ini banyak dilakukan oleh peserta diskusi atau seminar.
Pihak-pihak yang terkait dalam sebuah diskusi antara lain:
• Moderator yang menjadi pimpinan diskusi yang bertugas untuk membuka dan menutup diskusi, menengahi para anggota yang berdebat, memancing peserta untuk menyampaikan pendapat atau gagasan, dan mengemukakan simpulan dari hasil diskusi.
• Peserta diskusi yaitu orang yang mengikuti jalannya diskusi.
• Pemateri yaitu orang yang menyusun serta menyajikan makalah atau materi diskusi.
• Notulis yaitu orang yang mencatat pokok pembicaraan dalam diskusi. Pembicaraan di sini maksudnya meliputi tanggapan peserta, inti makalah, tanggapan penyaji, serta hasil dari diskusi.
Dalam sebuah diskusi, ada materi pembicaraan yang berisi hal-hal penting dalam diskusi tersebut. Rangkuman diskusi berisi ringkasan dari seluruh kegiatan diskusi yang sudah dilakukan. Selain peserta diskusi, orang yang juga mencacat pokok-pokok pembicaraan diskusi adalah notulis. Seseorang notulis biasanya akan membuat sebuah rangkuman isi pembicaraan diskusi yang sudah dilaksanakan.
Notulis akan menulis cacatan berupa notula yang isinya judul diskusi, pembicara atau pemateri, moderator, waktu diskusi, notulis, peserta diskusi, acara/kegiatan, dan simpulan. Bukan hanya notulis, para peserta diskusi pun dapat membuat rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi tersebut. Catatan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti laporan.
Pihak-pihak yang terkait dalam sebuah diskusi antara lain:
• Moderator yang menjadi pimpinan diskusi yang bertugas untuk membuka dan menutup diskusi, menengahi para anggota yang berdebat, memancing peserta untuk menyampaikan pendapat atau gagasan, dan mengemukakan simpulan dari hasil diskusi.
• Peserta diskusi yaitu orang yang mengikuti jalannya diskusi.
• Pemateri yaitu orang yang menyusun serta menyajikan makalah atau materi diskusi.
• Notulis yaitu orang yang mencatat pokok pembicaraan dalam diskusi. Pembicaraan di sini maksudnya meliputi tanggapan peserta, inti makalah, tanggapan penyaji, serta hasil dari diskusi.
Dalam sebuah diskusi, ada materi pembicaraan yang berisi hal-hal penting dalam diskusi tersebut. Rangkuman diskusi berisi ringkasan dari seluruh kegiatan diskusi yang sudah dilakukan. Selain peserta diskusi, orang yang juga mencacat pokok-pokok pembicaraan diskusi adalah notulis. Seseorang notulis biasanya akan membuat sebuah rangkuman isi pembicaraan diskusi yang sudah dilaksanakan.
Notulis akan menulis cacatan berupa notula yang isinya judul diskusi, pembicara atau pemateri, moderator, waktu diskusi, notulis, peserta diskusi, acara/kegiatan, dan simpulan. Bukan hanya notulis, para peserta diskusi pun dapat membuat rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi tersebut. Catatan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti laporan.
Langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi atau seminar antara lain:
• Menyimak apa yang dijelaskan oleh pembicara atau pemateri.
• Mencatat bagian pendahuluan, isi serta penutup secara terperinci.
• Menuliskan hal-hal atau poin penting dalam diskusi.
• Menggunakan bahasa yang jelas, baik, dan benar.
• Membuat simpulan.
S1
Cermati pembicaraan berikut !
Sekar : Sebagaimana telah disampaikan pembicara pertama, setiap manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat. Tetapi, mengapa masih banyak orang yang berperilaku tidak mendukung keinginannya itu? Sekian mohon penjelasan. Terima kasih.
Sekar : Sebagaimana telah disampaikan pembicara pertama, setiap manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat. Tetapi, mengapa masih banyak orang yang berperilaku tidak mendukung keinginannya itu? Sekian mohon penjelasan. Terima kasih.
Pokok pembicaraan yang disampaikan dalam pertanyataan Sekar adalah ....
S2
Cermati pembicaraan berikut !
Bapak, Ibu, Saudara yang saya hormati,
Bagi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, padi menempati urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan. Karena itu, tidaklah mengherankan kalau sebagian besar dana dan daya yang ada dikerahkan untuk pengembangannya, baik melalui program intensifikasi maupun perluasan areal. Di bidang intensifikasi pertanian selain dilakukan penerapan teknologi pertanian modern, juga dikembangkan secara terus menerus berbagai jenis bibit unggul.
Bagi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, padi menempati urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan. Karena itu, tidaklah mengherankan kalau sebagian besar dana dan daya yang ada dikerahkan untuk pengembangannya, baik melalui program intensifikasi maupun perluasan areal. Di bidang intensifikasi pertanian selain dilakukan penerapan teknologi pertanian modern, juga dikembangkan secara terus menerus berbagai jenis bibit unggul.
Hal yang menjadi pokok pembicaraan pada kutipan tersebut adalah ....
S3
Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi antara lain… kecuali.…
S4
Judul diskusi : Peran Keluarga Terhadap Prestasi Siswa
Kalimat yang termasuk pokok pembicaraan dalam sebuah diskusi yang sesuai dengan judul diskusi di atas yaitu….
Kalimat yang termasuk pokok pembicaraan dalam sebuah diskusi yang sesuai dengan judul diskusi di atas yaitu….
S5
Cermati pembicaraan berikut !
Masalah kelautan yang dihadapi dewasa ini adalah tidak adanya dana untuk melindungi ketam kenari, kima, atau tiram mutiara sebagaimana halnya perlidungan terhadap panda dan harimau dari kelompok penghuni darat. Jenis makhluk laut tertentu tiba-tiba punah sebelum manusia sempat melindunginya. Tiram raksasa di kawasan Indonesia bagian barat kebanyakan sudah punah. Sangat sukar menemukan tiram hidup dewasa ini. Padahal, rumah tiram yang sudah mati mudah ditemukan. Demikian juga dengan kepiting kelapa dan kepiiting bagal. Dari mana dana dapat diperoleh untuk melindungi semua itu?
Mari kita simak pembicaran dua nara sumber yang telah ada di hadapan Saudara kali ini.
Masalah kelautan yang dihadapi dewasa ini adalah tidak adanya dana untuk melindungi ketam kenari, kima, atau tiram mutiara sebagaimana halnya perlidungan terhadap panda dan harimau dari kelompok penghuni darat. Jenis makhluk laut tertentu tiba-tiba punah sebelum manusia sempat melindunginya. Tiram raksasa di kawasan Indonesia bagian barat kebanyakan sudah punah. Sangat sukar menemukan tiram hidup dewasa ini. Padahal, rumah tiram yang sudah mati mudah ditemukan. Demikian juga dengan kepiting kelapa dan kepiiting bagal. Dari mana dana dapat diperoleh untuk melindungi semua itu?
Mari kita simak pembicaran dua nara sumber yang telah ada di hadapan Saudara kali ini.
Pokok pembicaraan yang disampaikan pemandu kegiatan seminar tersebut adalah ….
S6
Cermati pembicaraan berikut !
Panji : Orang tua membiayai anaknya sekolah sampai tingkat tinggi, bahkan kalau
mampu, hingga S2 atau S3. Tujuannya agar dapat bekerja dan mencari nafkah. Anehnya masih ada saja sarjana yang tidak bekerja alias menganggur. Ini kan menjadi pertanyaan. Terus terang saya kurang sependapat dengan tanggapan Saudara Ani bahwa setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.
mampu, hingga S2 atau S3. Tujuannya agar dapat bekerja dan mencari nafkah. Anehnya masih ada saja sarjana yang tidak bekerja alias menganggur. Ini kan menjadi pertanyaan. Terus terang saya kurang sependapat dengan tanggapan Saudara Ani bahwa setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.
Pokok-pokok sanggahan yang disampaikan Panji adalah ....
S7
Gaya mengajar seorang guru tentu harus disesuaikan dengan gaya belajar siswanya. Jika gaya belajar siswa adalah visual, tentu guru tersebut harus sering-sering membuat catatan dengan menggunakan spidol-spidol berwarna. Hal ini akan lebih efektif ketimbang dengan menjelaskan materi.
Pokok pembicaraan dari bagian isi sebuah diskusi di atas yaitu….
S8
Cermati pembicaraan berikut !
Rida : Memang benar, dalam perkembangan selanjutnya baik dan buruknya
seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya dan bagaimana pengaruh orang-orang terdekat. Saya pikir ada hal lain yang ikut menentukan dan perlu dipertimbangkan lagi yaitu faktor lingkungan.
seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya dan bagaimana pengaruh orang-orang terdekat. Saya pikir ada hal lain yang ikut menentukan dan perlu dipertimbangkan lagi yaitu faktor lingkungan.
Pokok-pokok pembicaraan Rida yang mendukung pendapat pembicara sebelumnya adalah ....
S9
Judul diskusi : Nutrisi untuk Kesehatan Anak
Pokok pembicaraan yang sesuai dengan judul diskusi di atas adalah, kecuali.…
S10
Cermati pembicaraan berikut !
Muhanam : Saudara-saudara, kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap keluarga
dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada besar kecilnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang penghasilannya sangat rendah, kebutuhan pokok sehari-hari akan sulit terpenuhi. Lain halnya dengan keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mereka tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan primernya, kebutuhan-kebutuhah yang bersifat sekunder pun dapat dijangkaunya. Misalnya, dengan penghasilannya mereka mampu membeli sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.
dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada besar kecilnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang penghasilannya sangat rendah, kebutuhan pokok sehari-hari akan sulit terpenuhi. Lain halnya dengan keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mereka tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan primernya, kebutuhan-kebutuhah yang bersifat sekunder pun dapat dijangkaunya. Misalnya, dengan penghasilannya mereka mampu membeli sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.
Pokok-pokok pembicaraan yang dikemukakan Muhanam adalah ....