Contoh Soal Pengertian Budaya dan Budaya Nasional

Contoh Soal Pengertian Budaya dan Budaya Nasional Kebudayaan adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yang diartikan sebagai budi atau akal. Dari asal usul kata, kebudayaan diartikan sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi atau akal. Menurut EB Taylor, kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian dan kemampuan – kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Sementara Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mendefenisikan kebudayaan sebagai sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dan Koentjaraningrat mendefenisikan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan cara belajar.
Secara umum, budaya adalah kebiasaan yang berkembang di daerah – daerah dan menjadi milik suku – suku bangsa di sebuah wilayah. Budaya hidup dan berkembang di masing – masing daerah yang ada dalam wilayah tersebut. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya nasional sendiri diartikan sebagai kebudayaan yang terbentuk dari keseluruhan budaya lokal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia dengan ditambah hasil serapan dari budaya asing atau budaya global namun tetap dengan ikatan yang menjadi ciri khas budaya lokal Indonesia. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan nasional berfungsi sebagai pemberi identitas kepada sebuah negara sebagai kontinuitas sejak kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau sampai kebudayaan nasional masa kini. Dalam masyarakat, ada dua pandangan terhadap kebudayaan nasional. Pandangan pertama mengatakan bahwa kebudayaan nasional belum memiliki bentuk yang jelas dan hanya terdiri dari unsur – unsur pendukung kebudayaan nasional saja yaitu kebudayaan etnik dan asong. Sementara pandangan yang lain mengatakan kebudayaan nasional tersebut sudah ada, karena kebudayaan tidak hanya sebatas seni, namun juga sejumlah produk buatan manusia dan kebiasaan – kebiasaan lainnya yang dilakukan secara turun temurun.
Beberapa unsur – unsur yang membentuk kebudayaan nasional, antara lain:
1. Sistem Kepercayaan
Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan,sistemkepercayaan dalam masyarakat Indonesiamulai tumbuh. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang terus berkembang pada masa bercocok tanam hingga masa perundagian. Selain penghormatan terhadap roh nenek moyang,ada kepercayaan terhadap kekuatan alam.
2. Sistem Kemasyarakatan
Sistem ini mulai tumbuh ketika manusia hidup bercocok tanam dan jumlahnya besar.Sistem kemasyarakatan terus berkembang khususnya pada masa perundagian,pada masa ini kemasyarakatan menjadi lebih kompleks,yaitu terbagi menjadi kelompok-kelompok tertentu sesuai dengan bidang keahliannya.
3. Sistem Bahasa
Bahasa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia terangkum dalam kesatuan rumpun bahasa,yaitu rumpun bahasa melayu austronesia atau bahasa melayu kepulauan selatan.
4. Organisasi Sosial
Hubungan masyarakat dalam suatu kelompok suku erat,pola kerjasama dlm hidup gotong- royong dlm suatu kelompok suku.

Contoh Soal Pengertian Budaya dan Budaya Nasional

Kebudayaan adalah salah satu kata serapan dari bahasa ….
Kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan cara belajar. Ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh ….
Budaya berkembang di antara ….
Budaya terbentuk dari berbagai unsur berikut, kecuali ….
Budaya nasional terbentuk dari unsur budaya lokal dan ….
Animisme dan Dinamisme di masa pra sejarah Indonesia adalah bagian dari kebudayaan ditinjau dari segi ….
Pembagian masyarakat menjadi kelompok – kelompok berdasarkan keahlian yang dimiliki adalah salah satu kebudayaan ditinjau dari segi ….
Bahasa yang tersebar di Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa …
Unsur – unsur berikut menjadi pembentuk kebudayaan nasional, kecuali ….
Fakta berikut tentang kebudayaan yang tidak tepat adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel