Contoh Soal Menangkap Makna Teks Cerita Moral atau Fabel

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Cerita Moral atau FabelCerita fabel adalah cerita fiksi yang menggunakan binatang atau hewan sebagai tokoh-tokohnya. Cerita fabel sering disebut sebagai cerita moral karena mengandung kisah-kisah yang berhubungan dengan moral.
      Tujuan fabel tidak sekadar menghibur, tetapi juga mengandung nilai luhur, budi pekerti, dan berbagai pesan moral untuk kehidupan manusia. Fabel memiliki ciri-ciri yang bisa dengan mudah dikenali. Ciri-ciri fabel tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tokoh-tokoh di dalamnya diperankan oleh hewan-hewan yang bertingkah laku seperti manusia.
  2. Memiliki informasi berdasarkan khayalan.
  3. Umumnya diceritakan secara pendek dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
  4. Berisi pesan moral serta kritik untuk kehidupan.
  5. Umumnya menggunakan latar belakang alam atau hutan.
  6. Umumnya bercerita tentang karakter manusia yang kuat dan lemah.
      Selain ciri-ciri, fabel juga memiliki struktur pembangun teksnya sendiri. Struktur cerita fabel adalah sebagai berikut.
1. Judul
Judul merupakan kepala karangan yang berfungsi untuk memberikan gambaran umum cerita pada pembaca.
2. Orientasi
Orientasi dalam fabel merupakan kalimat awal untuk mengenalkan karakter para tokoh, waktu, dan tempat.
3. Komplikasi
Komplikasi merupakan bagian ketika konflik mulai muncul.
4. Klimaks
Klimaks merupakan bagian saat konflik sedang berada di puncak.
5. Resolusi
Resolusi merupakan bagian penyelesaian konflik atau masalah.
6. Koda
Koda merupakan pesan moral yang disampaikan oleh pengarang. Akan tetapi, tidak semua pengarang mencantumkan koda pada cerita fabelnya.
Menangkap Makna Teks Cerita Moral/Fabel
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fabel merupakan sebuah cerita yang mengandung pesan moral di dalamnya. Pengarang akan memberikan pesan moral kehidupan yang diceritakan dengan menggunakan tokoh hewan.
Menangkap makna teks cerita moral/fabel bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut.
  1. Membaca teks cerita fabel secara keseluruhan.
  2. Mengenali watak masing-masing tokoh.
  3. Memahami jalan cerita.
  4. Menemukan pesan moral dalam cerita.
Pesan moral ada yang disampaikan secara langsung, misalnya pengarang menuliskan kalimat pesan moral di akhir cerita. Tetapi pesan moral ada juga yang disampaikan secara tidak langsung. Pembaca bisa memahami pesan moral yang disampaikan dengan membaca keseluruhan cerita.

Perhatikan Contoh Teks Fabel Berikut

      Makna yang bisa diambil dari cerita fabel di atas adalah kesabaran dan usaha keras penting untuk dilakukan. Menyadari kesalahan yang telah dibuat serta berusaha untuk lebih baik lagi adalah perbuatan yang terpuji.

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Cerita Moral atau Fabel

Di saat semua semut lain sedang bekerja keras, semut yang merasa dirinya paling besar hanya duduk diam saja. Dia merasa tidak perlu harus bekerja keras mengumpulkan makanan karena masih ada banyak waktu, jadi bersantai saja dahulu. Kemudian tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras. Para semut yang sudah mengumpulkan makanan kembali ke rumahnya dan istirahat dengan tenang. Hujan terus turun sangat lama, Si Semut besar yang malas bekerja mengumpulkan makanan itu tidak memiliki makanan lagi, ia kelaparan dan hujan belum juga reda. (Oleh: Dias)
Makna yang bisa ditangkap dari potongan cerita fabel di atas adalah ....
Monyet membagikan pisang kepada lima orang temannya. Mereka mendapatkan masing-masing 3 buah pisang, begitu juga dengan Si Monyet. Monyet sangat senang berbagi, ia selalu membagikan makanan yang sudah didapatkannya, terutama pada teman-temannya yang kekurangan makanan. Ia tidak pernah serakah dan selalu senang membantu. 
(Oleh: Dias)
Dalam cerita fabel di atas, karakter monyet adalah ....
Potongan cerita fabel di bawah ini yang mengandung pesan moral “kejujuran” adalah ....
Kupu-kupu sedang asyik menghisap madu dari bunga sepatu yang mekar sempurna. Ia tidak menyadari kehadiran kupu-kupu lain di belakangnya. Kupu-kupu itu tiba-tiba muncul menyenggol kupu-kupu yang sedang menghisap madu tersebut. Kupu-kupu yang sedang menghisap madu merasa tidak terima dan terjadilah perang mulut di antara mereka berdua.
Pesan moral dari cuplikan cerita di atas adalah ....
Perhatikan teks cerita fabel di bawah ini! 
(1) Kancil terus meloncat dari satu pohon ke pohon lainnya. 
(2) Semua rumput yang berhasil dikumpulkannya disimpan di bagian punggungnya yang sudah disediakan wadah rumput sebelumnya.
(3) Kancil melompat riang di pagi hari yang cerah.
(4) Ia memasuki padang rumput dan langsung mencabuti rumput dengan mulutnya.
Susunan teks cerita fabel yang tepat agar mengandung makna adalah ....
Contoh kalimat cerita fabel yang mengandung pesan moral adalah ....
Ayam dan kucing akhirnya memutuskan untuk mencari anak ayam yang hilang bersama-sama. Ayam pun meminta maaf pada kucing karena telah menuduhnya menculik anak kesayangannya. Kucing pun memaafkan Ibu Ayam dan berjanji akan membantu sebaik mungkin.
Menuduh tanpa alasan dan bukti bukanlah perbuatan yang baik. Sebelum menuduh orang lain melakukan sebuah tindakan, sebaiknya bertanya dengan baik terlebih dahulu dan carilah bukti yang pasti. 
Paragraf kedua dari contoh potongan cerita fabel di atas termasuk ke dalam ....
Alkisah di sebuah hutan hijau lebat pada pagi hari yang cantik, seekor musang berbulu halus indah sedang mencuci ekornya. Ia terus mengusap bulu ekornya yang cantik tersebut. Ia memiliki bulu ekor berwarna cokelat terang dipadu garis hitam indah di bagian tengahnya. Semua orang selalu memuji kecantikan dan keindahan bulu ekornya tersebut.
Karena setiap hari ia selalu mendapatkan pujian, sang musang pun mulai merasa dirinya sangat luar biasa berharga. Ia tidak mau lagi bekerja mencari makanan, ia hanya ingin dilayani. Ia tidak mau bulu ekornya yang cantik menjadi rusak ketika ia mencari makanan. Ia pun mulai bersikap arogan di hadapan teman-temannya dan selalu memuji dirinya sendiri. 
(Oleh: Dias)
Makna yang bisa ditangkap dari potongan cerita fabel di atas adalah ....
Kucing tua memberikan banyak nasehat pada kucing muda sebelum ia memulai petualangannya. Kucing muda pun selalu menuruti semua nasehat dari kucing tua dan ia tidak pernah mendapatkan masalah. Sampai suatu hari, kucing muda mulai tergoda oleh banyaknya emas yang bisa ia dapatkan dari rumah seorang kucing kaya yang ia lintasi. Karena tidak bisa menahan dirinya, kucing muda itu pun sengaja menyelinap malam-malam dan mengambil sedikit emas dari rumah kucing kaya. Tetapi, ia tidak tahu kalau kucing kaya sudah mengetahui niatnya dan akhirnya ia pun ditangkap karena sudah mencuri emas dari kucing kaya.
Makna yang bisa ditangkap dari potongan cerita fabel di atas adalah ....
Potongan teks cerita fabel di bawah ini yang merupakan resolusi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel