Contoh Soal Pemberontakan PKI Madiun

Contoh Soal Pemberontakan PKI Madiun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah perwujudan sikap kedaulatan Indonesia terhadap segala upaya, baik dari pihak internal maupun eksternal, yang berupaya untuk mengganggu pemerintahan dengan caranya masing-masing. Kedaulatan jelas mendapatkan banyak tantangan, terutama dari internal bangsa sendiri. Banyaknya ideologi yang berkembang di Indonesia menjadi salah satu cikal bakal dari upaya pemberontakan yang sebagian besar bertujuan untuk memisahkan diri dari NKRI atau pun mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi yang mereka anut.
Salah satu tantangan yang menghadang bangsa Indonesia dalam proses menuju negara dengan stabilitas dan kedaulatan utuh, datang dari Partai Komunis Indonesia. Tumbuh dan berkembangnya ideologi komunis di Indonesia sangat mungkin dipengaruhi oleh sistem liberal pada masa awal proklamasi kemerdekaan. Maklumat Pemerintah No. X Tanggal 3 November 1945 turut memberi angin segar pada pertumbuhan ideologi komunis.
Pemberontakan PKI pertama kali di Indonesia berlangsung pada tahun 1948 di Madiun. Pemberontakan didalangi oleh Amir Sjarifuddin dan Musso. Amir Sjarifuddin sendiri adalah mantan petinggi pemerintahan yang tersingkir dari kekuasaan pasca Perundingan Renville. Kekecewaan karena jatuh dari kekuasaan membawanya membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR). Sedangkan Musso adalah tokoh lama PKI yang pernah gagal melakukan pemberontakan terhadap Pemerintah Hindia Belanda sekitar tahun 1926.
Pemberontakan PKI Madiun bermula dari tersebarnya propaganda anti pemerintah Soekarno-Hatta dari Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang didukung oleh Partai Sosialis Indonesia, PKI, dan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia. Kelompok ini terkenal dengan beberapa aksi menentang pemerintah, seperti:
1. Penyebarluasan propaganda anti pemerintah,
2. Pemogokan-pemogokan kerja buruh di berbagai perusahaan, dan
3. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan pasukan TNI di beberapa daerah di Pulau Jawa.
Puncak dari aksi pemberontakan PKI berlangsung pada 18 September 1948 di Madiun dengan mengumumkan berdirinya Negara Republik Soviet Indonesia. Aksi kemudian dilanjutkan dengan penyiksaan dan pembunuhan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan, perwira polisi, dan tokoh masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia mengambil tindakan tegas menghadapi pemberontakan, di antaranya melalui pengangkatan Kolonel Gatot Subroto sebagai Gubernur Militer Daerah Istimewa Surakarta, dengan wilayah kekuasaan meliputi Semarang, Pati dan Madiun.
Perlawanan bersenjata pun dilakukan setelah terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Posisi Indonesia bisa dibilang tidak diuntungkan karena konsentrasi militer terpecah akibat upaya mengamankan garis demarkasi atau garis van Mook yang menjadi batas wilayah Indonesia dengan Belanda. Dari koordinasi strategi, ditetapkan dua pimpinan untuk menumpas pasukan pemberontak. Kolonel Gatot Soebroto memimpin serangan dari Jawa Tengah, sedangkan Kolonel Soengkono di Jawa Timur membantu pengerahan kekuatan TNI dan Polisi. Adapun Kolonel A.H Nasution menggantikan posisi Jenderal Besar Sudirman, yang sedang sakit keras, sebagai Komando dari Markas Besar Panglima Komando Jawa. Perlawanan PKI Madiun berhasil dihentikan pada 30 September 1948 dengan merebut kembali seluruh kota Madiun. Musso yang hendak melarikan diri ke luar kota dapat dikejar dan ditembak oleh pasukan TNI, sementara Amir Sjarifuddin tertangkap di daerah Purwodadi dan dihadapkan ke Pengadilan Militer dengan vonis hukuman mati.

Contoh Soal Pemberontakan PKI Madiun

Ideologi di awal kemerdekaan Indonesia yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya ideologi komunis adalah ….
Sistem politik multi partai di Indonesia yang memungkinkan pertumbuhan berbagai partai dengan bermacam ideologi dijamin dalam Maklumat Pemerintah No.X Tanggal ….
Upaya pemberontakan PKI pertama kali dilakukan di daerah ….
Mantan pejabat kabinet pemerintahan Indonesia yang menjadi dalang dari Pemberontakan PKI tahun 1948 ialah ….
Berikut adalah organisasi politik yang terlibat dalam pemberontakan di Madiun, kecuali ….
Musso, salah satu tokoh Partai Komunis Indonesia, pernah melakukan upaya pemberontakan terhadap Pemerintah Hindia Belanda di tahun ….
Pemberontakan PKI di Madiun terjadi pada tanggal ….
Untuk menyatukan kekuatan TNI dalam melawan pemberontakan PKI di Madiun, ditunjuk pimpinan pasukan bernama ….
Penumpasan pemberontakan PKI di Madiun mengalami hambatan karena ….
Perlawanan pemberontak PKI di Madiun berhasil diatasi pada tanggal …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel