Contoh Soal Ikatan Valensi dan Ikatan Kovalen

Contoh Soal Ikatan Valensi dan Ikatan Kovalenatom merupakan blok bangunan dari alam semesta kita. Jika satu atom atau unsur dipelajari, akan terbukti memiliki inti bermuatan positif proton dan muatan netral neutron. Di luar inti berputar awan energi yang terdiri dari elektron bermuatan negatif. Elektron ini ' memiliki muatan negatif, dan angka di kulit terluar energi disebut kulit valensi yang bertanggung jawab atas atom ikatan yang bersama -sama dan membentuk senyawa baru. . Jumlah elektron valensi di kulit terluar menentukan bagaimana reaksi unsur ketika terjadi interaksi dengan unsur lain. Para ilmuwan menggunakan diagram yang menggambarkan inti dengan elektron ditempatkan dalam berbagai orbit untuk tujuan demonstrasi yang lebih mudah..

Unsur biasanya memiliki satu hingga delapan elektron valensi. Semakin banyak elektron valensi , maka semakin stabil atom yang berada di sekitar atom lainnya . Hal tersebut membutuhkan lebih sedikit energi agar menjadi stabil, namun atom selalu berusaha untuk mencapai tujuan untuk memiliki delapan elektron valensi. Mereka mencapai hal ini dengan memberikan elektron valensi mereka untuk atom lain untuk membentuk ikatan ion atau membagi elektron terluar mereka dengan atom lainnya untuk bentuk ikatan kovalen.

Ikatan Kovalen terbentuk di antara dua non-logam ketika mereka berbagi sepasang elektron (ikatan kovalen tunggal) atau lebih dari satu pasang (ikatan ganda atau triple). Ikatan kovalen ini terjadi saat sebuah unsur tidak bisa mencapai gas mulia atau kondisi yang stabil dengan hanya memberikan satu atau dua elektron. Ikatan kovalen biasanya baik polar atau berlawananatau nonpolar.  Sebuah contoh sederhana dari ikatan kovalen yaitu antara dua atom hidrogen masing-masing memiliki satu elektron valensi. Mereka dapat berbagi elektron terluar mereka untuk memiliki valensi luar penuh dua elektron menjadi H2. Karena ada elektron yang tidak berpasangan dengan muatan negatif, dengan molekul positif pada kedua sisi. Ini adalah Ikatan Kovalen NonPolar.  Ketika muatan positif H2K tertarik atau ditarik ke arah oksigen unsur bermuatan negatif, yang memiliki enam elektron valensi, air atau H2O adalah bentuk. Oksigen sekarang membentuk ikatan ganda untuk berbagi dua pasang elektron untuk mendapatkan kulit valensi ke delapan yang diinginkan. Senyawa ini memiliki dua pasang elektron yang tidak berpasangan dan masih memiliki muatan negatif. Untuk menjadi Ikatan kovalen polar harus terdapat pembagian yang tidak merata pada pasangan elektron, sehingga memiliki muatan negatif pada salah satu ujung dan muatan positif di sisi lain. Yang lebih besar muatan negatif akan menarik molekul air dengan molekul H2

Sebuah unsur elektronegativitas adalah pengukuran seberapa kuat unsur menarik elektron. Perbedaan elektronegativitas antara dua unsur dapat memprediksikan jenis ikatan yang dapat dibentuk. Perbedaan dari 1,7 atau lebih akan biasanya membentuk ikatan ionik. Jika perbedaannya kurang dari 1,7 ikatannya biasanya kovalen. Ketika membaca tabel periodik dari kiri ke kanan melintasi baris atau periode, unsur elektronegativitas akan meningkat. Oksigen adalah pada sisi kanan meja dan memiliki daya tarik kuat bagi elektron.  

Contoh Soal Ikatan Valensi dan Ikatan Kovalen

Manakah elektron yang terletak di dalam atom?
Sebuah ikatan kovalen biasanya terbentuk antara dua ___________.
Ikatan polar terbentuk di antara ___________ partikel.
Ikatan kovalen akan berbagi sepasang____________.
Elektronegativitas suatu unsur adalah ukuran seberapa kuat unsur akan menarik elektron. Manakah kasus yang dapat memprediksi ikatan kovalen?
Kapan Hterbentuk, berapa banyak elektron yang dibagi ?
Ikatan kovalen dapat memiliki ___________  mengikat ketika hanya membagi sepasang elektron.
Agar menjadi stabil atom membutuhkan ___________. 
Molekul diatomik adalah ....
Setelah satu atom Oksigen dan dua atom hidrogen membentuk ikatan kovalen
menjadi molekul air. Molekul ini sekarang ____________.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel