Contoh Soal Sejarah lahirnya Hindu Budha dan teori masuknya Hindu Budha di Indonesia

Contoh Soal Sejarah lahirnya Hindu Budha dan teori masuknya Hindu Budha di IndonesiaSejarah agama Hindu berawal dari akulturasi antara budaya bangsa Arya dan Dravida. Agama Hindu pada dasarnya merupakan usaha mengkonkritkan pengertian filasafat yang tidak saja mewujudkan dewa, tetapi lebih jauh lagi yaitu Dewa diwujudkan dalam bentuk yang dapat diraba, dipatungkan. Pemujaan patung dewa inilah yang menjadi corak dalam ajaran Hindhu. Inilah yang biasa disebut Agama Hindu. 
Pandangan hidup agama Hindu bersumber pada ajaran Weda, yaitu nama untuk kitab sucinya. (wid=tahu, weda=pengetahuan khusus, tertinggi).dalam arti sempit Weda terdiri atas 4 himpunan (samhita) yaitu :
a. Rigweda, berisi 1028 sukta atau syair pujian terhadap dewa-dewa
b. Samaweda, sebagian besar berisi syair-syair dari Rigweda tetapi seluruhnya diberi tanda-tanda nada untuk dapat dilagukan/dinyanyikan.
c. Yajurweda, berisi doa-doa untuk pengantar sesaji yang disampaikan kepada dewa dengan diiringi pengajian Rigweda dan nyanyian Samaweda.
d. Atharwaweda, berisi mantra-mantra dan jampi-jampi untuk sihir dan ilmu gaib, mengusir penyakit, menghancurkan musuh, mengikat cinta, memperoleh kedudukan/kekuasaan, dsb.
Pada mulanya Agama Budha adalah ajaran kebaikan yang bertujuan membebaskan manusia dari lingkaran samsara (moksa).Ajaran ini dibawa oleh Sidharta Gautama Dalam usahanya mencapai nirwana terdapat dua aliran yaitu Mahayana(kendaraan besar), Hinayana(kendaraan kecil).
Agama Budha ini kitab sucinya Tripitaka (tiga keranjang)yang menggunakan bahasa Pali, yaitu bahasa rakyat daerah Magadha. Tiga pokok ajaran Tripitaka itu adalah :
- Winayapittaka, berisi segala macam aturan dan hukum yang menentukan cara hidup pemeluknya
- Sutantra Pitaka, berisi wejangan-wejangan Sang Budha
- Abhidharmapittaka, berisi penjelasan dan kupasan soal keagamaan
- Teori Brahmana
Menurut teori ini pembawa pengaruh Hindu Budha di Indonesia adalah golongan pemuka agama atau brahmana.Tokoh yang mendukung teori ini adalah Coedes.Bukti yang memperkuat teori uni adalah adanya prasasti yang ditemukan di Indonesia menggunakan bahasa sanksekerta. Pendeta atau pemuka agama adalah kalangan yang ,mengetahui bahasa sanksekerta.
Ada beberapa teori tentang masuk dan berkembangnya Hindu Budha ke Indonesia yaitu:
- Teori Ksatria
Menurut teori ini pembawa pengaruh Hindu Budha ke Indonesia adalah kalangan ksatria atau bangsawan dan prajurit melalui praktek kolonisasi. Tokoh Yang mendukung teori ini adalah FDKL Bosch.
- Teori waisya
Menurut teori ini pembawa pengaruh Hindu Budha ke Indonesia adalah kalangan pedagang mengingat posisi geografis Indonesia yang strategis dalam jalur perdagangan kuno pada saat itu. Tokoh yang mendukung teori ini adalah NJ Krom. 
- Teori sudra
Menurut teori ini pembawa pengaruh Hindu Budha ke Indonesia adalah kalangan budak.

- Teori Arus Balik
Menurut teori ini masuk dan berkembangnya pengaruh Hindu Budha ke Indonesia karena adanya timbal balik dari kedua belah pihak baik Indonesia maupun India.

Contoh Soal Sejarah lahirnya Hindu Budha dan teori masuknya Hindu Budha di Indonesia


Agama yang merupakan wujud akulturasi antara budaya bangsa Arya dengan Dravida adalah…
Kitab suci agama Budha adalah…
Bagian dari Kitab Wedha yang berisi tentang doa-doa untuk menyembuhkan penyakit dan ilmu sihir adalah...
Tokoh yang mendukung teori waisya dan menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha dibawa oleh pedagang adalah…
Teori Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra dan Arus balik, merupakan berbagai teori tentang masuknya pengaruh Hindu Budha dilihat dari…
Ajaran agama yang memuja lebih dari 1 Tuhan disebut…
Teori Brahmana yang menyatakan bahwa pengaruh Hindu Budha dibawa oleh pemuka agama diperkuat dengan adanya argumen…
Black Water adalah anggapan masyarakat Kuno India yang berkeyakinan jika orang India keluar dari India melalui jalur laut maka akan mendapatkan bencana. Hal ini merupakan kelemahan dari teori...
Ajaran Hindu dan Budha diterima oleh masyarakat Indonesia karena...
Berdasarkan 5 teori tentang masuk dan berkembangnya Hindu Budha, teori yang paling lemah kebenarannya dilihat dari keadaan pada saat itu adalah...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel