Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Eksplanasi

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks EksplanasiMasih ingatkah kalian tentang cara menganalisis kekurangan teks eksplanasi yang telah dibahas dalam materi sebelumnya? Kekurangan teks dapat kita cermati dalam hal struktur, kepaduan teks, dan kaidah kebahasaan. Kali ini kita akan belajar menyunting dan merevisi teks eksplanasi. Hal ini dapat kita lakukan dengan tetap mengingat kaidah kebahasaan yang digunakan di dalam teks eksplanasi.
      Seperti yang telah dijelaskan, modal dasar dalam menyunting dan merevisi teks eksplanasi adalah pemahaman kita terhadap struktur dan kaidah kebahasaannya. Berikut adalah bagan yang akan memudahkan kita dalam menganalisisnya.

Penjelasan Bagan

      Struktur teks eksplanasi selalu diawali dengan bagian pernyataan umum yang berupa kalimat definisi dengan ciri penggunaan kopula. Bagian pernyataan umum kemudian wajib dilanjutkan oleh deretan penjelas. Kedua bagian ini harus berurutan agar menimbulkan kepaduan informasi penjelasan fenomena yang dibahas.
      Bagian deretan penjelas harus bercirikan kata kerja aksi dan adanya penggunaan konjungsi sebab-akibat (kausalitas). Kedua kaidah kebahasaan ini wajib dimunculkan agar memudahkan penulis dalam menyampaikan deretan penjelas sebab terjadinya sebuah fenomena dan apa akibatnya. 
      Bagian berikutnya adalah interpretasi yang dapat muncul atau tidak (pilihan). Bagian ini berisi informasi yang telah dinyatakan sebelumnya sehingga penggunaan konjungsi yang menunjukkan kesimpulan juga dapat digunakan. Selain itu, bagian ini berisi pandangan penulis sehingga penggunaan kalimat opini berkemungkinan untuk digunakan. Hubungan setiap bagian dapat ditandai oleh penggunaan kohesi, seperti penggunaan kata tunjuk itu, tersebut, atau konjungsi kesimpulan yang berada dalam bagian interpretasi dapat juga berfungsi sebagai kohesi. Kita akan anggap bagan di atas adalah skema dasar kita (kerangka acuan) dalam mencoba menyunting dan merevisi suatu teks eksplanasi.

Selanjutnya, mari kita menyunting!

Contoh teks eksplanasi
Keunikan Relampago del Catatumbo dapat terlihat di sepanjang muara sungai Catatumboi di Danau Maracaibo yang terletak di Venezuela. Relampago tercipta karena adanya aliran angin yang bertiup di bagian Danau Maracaibo dan di sekitar dataran berawa. Kumpulan udara ini akan memenuhi punggung pegunungan tinggi Andes yang kemudian menciptakan panas dan kelembapan. Panas dan kelembapan ini kemudian akan menciptakan muatan listrik. Akibat kestabilan massa udara, aktivitas badai ini akan berlangsung terus-menerus. Petir-petir ini muncul setiap 140 -160 malam per tahun. Relampago adalah istilah yang digunakan dalam bahasa Spanyol yang berarti ‘petir’. Petir-petir ini akan terus berpijar selama sepuluh jam dan bisa menyebabkan 280 kali sambaran tiap jamnya. Petir-petir ini tentu saja dapat dinikmati dengan mata telanjang.
      Relampago del Catacumbo yang sangat unik, langka, dan luar biasa sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan. Kita bisa membayangkan bagaimana wujud sebuah generator tunggal terbesar dalam lapisan ozon Bumi.
      Bisakah kalian menganalisis kekurangan teks eksplanasi di atas? Jika kita cermati dari segi struktur, tampak bahwa teks tersebut hanya berisi dua bagian, yaitu deretan penjelas dan interpretasi. Bagian pernyataan umum tidak terlihat dengan jelas akibat tidak adanya penggunaan kopula sebagai penanda kalimat definisi di bagian awal. Kopula justru muncul pada bagian tengah paragraf pertama. 
      Teks eksplanasi di atas dapat kita perbaiki dengan membagi paragraf pertama menjadi dua bagian: satu bagian untuk pernyataan umum dan satu bagian berikutnya untuk deretan penjelas. Kalimat yang berisi kopula dapat kita pindahkan ke bagian awal teks. 

Relampago adalah istilah yang digunakan dalam bahasa Spanyol yang berarti ‘petir’. Karena Catatumbo adalah nama tempat fenomena itu terjadi, kita bisa mengartikan bahwa Relampago del Catatumbo adalah petir-petir Catatumbo. Keunikan Relampago del Catatumbo memang dapat terlihat di sepanjang muara sungai Catatumboi di Danau Maracaibo yang terletak di Venezuela.
      Fenomena ini tercipta karena adanya aliran angin yang bertiup di bagian Danau Maracaibo dan di sekitar dataran berawa. Kumpulan udara ini akan memenuhi punggung pegunungan tinggi Andes yang kemudian menciptakan panas dan kelembapan. Panas dan kelembapan ini kemudian akan menciptakan muatan listrik. Akibat kestabilan massa udara, aktivitas badai ini akan berlangsung terus-menerus. Petir-petir ini muncul setiap 140 -160 malam per tahun. Petir-petir ini akan terus berpijar selama sepuluh jam dan bisa menyebabkan 280 kali sambaran tiap jamnya. Petir-petir ini tentu saja dapat dinikmati dengan mata telanjang.(1)
      Penampakan alam yang unik dan langka ini yang(2) sangat luar biasa sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan. Kita bisa membayangkan bagaimana wujud sebuah generator tunggal terbesar dalam lapisan ozon Bumi.
Struktur teks eksplanasi di atas sudah tepat karena terdiri atas tiga bagian: pernyataan umum^ deretan penjelas ^ interpretasi. Bagian yang dicetak tebal adalah kohesi yang berfungsi agar hubungan antarkalimat terjalin dengan baik, sedangkan bagian yang dicoret adalah hal yang tidak perlu dituliskan dengan alasan (1) mengganggu struktur deretan penjelas dan (2) menganggu struktur kalimat karena ketiadaan predikat.

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Eksplanasi

  1. Es halo yang terbentuk oleh kristal es akan membentuk piring di awan cirrus.
  2. Circumhorizontal atau pelangi api adalah fenomena atmosfer yang tercipta ketika matahari berada di titik tertinggi di langit, yaitu lebih dari 58º di atas garis horison.
  3. Cahaya matahari kemudian dibiaskan oleh es berbentuk halo ini.
  4. Jika pelangi umumnya melengkung, circumhorizontal akan membentuk pelangi serupa api yang menyala.
  5. Sama seperti proses pelangi pada umumnya, pembiasan ini akan menciptakan warna- warna, tetapi dalam bentuk yang berbeda.
Susunan kalimat yang tepat agar terbentuk teks eksplanasi yang baik adalah ....
Hujan meteor adalah peristiwa ketika terdapat batu meteor yang masuk ke lapisan atmosfer bumi dalam jumlah yang sangat banyak. (... )Akan tetapi, karena bergesekan dengan atmosfer Bumi, batu tersebut terbakar dan memperlihatkan pijaran api. 
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah ....
Circumhorizontal adalah fenomena alam yang menarik yang mungkin dapat kalian temukan saat musim panas. Begitu cantiknya penampakan fenomena ini membuatnya menjadi salah satu yang dikagumi.
Penggalan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Magma yang kemudian keluar dari gunung disebut juga dengan lava yang bisa mencapai suhu 700 – 1.2000ºC. Selain mengeluarkan lava, letusan gunung berapi juga dapat membawa batu dan abu yang dapat menyembur hingga radius 18 km atau lebih.
Gagasan utama yang tepat agar bagian teks di atas menjadi lengkap adalah ....
Lingkaran tanaman atau crop circle suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman dan muncul biasanya dalam waktu semalam. Ditemukan kali pertama di Inggris pada akhir tahun 1970 dengan pola yang sederhana yang kemudian berkembang menjadi lebih rumit pada penemuan-penemuan selanjutnya. Polanya tidak hanya sebatas lingkaran. Akan tetapi, karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran masih dipertahankan.
Berikut adalah perbaikan penggalan bagian di atas agar menjadi teks eksplanasi yang baik, kecuali ....
Gunung berapi yang meletus akan membawa gas vulkanik yang tentu akan berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup yang berada di jalur gas tersebut bergerak.
Berikut ini adalah kalimat penjelas yang tepat yang dapat menjelaskan hubungan sebab-akibat dari penggalan teks di atas, kecuali ....
Anime adalah anime khas Jepang yang dicirikan dengan gambar yang beraneka warna. Anime menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam latar. Hal yang membedakan anime dengan kartun lainnya adalah anime dipengaruhi oleh gambar-gambar manga dan sebagian besar anime memang diadaptasi dari komik-komik manga. Kata anime ditulis dalam huruf katakana karena memang serapan yang diambil dari bahasa Inggris animation dan diucapkan anime-shon.
      Anime yang pertama kali mencapai kepopulerannya adalah Astro Boy karena Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang dengan grafik yang lebih bagus dan cerita yang juga lebih menarik dan seru. Di Jepang sendiri, anime dan manga sangat disukai, bahkan menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Jepang, baik muda maupun tua.
Pernyataan yang tepat terkait teks eksplanasi di atas adalah ....
(1) Gunung Tambora merupakan gunung yang terletak di Pulau Sumbawa, Indonesia. (2) Terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya yang menyebabkan gunung ini memiliki tinggi hingga 4.300 m² dan pernah menjadi puncak tertinggi di Indonesia. (3) Tambora diperkirakan telah berada di bumi sejak 57.000 BP. (4) Berdasarkan hasil penyelidikan geologi, kerucut vulkanik di gunung ini sudah terbentuk sebelum letusan tahun 1815. 
Kalimat yang memiliki kesalahan struktur akibat tidak adanya subjek dalam teks di atas adalah ....
Kata tsunami berasal dari dua kata bahasa Jepang: Tsu ‘pelabuhan’ dan nami yang berarti ‘gelombang’. Secara etimologi, tsunami berarti ombak besar di pelabuhan. Tsunami merupakan fenomena alam yang sebagian besar menyebabkan bencana karena perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.
      Penyebab tsunami dapat bermacam-macam, yaitu gempa bumi bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, atau hantaman meteor di laut. Gelombangnya dapat merambat ke segala arah dan semakin tinggi kala mendekati bibir pantai. Gelombang yang tinggi ini mampu merusak apa saja yang dilaluinya.
Interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks eksplanasi di atas adalah ....
Gunung Tambora yang pernah meletus pada April tahun 1815 dengan dampak letusan yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan perubahan iklim di bumi.
Perbaikan kalimat yang tepat penggalan teks eksplanasi di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel