Contoh Soal Menelaah Teks Eksplanasi

Contoh Soal Menelaah Teks Eksplanasi Menelaah teks merupakan sebuah upaya untuk menganalisis sebuah teks berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan teks tersebut. Begitu juga dengan teks eksplanasi. Kamu bisa menelaah teks eksplanasi dengan melakukan analisis dari segi struktur teks serta ciri kebahasaannya. Menelaah sebuah teks eksplanasi bisa dilakukan dengan menemukan beberapa aspek penting seperti digambarkan dalam tabel di bawah ini!

Cara Menelaah Teks Eksplanasi Menggunakan Tabel

Setelah mengetahui cara untuk menelaah teks eksplanasi, lihatlah contoh menelaah teks eksplanasi di bawah ini menggunakan tabel seperti di atas.
                              Tanah Longsor
Salah satu peristiwa bencana alam yang umum terjadi di musim penghujan adalah tanah longsor. Kejadian ini banyak terjadi di wilayah dengan kondisi tanah yang rapuh serta wilayah yang memang sudah sering dilakukan pembalakan liar. 
      Tanah longsor bisa terjadi karena beberapa sebab. Pertama terjadi karena faktor alam itu sendiri seperti hujan deras yang terus-menerus terjadi yang menyebabkan tanah mengalami pergeseran dan akhirnya terjadi longsor. Kemudian selanjutnya terjadi karena faktor sosial yaitu seringnya terjadi penebangan pohon liar pada area yang lebih tinggi yang mengakibatkan tanah di sekitarnya menjadi tidak memiliki penopang seperti akar pohon lagi. Hal tersebut menyebabkan terjadinya longsor saat musim hujan tiba.
      Salah satu cara untuk mengatasi bencana longsor adalah dengan melakukan reboisasi atau penanaman kembali lahan kosong dan menghindari lokasi atau area rawan longsor sebagai temapt tinggal. Itulah beberapa faktor penyebab longsor dan cara mengatasinya. Setiap bencana tentunya tidak diharapkan untuk terjadi, setiap orang hanya perlu waspada dan tetap bersahabat dengan alam.
Menelaah teks eksplanasi “Tanah Longsor” dengan tabel.


Contoh Soal Menelaah Teks Eksplanasi

Perhatikan contoh potongan teks di bawah ini! 

(1)Urbanisasi merupakan sebuah peristiwa perpindahan penduduk dari desa ke kota. (2) Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk ini adalah fasilitas hidup di kota yang lengkap. (3) Berbagai sarana dan prasarana yang memadai menjadikan kota terlihat begitu bersinar dan menjanjikan. (4) Begitu juga dengan lapangan pekerjaan yang banyak dan penghasilan yang menjanjikan.
Kalimat yang menggunakan konjungsi sebab akibat adalah kalimat nomor ....
Kalimat yang merupakan bagian dari teks eksplanasi di bawah ini yang termasuk ke dalam deretan penjelasan adalah ....
Contoh kalimat yang termasuk ke dalam bagian pernyataan umum adalah ....
Contoh kalimat dari sebuah teks eksplanasi di bawah ini menggunakan istilah di dalamnya, kecuali ....
Perhatikan contoh teks tanggapan eksplanasi di bawah ini! 

Mengatasi banjir bukan saja hanya pekerjaan dari pemerintah tetapi juga dari kesadaran masyarakat setempat. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan kembali mengeruk sungai yang sudah mulai dangkal.
Potongan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Contoh kalimat dari teks eksplanasi di bawah ini yang menggunakan konjungsi yang menunjukkan keterangan akibat adalah ....
Perhatikan contoh potongan teks eksplanasi di bawah ini!

(1)Salah satu penyebab terjadinya longsor adalah kurangnya lahan hijau di area tersebut. (2)Tidak adanya lahan hijau yang mampu memperkuat tanah dari dalam, mengakibatkan terjadinya pergerakan tanah yang disebut dengan longsor. (3) Tanah longsor terjadi hampir setiap tahun, meskipun begitu penanggulangan yang serius belum nampak. (4) Cara penanggulannya pertama adalah dengan menanami kembali lahan gundul, selanjutnya adalah dengan menghindari area rawan longsor sebagai tempat tinggal.
Kalimat yang menunjukkan keterangan pertentangan adalah ....
Contoh potongan teks eksplanasi di bawah ini yang menunjukkan pernyataan umum adalah ....
Pernyataan yang salah berkaitan dengan teks lisan tersebut adalah ....
Perhatikan teks eksplanasi di bawah ini!
(1) Gempa bumi juga bisa menyebabkan terjadinya tsunami.
(2) Gempa bumi terjadi karena beberapa sebab.
(3) Salah satunya karena adanya gerakan lempengan-lempengan di dalam perut bumi.
(4) Salah satu jenis bencana alam yang banyak merugikan masyarakat adalah gempa bumi.
Jika ditelaah, susunan kalimat yang tepat untuk menjadi teks eksplanasi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel