Contoh Soal Kerja Sama Bidang Sosial Budaya

Contoh Soal Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman budaya. Indonesia terdiri atas berbagai suku. Setiap suku memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing. Keanekaragaman budaya Indonesia dapat dilihat dari adat-istiadat, bahasa, pakaian, arsitektur bangunan, dan kesenian daerah. Keanekaragaman ini menjadi keunggulan tersendiri yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama internasional, khususnya dalam bidang sosial-budaya. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai kerja sama bidang sosial-budaya.

Kerja sama sosial-budaya antarnegara mencakup kerja sama bidang kebudayaan, kemanusiaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kesehatan, informasi dan telekomunikasi, lingkungan hidup, penanggulangan bencana alam, dan lainnya.
1. LEMBAGA KERJA SAMA ANTARNEGARA BIDANG SOSIAL BUDAYA
1) Komite Kerja Sama Sosial-Budaya ASEAN
Kerja sama negara-negara anggota ASEAN untuk bidang sosial ditangani oleh Komite Pengembangan Sosial (Committee on Social Development). Adapun untuk bidang kebudayaan ditangani oleh dua komite, yaitu Komite Kebudayaan dan Penerangan (Committee on Culture and Information) dan Komite Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Committee on Science and Technology).
2) Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara
Sebelum ASEAN dibentuk, kerja sama regional di Asia Tenggara berupa Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara (South East Asian Ministers of Education Organization-SEAMEO) sudah didirikan. Organisasi ini merupakan organisasi menteri-menteri pendidikan Asia Tenggara. Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama antarbangsa di wilayah regional Asia Tenggara. Bidang kerja sama SEAMEO adalah dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan.
SEAMEO ini didirikan pada tahun 1974. Anggotanya adalah Menteri Pendidikan dari negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina,Singapura, Thailand, dan Vietnam. Kemudian, Vietnam dan Laos tidak aktif lagi dalam kegiatan SEAMEO karena permasalahan dalam negeri masing-masing.
Kegiatan SEAMEO diselenggarakan melalui pusat kegiatan regional yang berkedudukan di beberapa negara anggota. Pusat-pusat kegiatan regional tersebut adalah sebagai berikut.
• Regional Centre for Tropical Biology berkedudukan di Indonesia berkedudukan di Malaysia.
• Regional Centre for Education Science and Mathematics berkedudukan di Malaysia.
• Regional English Language Centre berkedudukan di Singapura.
• Regional Centre for Graduate Study and Research *berkedudukan di Los Banos, Filipina.
• *Regional Centre for Education Innovation and Technology
 semula berkedudukan Vietnam, kemudian pindah ke Thailand.
3) WHO
WHO (World Health Organization) adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan internasional. WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 di Jenewa. Kegiatan utama WHO adalah mengatur usaha-usaha internasional untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, seperti SARS, malaria, tuberkulosis, flu babi, dan HIV/AIDS. WHO juga mensponsori program-program yang bertujuan mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit yang menyebar di dunia.
4) UNICEF
UNICEF (United Nations International Children Emergency Fund) merupakan Badan PBB untuk anak-anak yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 11 Desember 1946 dan berkedudukan di Kota New York, Amerika Serikat. UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara anggota PBB. UNICEF merupakan lembaga yang didanai secara sukarela. Oleh karena itu, lembaga ini bergantung pada sumbangan dari pemerintah dan pribadi. Kegiatan utamanya menekankan pengembangan pelayanan masyarakat untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. UNICEF memiliki 41 anggota yang dipilih oleh Dewan Ekonomi dan Sosial PBB untuk masa tiga tahun berdasarkan pembagian kawasan.
5) UNHCR
UNHCR (United Nations High Commisioner on Refugees) merupakan badan PBB yang didirikan pada tanggal 14 Desember 1950 dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Organisasi ini bertujuan melindungi dan memberikan bantuan kepada pengungsi berdasarkan permintaan negara anggota atau perintah PBB untuk mendampingi para pengungsi tersebut dalam proses pemindahan tempat menetap.

Contoh Soal Kerja Sama Bidang Sosial Budaya

Pilihan Tunggal
Komite Pengembangan Sosial menangani kerja sama antar negara-negara di kawasan ….
Pilihan Tunggal
Untuk bidang kebudayaan dalam ASEAN ditangani oleh ….
Pilihan Tunggal
Sebelum ASEAN dibentuk, kerja sama regional di Asia Tenggara berupa Organisasi ….
Pilihan Tunggal
SEAMEO didirikan pada tahun ….
Pilihan Tunggal
Berikut adalah negara anggota SEAMEO, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Vietnam
2) Laos
3) Thailand
4) Singapura
Negara yang tidak lagi aktif dalam keanggotaan SEAMEO ialah ….
Pilihan Tunggal
*Regional Centre for Graduate Study and Research * berkedudukan di ….
Pilihan Tunggal
WHO didirikan di Kota….
Pilihan Tunggal
UNICEF merupakan Badan PBB untuk ….
Pilihan Tunggal
UNHCR didirikan pada tanggal ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel