Contoh Soal Kerja Sama Bidang Pendidikan

Contoh Soal Kerja Sama Bidang Pendidikan Kerja sama antar negara lazimnya berlangsung dalam berbagai bidang kehidupan. Melalui kerja sama, masing-masing negara berharap adanya nilai tambah berbagai wujud, misalnya perbaikan dan pembenahan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai kerja sama bidang pendidikan.

Kerja sama pendidikan antarnegara secara luas tercakup dalam United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization-UNESCO, yakni organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB. UNESCO didirikan pada tahun 1945. Tujuan pendiriannya adalah mendukung perdamaian, dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki sebagaimana termuat dalam Pasal 1 Konstitusi UNESCO.
UNESCO memiliki anggota 191 negara dan bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa lembaga, dan institut di seluruh dunia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial, dan manusia, budaya, serta komunikasi, dan informasi. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan guru; program ilmu internasional; proyek sejarah regional, dan budaya, promosi keragaman budaya; kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya, dan alam serta memelihara HAM; dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia.
Secara konkret, UNESCO bekerja untuk menciptakan kondisi untuk dialog antar peradaban, budaya dan masyarakat, berdasarkan rasa hormat terhadap nilai-nilai umum bersama. Melalui dialog ini, diharapkan dunia dapat mencapai visi global memperhatikan pembangunan berkelanjutan yang mencakup hak asasi manusia, saling menghormati dan pengentasan kemiskinan, yang semuanya berada di jantung dari misi UNESCO dan segenap kegiatannya.
UNESCO memiliki organ Konferensi Umum dan Dewan Eksekutif. Adapun Sekretariat, dipimpin oleh Direktur Jenderal, menerapkan keputusan dari kedua organ. 
• Konferensi Umum 
Konferensi Umum dihadiri wakil dari negara anggota UNESCO. Hal ini diselenggarakan setiap dua tahun dan juga mengikutsertakan pengamat untuk non-negara anggota, organisasi antar pemerintah, dan organisasi non-pemerintah (LSM). Setiap negara memiliki satu suara, terlepas dari ukuran atau tingkat kontribusinya terhadap anggaran. 
Konferensi Umum menentukan kebijakan dan garis-garis utama kerja UNESCO. Tugasnya adalah untuk mengatur program dan anggaran UNESCO. Konferensi Umum juga memilih Anggota Dewan Eksekutif dan menunjuk (setiap empat tahun) Direktur Jenderal. Bahasa resmi Konferensi Umum adalah bahasa Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. 
• Badan Eksekutif
Para Dewan Eksekutif, secara umum, bertugas menjamin manajemen keseluruhan kinerja UNESCO, termasuk mempersiapkan karya Konferensi Umum dan memastikan bahwa keputusannya benar dilakukan. Fungsi dan tanggung jawab Dewan Eksekutif berasal terutama dari konstitusi dan dari aturan atau arahan yang ditetapkan oleh Konferensi Umum. Setiap dua tahun Konferensi Umum memberikan tugas khusus kepada Dewan. Fungsi lain merupakan bagian dari perjanjian yang dibuat antara UNESCO dan PBB, badan-badan khusus dan organisasi antar pemerintah lainnya. Pemilihan wakil-wakil untuk duduk dalam Dewan Eksekutif sebagian besar mempertimbangkan keragaman budaya dan asal geografis. Negosiasi terampil mungkin diperlukan sebelum keseimbangan tercapai antara berbagai daerah di dunia dengan cara yang akan mencerminkan universalitas organisasi. Badan Eksekutif bertemu dua kali setahun.

Contoh Soal Kerja Sama Bidang Pendidikan

Pilihan Tunggal
Kerja sama pendidikan antarnegara secara luas tercakup dalam ….
Pilihan Tunggal
UNESCO didirikan pada tahun ….
Pilihan Tunggal
Berikut adalah tujuan pendirian UNESCO kecuali ….
Pilihan Tunggal
UNESCO bermarkas di Kota ….
Pilihan Tunggal
UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui berbagai cara, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Berikut yang bukan termasuk proyek yang disponsori oleh UNESCO ialah ….
Pilihan Tunggal
Secara konkret, UNESCO bekerja untuk menciptakan kondisi untuk dialog antar ….
Pilihan Tunggal
UNESCO memiliki organ Konferensi Umum dan ….
Pilihan Tunggal
Konferensi Umum diselenggarakan setiap ….
Pilihan Tunggal
Bahasa resmi Konferensi Umum adalah sebagai berikut, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel