Contoh Soal Kontribusi Kerja Sama Antar Negara terhadap Pembangunan

Contoh Soal Kontribusi Kerja Sama Antar Negara terhadap PembangunanTak ada satu negara pun yang tidak menjalin hubungan kerja sama dengan negara-negara lainnya. Kerja sama diharapkan memberi kontribusi positif bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai kontribusi kerja sama antar negara terhadap pembangunan.

1. KONTRIBUSI PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Setiap negara wajib menciptakan kemakmuran bagi rakyatnya. Namun, dalam menyediakan semua sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya, negara tidak mungkin mampu. Kondisi geografis yang menyangkut keadaan iklim dan kesuburan tanah, keahlian penduduk serta kemajuan teknologi yang berbeda pada masing-masing negara menyebabkan perbedaan kemampuan negara yang satu dengan negara yang lainnya dalam menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan rakyatnya. Perbedaan ini menimbulkan pertukaran barang/jasa antara satu negara dengan negara lainnya dalam bentuk kegiatan ekonomi antarnegara yang disebut dengan perdagangan antarnegara. Dibukanya suatu perekonomian terhadap hubungan luar negeri mempunyai konsekuensi yang luas terhadap perekonomian dalam negeri. Konsekuensi ini mencakup aspek ekonomis maupun non-ekonomis dan bisa bersifat positif maupun negatif bagi negara yang bersangkutan.
Kontribusi positif perdagangan internasional bagi perekonomian dan pembangunan Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut:
• Kebutuhan akan barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri menjadi terpenuhi.
• Perdagangan internasional mendorong setiap negara ke arah spesialisasi dalam memproduksi barang berdasarkan keunggulan komparatif yang dimilikinya.
• Mendorong keinginan untuk meningkatkan produksi.
• Perdagangan internasional bisa mendorong laju pertumbuhan ekonomi. 
• Perdagangan internasional akan meningkatkan pendapatan riil masyarakat. Dengan pendapatan riil yang lebih tinggi berarti negara dapat menyisihkan dana yang lebih besar untuk investasi. Investasi yang lebih tinggi mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
• Perdagangan luar negeri membuka wilayah pasar baru yang lebih luas bagi produk-produk dalam negeri. Produksi dalam negeri yang semula terbatas karena terbatasnya pasar di dalam negeri, sekarang bisa diperluas. Sumber-sumber ekonomi yang semula menganggur (surplus) sekarang mendapatkan saluran baru.
• Pengaruh yang sangat penting dari perdagangan luar negeri terhadap sektor produksi adalah berupa peningkatan produktivitas dan efisiensi pada umumnya.
• Dengan makin luasnya pasar, produksi bisa diperbesar dan dilakukan dengan cara yang lebih murah dan efisien.
• Perdagangan internasional dan hubungan luar negeri pada umumnya dikatakan sebagai media yang penting bagi penyebaran teknologi dari negara-negara maju ke negara-negara belum maju. Bentuk yang langsung dari penyebaran teknologi ini adalah apabila dengan dibukanya hubungan dengan luar negeri, suatu negara bisa mengimpor barang (misalnya, mesin) yang bisa meningkatkan produktivitas di dalam negeri.
• Pendapatan atau devisa negara meningkat.
• Terbukanya kesempatan kerja.
• Dapat memperoleh barang dan jasa dengan mudah dan murah akibat adanya efisiensi dan spesialisasi dalam proses produksi.
2. KONTRIBUSI KERJA SAMA SECARA UMUM
Keikutsertaan Indonesia dalam kerja sama sosial-budaya yang diwujudkan melalui kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan bidang lainnya telah memberikan manfaat bagi Indonesia. Manfaat dimaksud, antara lain, adalah diakuinya warisan budaya Indonesia oleh dunia internasional. Beraneka warisan budaya Indonesia telah diakui oleh PBB, melalui UNESCO, sebagai Warisan Budaya Dunia milik rakyat Indonesia.
Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung sehingga mendorong perkembangan industri pariwisata Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2011, sektor pariwisata menciptakan devisa sebesar US$8,55 miliar atau meningkat 12,5% dari tahun 2010. Kenaikan ini bersumber dari peningkatan jumlah wisatawan mancanegara.
Kerja sama dalam bidang pendidikan, di sisi lain, merupakan bentuk dari hubungan diplomatik antar negara yang sifatnya saling menguntungkan. Kerja sama internasional di bidang pendidikan biasanya berupa pertukaran pelajar, beasiswa, pertukaran guru hingga bantuan dana atau hibah. Mutu pendidikan di Indonesia dianggap masih kurang baik sehingga masih perlu belajar banyak dari sistem pendidikan di negara-negara maju. Oleh karena itu, Indonesia menjalin kemitraan dengan berbagai negara, di antaranya Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Australia, Jerman. Dengan kerja sama ini, diharapkan terjadi transfer ilmu sehingga mutu pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Contoh Soal Kontribusi Kerja Sama Antar Negara terhadap Pembangunan

Pilihan Tunggal
Setiap negara wajib menciptakan ….
Pilihan Tunggal
Berikut adalah kondisi yang menyebabkan perbedaan kemampuan negara yang satu dengan negara yang lainnya dalam menghasilkan barang/jasa, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Dibukanya suatu perekonomian terhadap hubungan luar negeri mempunyai konsekuensi yang luas terhadap ….
Pilihan Tunggal
Kontribusi positif perdagangan internasional bagi perekonomian dan pembangunan Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Perdagangan internasional dapat menyebabkan munculnya ketergantungan kepada….
Pilihan Tunggal
Dengan perdagangan internasional, ada kecenderungan bagi masyarakat untuk melakukan tindakan berlebihan dalam ….
Pilihan Tunggal
Perdagangan internasional pada umumnya dikatakan sebagai media yang penting bagi ….
Pilihan Tunggal
Perdagangan luar negeri akan membuka ….
Pilihan Tunggal
Beraneka warisan budaya Indonesia telah diakui oleh PBB, melalui ….
Pilihan Tunggal
Kerja sama internasional di bidang pendidikan biasanya berupa beberapa bentuk, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel