Contoh Soal Modernisasi di Indonesia

Contoh Soal Modernisasi di IndonesiaKehidupan masyarakat tidak pernah berhenti dan selalu berkembang, maka setiap unsur dalam masyarakat pun senantiasa mengalami pergeseran serta penyesuaian. Modernisasi, sebagai salah satu wujud penyesuaian, merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai berlangsungnya modernisasi di Indonesia.

Apa sebenarnya modernisasi itu? Menurut Reinhard Bendix (1970), modernisasi adalah bentuk perubahan sosial yang berkembang dari revolusi industri di Inggris (1760-1830) dan revolusi politik di Perancis (1789-1794). Aspek yang paling menonjol dari modernisasi adalah perubahan teknik industri dari cara-cara tradisional ke cara-cara modern yang dihasilkan oleh revolusi industri. Revolusi industri didukung oleh penemuan-penemuan baru, seperti pengembangan mesin uap oleh James Watt (1769) dan lokomotif oleh George Stephenson (1825).
Proses modernisasi terjadi di mana-mana; modernisasi terjadi baik di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Modernisasi suatu bangsa dapat diukur dari sejauh mana suatu bangsa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan
teknologi secara bertanggung jawab. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Perlu diingat bahwa tidak semua perubahan sosial merupakan wujud modernisasi. Sebab banyak perubahan yang terjadi tidak memiliki keterkaitan dengan modernisasi, seperti terjadinya perubahan atau perkembangan mode pakaian dan gaya rambut.
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar modernisasi bisa berlangsung. Menurut Soerjono Soekanto (1990) syarat-syarat berikut harus ada demi terwujudnya modernisasi, yakni:
a) Cara berpikir ilmiah yang sudah melembaga dan telah tertanam kuat di kalangan pemegang kekuasaan maupun di kalangan masyarakat luas. Hal ini menghendaki suatu sistem pendidikan dan pengajaran yang terencana dan baik.
b) Sistem administrasi negara yang baik dan benar-benar mewujudkan birokrasi. Administrasi yang kacau ditambah sistem birokrasi yang tidak sehat akan menyulitkan pelaksanaan modernisasi.
c) Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu, seperti BPS (Badan Pusat Statistik). Data yang baik dan lengkap akan memudahkan penyusunan program. Agar tersedia data yang teratur dan akurat, diperlukan penelitian yang kontinu. Melalui penelitian yang kontinu, data-data yang tersedia tidak akan tertinggal dari perkembangan yang terjadi.
d) Penciptaan suasana yang menyenangkan bagi masyarakat terhadap modernisasi, terutama lewat media massa. Hal ini dilakukan secara bertahap karena berhubungan erat dengan sistem kepercayaan masyarakat.
e) Tingkat organisasi yang tinggi. Hal ini berarti menuntut disiplin yang tinggi. Konsekuensinya adalah pengurangan kebebasan/kemerdekaan. Tanpa organisasi yang baik, mustahil modernisasi dapat terlaksana.
f) Sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial (social planning). Apabila hal itu tidak dilakukan, maka perencanaan akan terpengaruh oleh kekuatan-kekuatan dari kepentingan-kepentingan yang ingin mengubah perencanaan tersebut demi kepentingan suatu golongan kecil dalam masyarakat.
Mengapa orang melakukan modernisasi? Modernisasi dilakukan karena terdorong oleh keinginan-keinginan untuk hal-hal sebagai berikut.
• Hidup lebih praktis atau lebih nyaman. Salah satu tujuan pembangunan taman-taman, jalur hijau, jalan tol, pasar swalayan, jalan layang, dan sarana-sarana lainnya adalah supaya hidup lebih nyaman.
• Meningkatkan efisiensi kerja dan produksi. Hal ini misalnya dilakukan dengan mekanisasi pertanian, komputerisasi, pendidikan, dan pelatihan.
• Mendapat sesuatu yang lebih banyak, lebih bermutu, lebih bagus, lebih hemat tenaga, dan lebih baik. Misalnya, penggunaan alat-alat modern dalam bidang industri, kedokteran, perbankan, dan berbagai pelayan umum lainnya.

Contoh Soal Modernisasi di Indonesia

Pilihan Tunggal
Perhatikan hal berikut!
1) Revolusi Industri
2) Revolusi Perancis
3) Perang Dunia I
4) Perang Dunia II
Menurut Reinhard Bendix (1970), modernisasi adalah bentuk perubahan sosial yang berkembang dari ….
Pilihan Tunggal
Aspek yang paling menonjol dari modernisasi adalah perubahan ….
Pilihan Tunggal
Mesin uap ditemukan pertama kali oleh ….
Pilihan Tunggal
Modernisasi suatu bangsa dapat diukur dari ….
Pilihan Tunggal
Dalam modernisasi, penerapan IPTEK seharusnya ditujukan untuk ….
Pilihan Tunggal
Cara berpikir ilmiah yang sudah melembaga tampak dari ….
Pilihan Tunggal
Sistem pengumpulan data di Indonesia terpusat pada lembaga ….
Pilihan Tunggal
Penciptaan suasana yang menyenangkan bagi masyarakat terhadap modernisasi, utamanya dilakukan melalui ….
Pilihan Tunggal
Tingkat organisasi tinggi ditandai oleh adanya ….
Pilihan Tunggal
Modernisasi dilakukan karena terdorong oleh keinginan-keinginan untuk hal-hal sebagai berikut, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel