Contoh Soal Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi

Contoh Soal Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh ModernisasiKehidupan masyarakat tidak pernah berhenti dan selalu berkembang, maka setiap unsur dalam masyarakat pun senantiasa mengalami pergeseran serta penyesuaian. Modernisasi, sebagai salah satu wujud penyesuaian, merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai berlangsungnya modernisasi di Indonesia.

Seperti halnya bangsa-bangsa lain, bangsa Indonesia, tidak dapat menghindar dari arus deras perubahan karena modernisasi. Perubahan itu terjadi dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamananan, dan bidang-bidang lainnya. Perubahan-perubahan dalam bidang politik akibat modernisasi, misalnya:
1) Penyebaran nilai-nilai politik Barat, baik secara langsung atau pun tidak langsung, dalam bentuk demonstrasi, yang semakin berani dan terkadang mengabaikan ketertiban umum.
2) Masyarakat semakin diperkaya dengan adanya banyak paham dan gagasan dari negara lain dalam bidang politik.
3) Transparansi, akuntabilitas, dan profesionalitas dalam penyelenggaraan pemerintahan negara (jabatan-jabatan publik) semakin menjadi sorotan dari berbagai elemen masyarakat.
4) Semakin banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menyuarakan hak asasi manusia, supremasi hukum, demokratisasi, dan pelestarian lingkungan.
Berikut ini adalah perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi akibat modernisasi.
• Semakin banyak produk-produk luar negeri yang masuk ke pasaran Indonesia.
• Pemerintah semakin tidak berdaya menentukan kebijakan ekonomi. Mekanisme pasar sangat mempengaruhi regulasi pemerintah dalam bidang ekonomi.
• Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi semakin sulit berkembang, dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya semakin ditinggalkan.
• Kompetisi produk dan harga semakin tinggi sejalan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang semakin selektif.
• Perusahaan-perusahaan dalam negeri, industri-industri kecil, dan industri rumah tangga harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing yang melebarkan pasarnya ke Indonesia.
Perubahan-perubahan karena dampak modernisasi dalam bidang budaya antara lain sebagai berikut.
a) Apresiasi terhadap nilai-nilai budaya nasional dapat semakin memudar, tetapi juga bisa semakin menguat.
b) Nilai-nilai luhur bangsa yang selama ini dipegang teguh di satu pihak dapat semakin luntur apabila kita tidak selektif menerima pengaruh dari luar karena modernisasi. Di pihak lain, nilai-nilai luhur itu dapat semakin diperkaya dan diperkuat. Misalnya dalam hal gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.
c) Di satu sisi, nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat memudar. Di sisi lain, modernisasi justru memperkuat peran/nilai agama dan identitas masyarakat. Kebanggaan akan identitas diri dan kelokalan pun dapat muncul.
Berikut ini perubahan-perubahan dalam bidang pertahanan dan keamanan karena dampak
modernisasi.
1) Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.
2) Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
3) Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum (polisi, jaksa, dan hakim) yang lebih profesional, transparan, dan bertanggung jawab.
4) Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional. Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara semakin berkurang karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentara dan polisi.
Bentuk-bentuk perubahan dalam berbagai bidang yang disebutkan di atas merupakan bukti bahwa modernisasi memiliki dampak yang luar biasa. Bentuk-bentuk perubahan itu merupakan tantangan bagi eksistensi jati diri Indonesia. Ada beragam kebudayaan yang membentuk bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa merumuskan nilai-nilai dasar yang perlu untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu, antara lain, terumuskan dalam ideologi atau pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila, serta dalam UUD 1945.
Kepribadian bangsa yang terungkap dalam Pancasila dan UUD 1945, misalnya, sikap religius, toleran, saling menghormati, berkemanusiaan, berkeadilan, mendahulukan musyawarah, semangat gotong royong, dan sebagainya. Seperti sudah diuraikan di atas, modernisasi bisa menjadi ancaman serius bagi keragaman budaya dunia. Aneka kebudayaan Indonesia merupakan salah satu yang turut terancam dalam arus deras modernisasi. Kekuatan kapitalisme global tidak hanya memaksakan masuknya produk-produk dunia Barat tetapi juga nilai-nilai hidup dan cara hidup.
Sikap hidup yang ditawarkan oleh modernisasi kapitalisme seperti individualistis, hedonis, konsumeris, dan lain-lain bisa saja menjangkiti bangsa kita. Bila hal ini yang terjadi, lambat laun jati diri bangsa Indonesia akan luntur. Sebagai gantinya, kita ikut dalam homogenitas kebudayaan yang ditawarkan oleh modernisasi.

Contoh Soal Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi

Pilihan Tunggal
Demoralisasi dan maraknya penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dapat dikatakan sebagai ….
Pilihan Tunggal
Pembangunan fasilitas pendidikan hingga ke kawasan terpencil demi meningkatkan akses warga miskin terhadap layanan pendidikan berkualitas menunjukkan berlangsungnya ….
Pilihan Tunggal
Dalam pembangunan fisik saat ini, seperti pembangunan infrastruktur maupun fasilitas, agent of change yang paling besar peranannya ialah ….
Pilihan Tunggal
Persamaan antara modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi adalah ….
Pilihan Tunggal
Tujuan akhir yang ingin dicapai dari proses modernisasi di Indonesia adalah ….
Pilihan Tunggal
Modernisasi bisa berdampak pada berkembangnya industrialisasi, yakni ….
Pilihan Tunggal
Semakin banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menyuarakan isu berikut di era modernisasi, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Berikut yang bukan merupakan perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi akibat modernisasi ialah ….
Pilihan Tunggal
Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang dapat semakin diperkuat ialah sebagai berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan hal berikut!
1) Pancasila
2) UUD 1945
3) GBHN
4) Peraturan Pemerintah
Nilai dasar yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terumuskan dalam ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel