Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Moral atau Fabel dan Teks Deskripsi

Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Moral atau Fabel dan Teks Deskripsi Serigala kemudian berlari ke tepi sungai. Di sana Serigala langsung menceburkan diri. Serigala membenamkan seluruh tubuhnya ke dalam air sungai yang sangat segar. “Ahhhh…segar,” gumam Serigala.
Penggalan Teks 2
Serigala (Canis Rufus) merupakan nenek moyang anjing domestik. Serigala adalah hewan yang sangat adaptif yang dapat ditemukan di semua jenis medan. Serigala menghuni hutan, gurun, pegunungan, tundra, padang rumput. Bahkan, serigala dapat menghuni perkotaan dan menjadi predator dominan dalam lingkungan itu. Dahulu, serigala merupakan mamalia dengan distribusi terluas dibandingkan dengan mamalia apa pun. Namun, sekarang keberadaan serigala terancam punah karena perburuan dan hilangnya tempat yang menjadi habitatnya.
Dapatkah kamu membedakan kedua teks di atas? Benar. Penggalan teks 1 adalah bagian dari teks fabel. Sementara itu, penggalan teks 2 adalah bagian dari teks deskripsi.
      Materi kita kali ini adalah membandingkan teks fabel dengan teks deskripsi. Namun, sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengulas definisi dari kedua teks tersebut. Teks fabel adalah teks yang berisi cerita dengan binatang sebagai tokohnya. Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sebuah objek. Objek dalam teks deskripsi dapat apa saja, termasuk binatang.
      Hal yang akan kita bandingkan dari kedua teks tersebut adalah dari sudut struktur dan kebahasaannya. 

Mari Kita Ulas

Persamaan antara penggalan teks 1 dan teks 2 terletak pada binatang yang dibicarakan, yaitu serigala. Sementara itu, perbedaannya terletak pada isi, struktur, dan fitur kebahasaannya.
      Penggalan teks 1 serigala berperan sebagai tokoh cerita. Pada penggalan teks 1 juga terdapat alur cerita, yaitu ciri utama dari sebuah teks fabel. Selain itu, terdapat kalimat langsung yang seolah-olah binatang serigala tersebut dapat berbicara dan mempunyai perasaan. 
      Sementara itu, pada penggalan teks 2, serigala berperan sebagai objek deskripsi/penggambaran. Paragraf deskripsi biasanya mencantumkan nama ilmiah untuk objeknya. Selain itu, pada teks deskripsi, kata adalah atau merupakan akan selalu ada. Hal itu disebabkan ciri dari bagian pernyataan umum adalah definisi objek. Pada penggalan teks 2 juga akan selalu ada penggambaran cara hidup dan ciri khusus dari objek yang dideskripsikan.
Berdasarkan penjelasan yang dipaparkan dapatkah kamu membedakan kedua teks di atas? Benar. Penggalan teks 1 adalah kita sebut sebagai bagian dari teks fabel. Sementara itu, penggalan teks 2 adalah bagian dari teks deskripsi.
1. Perbandingan Struktur Kedua Teks


2. Perbandingan Fitur Kebahasaan Kedua Teks




Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Moral atau Fabel dan Teks Deskripsi

(1) Tikus adalah binatang pengerat yang termasuk ke dalam suku Muridae.
(2) Tikus mulai curiga dengan tingkah laku Kucing.
Pernyataan yang tepat berdasarkan kedua kalimat di atas adalah ….
Kalimat 1
Pada zaman dahulu kala hiduplah seekor kera yang sangat malas.
Kalimat 2
Kera memiliki otak yang relative lebih besar dibandingkan dengan hewan lainnya.
Pernyataan yang benar berdasarkan kedua kalimat di atas adalah ….
Keseluruhan tubuh kera tertutup bulu sehingga tubuh kera tampak seperti susunan rambut.
Teks yang sesuai berdasarkan fitur kebahasaan yang ada dalam kalimat berikut adalah ….
Semut adalah serangga kecil. Semut berjalan dengan cara merayap. Kehidupannya dilalui dengan cara berkoloni. Selain itu, semut termasuk suku Formicidae.
Jenis teks yang sesuai untuk penggalan teks berikut ini adalah ….
Si rusa kian marah mendengar ucapan kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasa sudah tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
Berdasarkan fitur kebahasaannya teks yang sesuai untuk penggalan teks berikut adalah ….
Teks 1
Kemudian, kura-kura meminta bantuan kepada monyet. “Monyet maukah kau membantuku?” tanya kura-kura. “Boleh. Dengan senang hati aku akan membantumu,” jawab monyet. Lalu, dengan sigap si monyet naik ke atas pohon pisang. Diambillah pisang-pisang yang sudah matang itu. Kemudian, monyet berteriak kepada kura-kura, “Kura-kura tangkaplah pisang-pisang ini.” Dari bawah pohon kura-kura menjawab, “Baiklah monyet akan aku tangkap pisang-pisang itu.” Lalu, setelah beberapa lama terkumpullah pisang-pisang yang sangat nikmat itu. Ketika melihat tumpukan pisang yang sangat lezat, kura-kura dan monyet tampak sangat bahagia.
Teks 2
Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia ("pra-kera", seperti lemur dan tarsius) atau kera. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan. Pengelompokan monyet bersifat parafiletik karena monyet Dunia Lama (Cercopithecoidea) sebenarnya lebih dekat kekerabatan genetiknya dengan kera (Hominidae) daripada monyet Dunia Baru (Platyrrhini). Monyet terbesar adalah mandrill. Beberapa monyet telah dimanfaatkan manusia sebagai hewan timangan atau hewan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah hewan yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus, atau percobaan laboratorium. Ia juga primata pertama yang pernah ke angkasa luar.
Pernyataan yang benar berkaitan dengan perbandingan teks di atas adalah ....
Perhatikan dua penggalan teks rumpang berikut ini!

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kedua penggalan teks berikut adalah …
Berikut ini yang bukan termasuk bagian dari teks deskripsi adalah ….
Perhatikan kedua teks di bawah ini sengan saksama!

(1) Laba-laba mendekati cicak dengan perlahan. “Mengapa kau menangis wahai cicak?” tanyanya. “Aku sedih karena ibuku sakit,” jawab cicak. “Lalu, mengapa kau segera pulang untuk menemani ibumu,” tanya laba-laba lagi. “Aku sangat ingin segera pulang. Namun, aku harus mencari makanan dulu untuk ibuku agar ibuku lekas sembuh,” jelas cicak. 
(2) Jerapah adalah binatang pemamah biak. Ia hidup di Afrika. Jerapah berkaki panjang. Kaki depannya lebih panjang daripada kaki belakang sehingga punggungnya menurun ke belakang. Selain itu, jerapah juga memiliki: leher sangat panjang sehingga kepalanya dapat mencapai ketinggian 5-6 m dari tanah.
Pernyataan yang sesuai berdasarkan kedua penggalan teks berikut adalah ….
Berikut ini yang bukan termasuk bagian dari teks fabel adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel