Contoh Soal Angin Muson di Indonesia

Contoh Soal Angin Muson di IndonesiaAngin muson atau angin musim adalah angin yang bertiup secara periodik. Di Indonesia terjadi dua angin muson setiap tahun yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui mengenai angin muson di Indonesia.

Kata "muson" tampaknya berasal dari sebuah kata dalam bahasa Arab (mosem), yang berarti musim. Kata ini paling sering digunakan untuk merujuk kepada perubahan musiman arah angin di sepanjang pesisir Samudra Hindia, khususnya di Laut Arab, yang bertiup dari barat daya untuk setengah tahun dan dari timur laut untuk setengah tahun lainnya.
Pelaut Yunani dalam legenda, Hippalus, secara tradisional dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan muson untuk mempercepat pelayaran sepanjang Samudra Hindia; nama kuno untuk angin muson di daerah ini juga dipanggil Hippalus. Meskipun begitu, kemungkinan besar Hippalus hanyalah orang Yunani pertama yang memanfaatkan angin muson karena para pelaut Yaman telah melakukan perdagangan dengan India lama sebelum masanya.
Muson terjadi karena daratan menjadi hangat dan sejuk lebih cepat daripada air. Hal ini menyebabkan suhu di darat lebih panas daripada suhu di laut pada musim panas. Udara panas di darat biasanya berkembang naik, menciptakan daerah bertekanan rendah. Keadaan tersebut menjadikan angin bertiup konstan ke arah daratan.
Pada musim dingin, udara di darat menjadi lebih sejuk dengan cepat, tetapi udara panas di laut bertahan lebih lama. Udara panas di atas laut berkembang naik, menciptakan daerah bertekanan rendah dan angin sepoi-sepoi dari darat ke laut. Perbedaan suhu antara laut dan daratan yang lebih kecil dibandingkan saat musim panas menyebabkan angin muson musim dingin tidak begitu konstan. Muson mirip dengan angin laut, namun ukurannya lebih besar, lebih kuat dan lebih konstan.
Angin muson dapat dibedakan atas:
• Muson Barat
Muson barat atau muson musim dingin timur laut adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari Benua Asia menuju Benua Australia, dan karena menuju Selatan Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bagian utara (Samudra Pasifik dan Laut Tiongkok Selatan).
• Muson Timur
Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua Asia lebih panas, sehingga bertekanan minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan yang sempit.

Contoh Soal Angin Muson di Indonesia

Pilihan Tunggal
Kata "muson" tampaknya berasal dari sebuah kata dalam bahasa ....
Pilihan Tunggal
Kata "muson" paling sering digunakan untuk merujuk kepada perubahan musiman ….
Pilihan Tunggal
Hippalus, secara tradisional dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan muson untuk mempercepat pelayaran sepanjang ….
Pilihan Tunggal
Muson terjadi karena daratan menghangat dan menyejuk lebih cepat daripada ….
Pilihan Tunggal
Udara panas di darat biasanya berkembang naik, menciptakan daerah ....
Pilihan Tunggal
Pada musim dingin, udara di darat menjadi lebih ….
Pilihan Tunggal
Muson mirip dengan ….
Pilihan Tunggal
Muson barat adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober hingga ….
Pilihan Tunggal
Sesuai hukum Buys Ballot, angin bertiup dari Benua Asia menuju Benua ….
Pilihan Tunggal
Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April hingga ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel