Contoh Soal Persamaan Akuntansi

Contoh Soal Persamaan AkuntansiPersamaan akuntansi adalah suatu bentuk untuk menyatakan hubungan antara kekayaan dan hutang. Persamaan akuntansi memudahkan penyusun laporan keuangan dalam menyajikan laporan keuangan yang mudah dipahami oleh pemakai laporan keuangan.

A. PENGERTIAN PERSAMAAN AKUNTANSI
      Persamaan akuntansi adalah suatu persamaan yang menunjukkan bahwa jumlah harta kekayaan suatu perusahaan selalu sama dengan jumlah modal dan hutang perusahaan tersebut.
Aktiva = Hutang + Modal
**B. UNSUR-UNSUR PERSAMAAN AKUNTANSI
Bila dirumuskan maka persamaan akuntansi memiliki bentuk persamaan sebagai berikut:
Aktiva = Hutang + Modal
  1. Aktiva, yaitu kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. 
    Aktiva terdiri dari beberapa unsur yaitu:
    a. Kas, yaitu alat pembayaran yang dimiliki perusahaan yang siap digunakan, seperti uang tunai, cek dan sejenisnya.
    b. Piutang, yaitu hak perusahaan atas perusahaan lain, seperti tagihan perusahaan terhadap perusahaan lain, tagihan perusahaan kepada karyawan.
    c. Perlengkapan, yaitu barang pelengkap aktivitas perusahaan yang biasanya berumur kurang dari satu tahun, seperti kertas dan tinta.
    d. Peralatan, yaitu barang yang digunakan untuk aktiviats perusahaan dan biasanya umurnya lebih dari satu tahun, seperti kendaraan, komputer, dan sebagainya.
    e. Gedung, yaitu bangunan yang digunakan untuk aktivitas perusahaan, seperti gedung kantor, pabrik, dan sebagainya.
    f. Tanah, yaitu tanah yang digunakan untuk aktivitas perusahaan.
  2. Hutang, terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut:
    a. Hutang usaha, yaitu kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang kepada pihak lain yang berhubungan dengan transaksi usaha.
    b. Hutang bank, yaitu kewajiban perusahaan untuk membayar pinjaman ke bank.
  3. Modal, yaitu penyertaan harta kepada perusahaan, seperti uang tunai, bangunan, kendaraan, dan sebagainya yang digunakan oleh perusahaan. Dalam proses pengoperasionalan modal perusahaan, ada unsur yang dapat menjadi penambah dan pengurang modal seperti yang disebutkan di bawah ini:
  4. Penambah modal
    Penambah modal adalah pendapatan, yaitu kenaikan modal perusahaan yang timbul akibat penjualan produk perusahaan baik barang maupun jasa.
  5. Pengurang modal
    a. Beban
    Beban, yaitu pengorbanan ekonomis untuk memperoleh barang dan jasa yang manfaatnya dapat dinikmati dalam satu tahun/period.
    b. Prive, yaitu pengambilan kekayan perusahaan oleh pemilik.
    c. Deviden, yaitu bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemilik perusahaan (pemegang saham).
      Modal merupakan jumlah yang tetap ada setelah kewajiban perusahaan dilunasi atau dikurangkan dari aktiva. Sehingga modal sering juga disebut sebagai aktiva bersih.Sedangkan hak atau klaim pemilik atas aktiva atau bagian kekayaan perusahaan adalah sisa dari aktiva yang dikurangkan dengan pasiva seperti yang ditunjukkan dalam persamaan berikut ini:
Aktiva -Pasiva = Modal
      Tujuan perusahaan adalah meningkatkan aktiva dan modal perusahaan melalui pendapatan. Pendapatan akan menambah nilai modal karena perusahaan karena pendapatan akan menambah aktiva tetapi tidak menambah kewajiban. Sementara itu, jenis transaksi yang dapat mengurangi modal antara lain adalah pengambilan pemilik (prive) dan pembayaran beban-beban. Beban-beban merupakan penurunan dalam modal yang berkaitan dengan kegiatan penyerahan barang atau jasa kepada pelanggan.

Contoh Soal Persamaan Akuntansi

Akuntansi adalah sebuah proses pencatatan yang menggunakan sebuah persamaan dengan jumlah harta kekayaan perusahaan sama dengan jumlah modal dan hutang perusahaan tersebut. Persamaan itu disebut ....
Persamaan berikut ini yang merupakan persamaan akuntansi adalah ....
Berikut ini adalah jenis-jenis aktiva yang masuk dalam neraca perusahaan, kecuali ....
Modal merupakan unsur dari persamaan akuntansi. Pengertian modal adalah ....
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengurangi saldo modal, baik karena transaksi pemilik perusahaan atau operasional perusahaan, kecuali ....
Pak Adi membuka usaha bengkel sepeda dengan menyetor modal berupa kas Rp.10.000.000,00. Selain itu, Pak Adi juga mendapat pinjaman dari kakaknya sebesar Rp.10.000.000,00. Persamaan akuntansi yang benar dari data adalah ....
Diketahui kas PT. Maju Lancar sebesar Rp.15.000.000,00, perlengkapan kantor senilai Rp.2.500.000,00 dan nilai kendaraan operasional PT. Maju Lancar adalah Rp.120.000.000,00. Pada saat ini kewajiban PT. Maju Lancar tersisa Rp.100.000.000,00 dan modal setelah dikurangi prive tersisa Rp. 37.500.000. Berdasarkan data tersedia, total aktiva yang dimiliki oleh PT. Maju Lancar adalah ....
Di bawah data keuangan Ny. Ellen pemilik toko Ellen Bakery and Cake:
1 Januari 2010
Total Aktiva = Rp.150.000.000,00
Hutang = Rp.50.000.000,00 
Modal = Rp.100.000.000,00
Pada tanggal 1 Januari 2015, Ny. Ellen mendapat tambahan pinjaman bank untuk mengembangkan usahanya sebesar Rp.75.000.000,00 dan pengambilan prive untuk biaya kuliah anaknya Rp.25.000.000,00. 
Dari data tersedia, dapat diketahui modal Ny. Ellen pada tanggal 1 Januari 2015 adalah ....
Berikut ini adalah data Bengkel Motor Pak Ali:
Aktiva = Hutang + Modal
Kas + Perlengkapan + Tanah = Hutang + Modal
Rp.5.000.000,00 + Rp.1.500.000 + Rp150.000.000 = Rp.50.000.000,00 + Rp.106.500.00,00
Selama bulan Mei, Pak Ali melakukan transaksi sebagai berikut:
a. Membayar gaji karyawan Rp.5.750.000,00
b. Membeli peralatan bengkel Rp.2.250.000,00
c. Membayar listrik dan telpon bulan Mei Rp.1.250.000,00
d. Membayar biaya lain-lain Rp.750.000,00
Dari data di atas, sisa modal Pak Ali adalah ....
Berikut ini adalah pernyataan yang tepat mengenai persamaan akuntansi, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel