Contoh Soal Pencatatan Akuntansi

Contoh Soal Pencatatan Akuntansi Aspek pengakuan memegang peranan penting sebagai kerangka dasar, karena pengakuan merujuk kepada prinsip yang mengatur kapan dicatatnya transaksi pendapatan (revenue), beban (expenses), laba (gain) dan rugi (loss). Aspek pengukuran memegang peranan penting dalam kaitannya dengan peran laporan akuntansi yang harus menyajikan data kuantitatif tentang posisi kekayaan perusahaan dalam suatu waktu tertentu. Yang perlu dipertimbangkan dalam aspek ini adalah atribut apa yang dipakai dalam pengukuran.
A. ASUMSI DASAR
Struktur akuntansi keuangan dibangun atas empat asumsi dasar yaitu:
1. Asas Kesatuan Usaha
Suatu perusahaan dianggap satu unit usaha ekonomi yang harus dipisahkan dari kekayaan pemiliknya. Tidak boleh ada pencampuran aset dan hutang pemilik dalam perusahaan. Hal ini untuk menentukan nilai bersih dari kekayaan perusahaan.
2. Kesinambungan Usaha
Perusahaan merupakan satu entitas keuangan yang dianggap akan berdiri seterusnya untuk beberapa periode ke depan. Dalam hal ini tidak ada keinginan yang direncanakan oleh pemilik perusahaan untuk membatasi umur perusahaan kecuali dalam kondisi force majeur. Hal ini akan mempengaruhi pencatatan nilai aktiva dan kewajiban. Sehingga akan diperoleh nilai wajar dari pencatatan aktiva dan hutang apabila terjadi likuidasi perusahaan.
3. Pengukuran Nilai Uang
Uang merupakan nilai yang digunakan dalam pencatatan aktivitas ekonomi dan merupakan dasar yang tepat untuk pengukuran serta analisa akuntansi.
4. Periode Akuntansi
Kegiatan ekonomi perusahaan perlu dibagi-bagi menjadi periode-periode akuntansi untuk penilaian kinerja perusahaan. Selain itu, pembagian periode ini juga dapat dijadikan sebagai data pembanding untuk melihat sejauh mana besaran profit yang seharusnya diterima perusahaan. Karena apabila penilaian kinerja dilakukan pada saat perusahaan dilikuidasi akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui nilai perusahaan tersebut.
B. PRINSIP-PRINSIP
Prinsip-prinsip yang dijadikan pegangan dalam setiap pencatatan akuntansi adalah:
1. Nilai Historis
Demi keandalan atas informasi maka nilai aktiva dan kewajiban yang tercatat pada neraca adalah sebesar nilai historisnya yaitu nilai perolehan. Sehingga pencatatan dilakukan secara riil dan tepat nilai. Hal ini akan mempengaruhi nilai pasar perusahaan dan profit atas penjualan perusahaan apabila akan dijual.
2. Pengakuan Pendapatan
Pengakuan pendapatan dilakukan apabila perusahaan telah selesai memberikan kewajiban dan pendapatan dapat diakui walaupun secara kas belum diterima. Dengan demikian dapat ditentukan proyeksi nilai pendapatan yang akan diterima perusahaan dalam periode berjalan. Untuk perusahaan tertentu, terdapat metode pengakuan pendapatan khusus.
3. Penandingan Pendapatan-Beban
Pendapatan dan beban perlu ditandingkan untuk menilai efektivitas produksi perusahaan. Apabila pendapatan yang dihasilkan lebih kecil dari beban produksi yang dikeluarkan maka perusahaan dapat dikatakan mengalami kerugian. Dengan demikian dapat dilakukan langkah-langkah perbaikan untuk proses produksi berikutnya demi memaksimalkan pendapatan.
4. Pengungkapan Penuh
Penyajian laporan keuangan dan informasi yang mendasarinya harus diungkapkan secara penuh kepada pemakai laporan keuangan. Sehingga informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
C. KETERBATASAN
Dalam praktiknya, pencatatan akuntansi memliki beberapa keterbatasan seperti disebutkan di bawah ini:
1. Hubungan Antara Manfaat dan Biaya
Hubungan manfaat dan biaya penyajian laporan keuangan merupakan usaha efisiensi atas kegiatan dalam perusahaan. Apabila manfaat yang diberikan dalam penyajian laporan keuangan tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam penyajiannya, maka informasi tersebut tidak akan dipaksakan untuk disiapkan. 
2. Materialitas
Nilai materialitas berkaitan dengan dampak atas penyajian informasi dalam laporan keuangan. Nilai materialitas ini berbeda-beda dalam setiap perusahaan. Jika suatu informasi dalam laporan keuangan apabila dimasukkan atau diabaikan memiliki pengaruh atas pemakai informasi keuangan, maka informasi tersebut dikatakan material. Begitu juga sebaliknya. Sehingga setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda atas makna materialitas ini.
3. Praktik di Industri
Beragamnya jenis industri yang ada mengakibatkan dibutuhkannya metode pencatatan yang berbeda agar tercapai efektifitas laporan keuangan. Karena penyeragaman pencatatan dari industri yang berbeda akan memberikan informasi yang menyesatkan pemakai laporan keuangan.
4. Konservatisme
Konservatisme berarti kembali pada prinsip dasar yang bersifat umum. konsep ini berguna apabila dalam pencatatan akuntansi terdapat perbedaan dalam penyajiannya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kelebihan pencatatan ataupun kekurangan penilaian atas sebuah aset yang dapat pemakai informasi keuangan memiliki pemahaman yang keliru.

Contoh Soal Pencatatan Akuntansi

Pada konsep pengakuan dan pengukuran, asumsi dasar yang digunakan adalah seperti disebutkan di bawah ini, kecuali ....
Pada asas kesatuan usaha, perusahaan dianggap satu kesatuan ekonomi yang terpisah dari pemiliknya sehingga ....
Perusahaan dianggap akan meneruskan usahanya hingga beberapa periode ke depan. Ini merupakan definisi dari ....
Jika terjadi likuidasi usaha dalam waktu dekat, maka nilai yang tercatat atas aktiva dan hutang adalah harga wajar atau harga pasar. Pencatatan ini dipengaruhi oleh asas ....
Dalam pencatatan transaksi, terdapat prinsip nilai historis yaitu ....
Di bawah ini yang tidak termasuk prinsip-prinsip dasar akuntansi, yaitu ....
Pengakuan penuh atas informasi akuntansi bermanfaat untuk hal-hal di bawah ini, kecuali ....
Dalam pencatatan akuntansi ada beberapa keterbatasan-keterbatasan. Salah satunya yaitu ....
Nilai materialisme di setiap perusahaan berbeda-beda. Salah satu penyebabnya adalah ....
Konsep yang berkaitan dengan pencatatan dan pengukuran transaksi, yang jarang terjadi sehingga mengakibatkan keraguan, maka perlakuannya adalah dengan menggunakan konsep ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel