Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya

Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya PemanfaatannyaIndonesia dikenal sebagai negara dengan lokasinya yang strategis. Posisinya berada di antara dua benua dan dua samudera sehingga dilalui jalur pelayaran internasional. Berkat lokasinya juga, Indonesia menjadi salah satu negara tropis, dengan suhu dan curah hujan yang tinggi. Ini memungkinkan Indonesia memiliki beragam tumbuhan dan hewan sebagai sumber pangan dan obat-obatan. Kekayaan Indonesia berupa bahan tambang juga terkait dengan lokasinya yang secara geologis terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik, dan Hindia.
Setiap lokasi di permukaan bumi memiliki keunikan dan potensi yang berbeda dengan lokasi lainnya. Indonesia sebagai suatu wilayah di permukaan bumi juga memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan wilayah lainnya, sekaligus menyimpan potensi yang dimilikinya. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 950 BT–1410 BT dan 60 LU–110 LS. Posisi tersebut membuat Indonesia berada pada wilayah tropis. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis yang ditandai dengan suhu dan curah hujan yang tinggi.
Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia yang merupakan jalur pelayaran komersial paling penting dan melayani pasar utama dunia. Di samping itu, terdapat rute pelayaran pendukung secondary route yang melayani pasar yang lebih kecil, dimana Indonesia juga dilalui oleh jalur pelayaran sekunder.
Negara – negara seperti Jepang dan Korea Selatan, menggunakan jalur Selat Malaka untuk mengirimkan barang-barang ekspor ke berbagai wilayah di dunia seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa. Demikian halnya dengan negara-negara Eropa yang menggunakan Selat Malaka untuk menyalurkan ekspornya ke berbagai negara di Asia. Indonesia juga berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung api dengan berbagai karakteristiknya. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral. Sebagai contoh, energi panas bumi banyak ditemukan di Indonesia karena adanya aktivitas gunung berapi. Aktivitas gunung berapi juga membuat banyaknya batuan yang mengandung berbagai mineral berharga serta menyuburkan tanah.
Potensi lokasi Indonesia dengan berbagai keuntungannya telah dimanfaatkan melalui berbagai aktivitas pemanfaatan. Lokasinya yang berada di daerah tropis dengan ciri suhu dan curah hujan yang tinggi sangat mendukung aktivitas pertanian dan perkebunan. Beragam jenis tumbuhan telah lama dibudidayakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya, yaitu rempah-rempah, telah menarik bangsa lain datang ke Indonesia. Aktivitas pertanian dan perkebunan di Indonesia telah menghasilkan banyak komoditas yang sebagian di antaranya diekspor. Sebagian lainnya dikonsumsi untuk kebutuhan di Indonesia. Berbagai upaya semestinya dilakukan Indonesia untuk mengambil manfaat dari posisinya yang strategis secara optimal, diantaranya seperti berikut:
a) Meningkatkan konektivitas nasional dengan menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat mengekspor hasil sumber daya alam tanpa hambatan transportasi dan komunikasi.
b) Memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi, sehingga memiliki nilai tambah bagi Indonesia.
c) Meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sumber daya alam dan menghasilkan berbagai produk industri yang dapat diterima pasar internasional.
d) Menyiapkan infrastuktur perhubungan seperti pelabuhan dan bandara, serta kebijakan untuk kelancaran pemasaran.
e) Menjalin kerjasama dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun kawasan lainnya untuk mengelola lalu lintas pelayaran, sehingga memberi keuntungan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan.
f) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola sarana dan prasarana perhubungan, sehingga memenuhi standar pelayanan.

Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya

Pilihan Tunggal
Potensi Indonesia sebagai hub perdagangan disebabkan karena ….
Pilihan Tunggal
Hewan khas yang hanya terdapat di Indonesia disebut dengan ….
Pilihan Tunggal
Indonesia berada di antara lempeng atau pecahan kerak bumi. Lempeng bumi yang mengapit wilayah Indonesia berjumlah ….
Pilihan Tunggal
Letak Indonesia pada posisi bujur dan lintang adalah posisi wilayah berdasarkan ….
Pilihan Tunggal
Pemasaran produk ekspor negara – negara di Asia umumnya mempergunakan jalur ….
Pilihan Tunggal
Potensi dari gunung berapi yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah ….
Pilihan Tunggal
Komoditi utama andalan Indonesia semasa kerajaan – kerajaan Nusantara adalah ….
Pilihan Tunggal
Pembangunan tol laut adalah salah satu upaya pemerintah untuk …
Pilihan Tunggal
Pengelolaan sarana dan prasarana perhubungan membutuhkan perhatian dari ….
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel