Contoh Soal Pemanasan Global dan Dampak lingkungannya

Contoh Soal Pemanasan Global dan Dampak lingkungannyaPemanasan global bisa diartikan sebagai naiknya suhu rata-rata permukaaan bumi seperti atmosfer, laut, dan juga daratan bumi, secara global terhadap rata-rata catatan suhu dalam kurun waktu yang sudah ditentukan (biasanya 100 tahun). Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan bahwa sebagian besar mengalami peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20, kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia.
        Meningkatnya suhu global selama ini sudah menyebabkan banyak perubahan, misalnya naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi (turunnya air dari atmosfer, misal hujan dan salju), terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Penyebab dan Mekanisme Pemanasan Global

Pada keadaan normal, sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi akan berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaan bumi lalu akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya yang tidak terpakai---sebagai radiasi infra merah gelombang panjang---ke angkasa luar. Akan tetapi jika di atmosfer terdapat ‘gas rumah kaca’, seperti uap air, karbondioksida, dan metana, maka radiasi ini akan diserap dan dipantulkan kembali ke dalam bumi. Begitu seterusnya, sinar matahari tersebut akan pantul memantul yang akibatnya membuat bumi menjadi lebih panas dari biasanya. Fenomena ini disebut sebagai efek rumah kaca.
        Saat ini, efek rumah kaca begitu sering terjadi. Penyebabnya tentu adalah karena semakin banyaknya ‘gas rumah kaca’ di atmosfer bumi. Efek rumah kaca yang terus menerus inilah yang pada akhirnya menjadikan pemansan global di seluruh permukaan bumi.

Mengapa Disebut "Gas Rumah Kaca"?

Pernahkah kamu masuk ke dalam rumah kaca? Jika pernah, apa yang kamu rasakan ketika berada di dalamnya? Pasti panas! Ya, seperti halnya rumah kaca, gas karbondioksida (CO2), Metana (CH4), Nitroksida (N2O), Hidrofluorokarbon (HFC), Perfluorokarbon (PFC), dan Sulfurheksafluorida (SF6) memiliki sifat menahan panas matahari untuk tidak ke luar. Akibatnya, permukaan bumi persis seperti di dalam rumah kaca. Oleh karena itu, gas-gas tadi disebut sebagai gas rumah kaca.
Berikut ini jenis-jenis gas rumah kaca beserta sumbernya.
section-media

Dampak Pemanasan Global

Dampak pemanasan global sudah banyak terjadi di kehidupan kita. Mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang kemudian berakibat pada naiknya level permukaan air laut, perubahan iklim yang makin ekstrim (kering sekali ketika kemarau dan banjir sekali ketika musim hujan), seringnya topan dan badai tropis, gelombang panas yang makin meningkat, hingga mencair dan habisnya gletser sebagai sumber air bersih merupakan dampak yang paling kentara dari peristiwa pemanasan global ini.

Contoh Soal Pemanasan Global dan Dampak lingkungannya

Pilihan Tunggal
Pemanasan global itu biasanya diukur dalam kurun waktu....
Pilihan Tunggal
Gas berikut adalah gas rumah kaca, kecuali....
Pilihan Tunggal
Efek rumah kaca terjadi karena....
Pilihan Tunggal
Pemanasan global sebenarnya dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi untuk .... Akan tetapi karena prosesnya terus menerus maka sekarang sudah berada di tahap yang berbahaya.
Pilihan Tunggal
Gas karbondioksida dihasilkan dari kejadian berikut, kecuali....
Pilihan Tunggal
Contoh nyata dari dampak pemanasan global yang banyak dirasakan di negara kita adalah....
Pilihan Tunggal
Gas rumah kaca yang dihasilkan melalui proses industri manufaktur adalah....
Pilihan Tunggal
Pemanasan global juga memberi dampak pada hal-hal berikut, kecuali....
Pilihan Tunggal
Kotoran hewan juga bisa menjadi penyebab efek rumah kaca karena menghasilkan gas....
Pilihan Tunggal
Pemanasan global memang tak bisa lagi dihilangkan. Akan tetapi, hal ini bisa dikurangi agar efeknya tidak terlalu ekstrem. Berikut ini adalah hal yang bisa kita lakukan untuk menguranginya, yaitu....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel