Contoh Soal Kerja Sama Bidang Ekonomi

Contoh Soal Kerja Sama Bidang EkonomiKerja sama ekonomi antarnegara merupakan kerja sama yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan melibatkan negara lain. Kerja sama ekonomi antarnegara dapat berlangsung pada beberapa bidang, yaitu bidang perdagangan, bidang teknis, dan bidang keuangan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai kerja sama bidang ekonomi antar negara-negara di dunia.

A. TUJUAN KERJA SAMA BIDANG EKONOMI
Kerja sama ekonomi sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Dalam rangka memajukan perekonomian dalam negeri, Indonesia memiliki tujuan tersendiri guna menjalin kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain. Tujuan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
• Memperluas Daerah Pemasaran
Kegiatan ekonomi tidak hanya terjadi dalam batas wilayah antardesa, antarkota, antarprovinsi, atau antarpulau saja, melainkan juga terjadi antarnegara. Adanya kerja sama ekonomi antarnegara menyebabkan daerah pemasaran yang dapat dijangkau makin luas. Suatu negara tidak hanya dapat memasarkan hasil produksinya di dalam negeri melainkan juga sampai ke negara lain.
• Mendorong Produktivitas Produksi dalam Negeri
Adanya kegiatan ekspor-impor dari satu negara ke negara lain menambah jumlah produk yang harus dihasilkan. Hal ini mendorong dunia usaha dalam negeri untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi agar produksi dapat terus meningkat.
• Mencukupi Kebutuhan dalam Negeri
Kebutuhan penduduk suatu negara bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sementara kemampuan pengadaan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut makin terbatas. Akibatnya, produk yang diperlukan tidak dapat dihasilkan seluruhnya di dalam negeri, baik karena ketersediaan sumber daya alam yang terbatas atau karena kemampuan teknologi dan kualitas sumber daya manusia yang rendah. 
Agar kebutuhan penduduk terpenuhi, negara harus mengimpor produk-produk dari negara lain. Misalnya Jepang, terkenal dengan produk-produknya yang berteknologi canggih seperti mobil dan alat elektronik. Untuk menghasilkan produk-produk tersebut, Jepang sangat memerlukan bahan baku alam, tetapi bahan baku tersebut tidak dihasilkan di negaranya. Oleh karena itu, Jepang mengimpor barang-bahan baku alam dari negara-negara lain seperti Indonesia. Sebaliknya, Indonesia membutuhkan produk-produk berteknologi canggih, tetapi belum mampu sepenuhnya menghasilkannya sendiri. Maka, untuk memenuhi kebutuhan, Indonesia mengimpor dari Jepang.
• Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi
Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara di dunia memungkinkan terjadinya aliran investasi usaha dari satu negara ke negara lain. Kerja sama ini membuat roda perekonomian berputar lebih cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga makin cepat. Pertumbuhan ekonomi yang baik menyebabkan sebuah negara mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.
B. LEMBAGA KERJA SAMA BIDANG EKONOMI
Kerja sama ekonomi antarnegara diselenggarakan agar setiap negara mendapatkan keuntungan. Agar kerja sama ekonomi menguntungkan, perlu diatur melalui lembaga ekonomi antarnegara. Beberapa lembaga kerja sama bidang ekonomi antar negara, di antaranya:
• ASEAN (Association of South East Asian Nations) 
Selain dalam bidang politik, ASEAN juga menyelenggarakan kerja sama di bidang ekonomi. Kerja sama ekonomi negara-negara kawasan Asia Tengara diselenggarakan melalui komite-komite bidang ekonomi ASEAN. Ada lima komite ASEAN untuk bidang ekonomi yang berkedudukan tetap di negara-negara pendiri ASEAN. Lima komite tersebut adalah sebagai berikut:
a) Komite Keuangan dan Perbankan (Committee on Finance and Banking-COFAB), berkedudukan di Thailand.
b) Komite Bahan Makanan, Pertanian, dan Kehutanan (Committee on Food, Agricultural, and Forest-COFAF) berkedudukan di Indonesia.
c) Komite Industri, Mineral, dan Energi (Committee on Industry, Mining, and Energy-COIME) berkedudukan di Filipina.
d) Komite Perhubungan dan Komunikasi (Committee on Transportation and Communication-COTAC) berkedudukan di Malaysia.
e) Komite Perdagangan dan Pariwisata (Committee on Trade and Tourism-COTT), berkedudukan di Singapura.
• APEC
Forum Kerja Sama Ekonomi di Negara Asia dan Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation) atau disingkat APEC dibentuk di Australia pada tahun 1989. Anggota APEC terdiri atas negara-negara dari Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Tujuan APEC adalah menjalin kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata, dan memperkuat perdagangan multilateral bagi kepentingan Asia Pasifik. Sebagai anggota APEC, Indonesia pernah menjadi tuan rumah KTT II
APEC yang diselenggarakan pada tanggal 5 November 1994 di Bogor. KTT ini menghasilkan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan perdagangan bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang.
• ADB
Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank-ADB), didirikan pada tanggal pada 19 Desember 1966. ADB berpusat di Manila, Filipina. Negara yang menjadi anggota ADB adalah negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Tujuan didirikannya ADB adalah untuk membantu negara-negara Asia yang sedang membangun dengan cara memberikan pinjaman lunak, yaitu dengan masa pembayaran dalam jangka panjang serta bunga yang rendah.

Contoh Soal Kerja Sama Bidang Ekonomi

Pilihan Tunggal
Tujuan utama Indonesia menjalin kerja sama ekonomi dengan negara lain ialah ….
Pilihan Tunggal
Daerah pemasaran yang terjangkau dapat makin luas akibat ….
Pilihan Tunggal
Dampak tidak langsung terhadap ilmu pengetahuan dari kegiatan ekspor-impor dari satu negara ke negara lain ialah ….
Pilihan Tunggal
Jepang paling terkenal dengan produksinya berupa ….
Pilihan Tunggal
Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara di dunia mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi karena memungkinkan terjadinya aliran ….
Pilihan Tunggal
Komite Keuangan dan Perbankan ASEAN berkedudukan di ….
Pilihan Tunggal
Komite Perhubungan dan Komunikasi ASEAN berkedudukan di ….
Pilihan Tunggal
APEC didirikan di Australia pada tahun ….
Pilihan Tunggal
KTT II APEC diselenggarakan di ….
Pilihan Tunggal
Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank-ADB) berpusat di ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel