Contoh Soal Dataran Tinggi

Contoh Soal Dataran TinggiDataran tinggi adalah adalah daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memungkinkan mobilitas penduduk berlangsung lancar seperti halnya di dataran rendah. Oleh karena itu, beberapa dataran tinggi di Indonesia berkembang menjadi pemusatan ekonomi penduduk.
Aktivitas pertanian juga berkembang di dataran tinggi. Di daerah ini, sebagian penduduk menanam padi dan beberapa jenis sayuran. Suhu yang tidak terlalu panas memungkinkan penduduk menanam beberapa jenis sayuran, seperti tomat dan cabe. Sejumlah dataran tinggi menjadi daerah tujuan wisata. Udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah menjadi daya tarik penduduk untuk berwisata ke daerah dataran tinggi. Beberapa dataran tinggi di Indonesia juga akhirnya menjadi daerah tujuan wisata. Potensi bencana alam di dataran tinggi biasanya adalah banjir. Karena bentuk muka buminya yang datar, dataran tinggi berpotensi menimbulkan genangan air.d
Beberapa dataran tinggi di Indonesia, misalnya:
• Dataran Tinggi Gayo
Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatera. Secara administratif dataran tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, serta Kabupaten Gayo Lues. Tiga kota utamanya, yaitu Takengon, Blang Kejeren, dan Simpang Tiga Redelong. Jalan yang menghubungkan ketiga kota ini melewati daerah dengan pemandangan yang sangat indah. 
Pada masa lalu, daerah Gayo merupakan kawasan yang terisolir sebelum pembangunan jalan dilaksanakan di daerah ini. Mata pencarian masyarakat Gayo pada umumnya adalah bertani dan berkebun, antara lain, padi, sayur-sayuran, kopi dan tembakau. Kegiatan perkebunan kopi dan tembakau dilakukan dengan membuka wilayah hutan yang ada di wilayah ini.
Umumnya, mayarakat di Aceh, orang Gayo juga dikenal karena sifat mereka yang sangat menentang segala bentuk penjajahan dan daerah ini dulu dikenal sebagai kawasan yang sangat menentang pemerintahan kolonial Belanda. Masyarakat Gayo adalah penganut agama Islam yang kuat. 
• Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 derajat Celcius di siang hari dan 6-10 derajat Celcius di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (embun racun) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.
Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dan Dieng (Dieng Wetan), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.
Dataran tinggi Dieng (DTD) adalah dataran dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaannya, seperti Yellowstone atau pun Dataran Tinggi Tengger. Sesungguhnya ia adalah kaldera dengan gunung-gunung di sekitarnya sebagai tepinya. Terdapat banyak kawah sebagai tempat keluarnya gas, uap air dan berbagai material vulkanik lainnya. Keadaan ini sangat berbahaya bagi penduduk yang menghuni wilayah itu, terbukti dengan adanya bencana letusan gas Kawah Sinila 1979. Tidak hanya gas beracun, tetapi juga dapat dimungkinkan terjadi gempa bumi, letusan lumpur, tanah longsor, dan banjir. Selain kawah, terdapat pula danau-danau vulkanik yang berisi air bercampur belerang sehingga memiliki warna khas kuning kehijauan.
Secara biologi, aktivitas vulkanik di Dieng menarik karena ditemukan di air-air panas di dekat kawah beberapa spesies bakteri termofilik (menyukai panas) yang dapat dipakai untuk menyingkap kehidupan awal di bumi.
• Dataran Tinggi Malang
Dataran Malang adalah kumpulan sembilan kerucut, maar, dan sumbat vulkanis. Dataran ini terletak di sekitar Kota Malang, mulai dari tenggara sampai timur laut, di Jawa Timur.

Contoh Soal Dataran Tinggi

Pilihan Tunggal
Dataran tinggi adalah adalah daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari ....
Pilihan Tunggal
Beberapa dataran tinggi di Indonesia berkembang menjadi pemusatan ekonomi penduduk, karena ….
Pilihan Tunggal
Penduduk di dataran tinggi menanam jenis tanaman berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Potensi bencana alam di dataran tinggi biasanya adalah ….
Pilihan Tunggal
Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang berada di ….
Pilihan Tunggal
Tiga kota utama di Dataran Tinggi Dieng adalah sebagai berikut, kecuali …
Pilihan Tunggal
Mata pencarian masyarakat Gayo pada umumnya adalah ….
Pilihan Tunggal
Masyarakat Gayo adalah penganut agama ….
Pilihan Tunggal
Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di ….
Pilihan Tunggal
Dieng memiliki ketinggian rata-rata di atas permukaan laut sekitar ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel