Contoh Soal Bukit dan Perbukitan

Contoh Soal Bukit dan PerbukitanIndonesia terdiri atas belasan ribu pulau, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Jumlah pulau seluruhnya mencapai 13.466 buah. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 kilometer persegi, terdiri atas daratan seluas 1.922.570 kilometer persegi dan lautan seluas 3.257.483 kilometer persegi. Ini berarti wilayah lautannya lebih luas daripada wilayah daratannya.
Bukit adalah bagian dari permukaan bumi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya dengan ketinggian kurang dari 600 meter di atas permukaan laut. Bukit tidak tampak curam seperti halnya gunung. Perbukitan berarti kumpulan dari sejumlah bukit pada suatu wilayah tertentu.
Di daerah perbukitan, aktivitas permukiman tidak seperti di dataran rendah. Permukiman tersebar pada daerah-daerah tertentu atau membentuk kelompok-kelompok kecil. Penduduk memanfaatkan lahan datar yang luasnya terbatas di antara perbukitan. Permukiman umumnya dibangun di kaki atau lembah perbukitan karena biasanya di tempat tersebut ditemukan sumber air berupa mata air atau sungai.
Aktivitas ekonomi, khususnya pertanian, dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan dengan kemiringan lereng tertentu. Untuk memudahkan penanaman, penduduk menggunakan teknik sengkedan dengan memotong bagian lereng tertentu agar menjadi datar. Teknik ini kemudian juga bermanfaat mengurangi erosi atau pengikisan oleh air. Aktivitas pertanian di daerah perbukitan, pada umumnya pertanian lahan kering. Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang dilakukan di wilayah yang pasokan airnya terbatas atau hanya mengandalkan air hujan. Istilah pertanian lahan kering sama dengan ladang atau huma yang dilakukan secara menetap maupun berpindah-pindah, seperti di Kalimantan.
Tanaman yang ditanam umumnya adalah umbi-umbian atau palawija dan tanaman tahunan (kayu dan buah-buahan). Pada bagian lereng yang masih landai dan lembah perbukitan, sebagian penduduk juga memanfaatkan lahannya untuk tanaman padi.
Daerah perbukitan sulit berkembang menjadi sebuah pusat aktivitas perekonomian, karena mobilitas manusia tidak semudah di daerah dataran sehingga pemusatan permukiman dan industri relatif terbatas. Meskipun demikian, daerah perbukitan dapat dikembangkan menjadi daerah pariwisata karena panorama alamnya yang indah dan suhu udaranya yang sejuk. Aktivitas pariwisata yang dapat dikembangkan, antara lain, wisata alam yang tujuannya menikmati pemandangan daerah perbukitan yang indah.

Contoh Soal Bukit dan Perbukitan

Pilihan Tunggal
Jumlah pulau di Indonesia adalah ....
Pilihan Tunggal
Luas wilayah Indonesia mencapai ....
Pilihan Tunggal
Bukit memiliki ketinggian kurang dari ….
Pilihan Tunggal
Di perbukitan, permukiman umumnya dibangun di ….
Pilihan Tunggal
Untuk memudahkan penanaman di perbukitan, penduduk menggunakan teknik ....
Pilihan Tunggal
Teknik sengkedan bermanfaat mengurangi ….
Pilihan Tunggal
Aktivitas pertanian di daerah perbukitan, pada umumnya ….
Pilihan Tunggal
Berikut adalah tanaman yang ditanam di perbukitan, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Daerah perbukitan sulit berkembang menjadi sebuah pusat aktivitas perekonomian, karena ….
Pilihan Tunggal
Daerah perbukitan paling tepat dikembangkan sebagai kawasan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel